8 Hal yang Salah saat Mandi, Jangan Lama Berdiri di Pancuran

Rabu 20 Juni 2018, 03:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Mandi adalah salah satu rutinitas harian penting yang kita lakukan sehari-hari. Mandi yang baik tak hanya membantu menjaga agar tubuh menjadi segar, juga memainkan peran penting dalam menenangkan pikiran Anda. Akan tetapi, pernahkah Anda berpikir ada kesalahan tertentu yang Anda lakukan saat mandi? Kesalahan-kesalahan ini dapat membawa kita pada masalah kesehatan yang serius.

Berikut adalah beberapa deretan tip mandi yang dapat Anda ikuti dari Boldsky:

1. Jangan Mencuci Rambut Anda Setiap Hari
Mencuci rambut memang membuat rambut lebih bersih tetapi tidak setiap hari. Mencuci rambut setiap hari akan membuat kulit kepala Anda menjadi berminyak. Jadi, lebih baik mencuci tiga kali seminggu—maksimal—agar menjaga kesehatan kulit rambut.

2. Bersihkan semua alat mandi yang Anda kenakan
Membersihkan semua alat mandi yang Anda kenakan akan sangat membantu agar Anda terhindar dari bahaya jamur dan bakteri di kemudian hari.

3. Jangan mengeringkan badan Anda terlalu keras
Terkadang, sebagian dari kita sangat suka mengeringkan badan setelah mandi dengan menggosoknya secara keras. Hal tersebut tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Keringkan badan Anda dengan handuk secara perlahan dan lembut.

4. Jangan gosok tubuh dengan scrub setiap hari
Memang, menggosok tubuh Anda dengan scrub setiap hari akan membuat kulit Anda semakin bersih dan terasa lebih lembut. Namun, melakukannya setiap hari dapat membuat Anda menjadi berminyak dan mudah terkena bakteri. Sebaiknya, lakukan hal ini dua atau tiga saja dalam seminggu.

5. Tidak gunakan pelembab tepat setelah mandi
Kebanyakan dari kita menggunakan pelembab sebelum tidur atau ketika akan bepergian namun hal tersebut ternyata salah. Langsung gunakan pelembab tepat setelah Anda mandi, itu akan membantu kulit terhidrasi lebih lama.

6. Jangan terlalu lama berdiri di bawah pancuran air
Berdiri di bawah pancuran air terlalu lama adalah sesuatu yang kita sukai. Setelah hari yang panjang dan melelahkan, mandi memberi kita relaksasi baik untuk pikiran dan tubuh. Tetapi menurut para ahli tertentu, ada kemungkinan terjadi masalah kesehatan yang serius jika Anda berdiri di bawah pancuran air selama lebih dari 10 menit. Meskipun cukup menggoda untuk berdiri di bawah pancuran air dengan waktu yang lama, pastikan bahwa Anda menahan diri dari itu.

7. Jangan mandi menggunakan air panas
Mandi dengan air panas dapat menghilangkan minyak esensial alami dari tubuh kita. Ini membuat tubuh Anda menjadi kering juga membuka pori-pori kulit, karena itu dapat menyebabkan masalah kulit lebih lanjut. Mandi dengan air yang terlalu panas juga dapat menyebabkan gatal dan membuat kulit Anda menjadi merah. Namun, Anda dapat menggunakan air hangat untuk mandi agar terhindar dari masalah yang disebutkan di atas. Solusinya, mandilah dengan air hangat dengan waktu maksimal 10 menit. Juga, pastikan bahwa Anda hanya menggunakan air hangat saat mandi. Sebaiknya selalu gunakan air biasa untuk mencuci rambut karena air hangat juga dapat merusak rambut Anda.

8. Jangan menggunakan sabun terlalu banyak
Sabun dapat mengubah keseimbangan pH kulit ketika digunakan secara teratur dan dalam jumlah berlebih karena sabun kebanyakan terbuat dari bahan kimia. Jadi, disarankan untuk menggunakan sabun alami yang bebas bahan kimia atau mengurangi jumlah sabun yang Anda gunakan.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist