Menu

19 Mei 2018, 10:48 WIB

Menu Buka Puasa dengan 5 Makanan Khas Indonesia

Rendang Daging. | Sumber Foto:Facebook.com

SUKABUMIUPDATE.com - Saat Ramadan, biasanya orang lebih selektif memilih menu buka puasa. Mereka memilih makanan yang enak-enak setelah seharian menahan haus dan lapar. Jika memutuskan menu buka puasa dengan kuliner asli Indonesia, Kementerian Pariwisata mereferensikan 5 makanan nasional yang pasti kamu sudah tahu nama dan rasanya.

Penentuan 5 makanan ini sekaligus memudahkan promosi kuliner Indonesia yang diharapkan bisa menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Berikut 5 hidangan nasional pilihan Kementerian Pariwisata yang bisa menjadi inspirasi buka puasa Ramadan 2018:

1. Rendang

Dunia internasional sudah mengakui kenikmatan rendang. Kombinasi daging empuk dan bumbu pedas menjadi kekuatan rendang. Mengenyangkan dan cocok disantap saat Ramadan.

2. Nasi goreng

Nasi goreng bisa menjadi makanan dengan aneka rupa karena mudah diuji coba. Bebas masukkan bahan tambahan pada nasi goreng, mulai dair telur, ayam, sosis, udang, sampai ikan teri. Gampang juga cara memasaknya dan bisa menjadi alternatif menu Ramadan.

3. Gado-gado

Gado-gado ini mirip salad karena sama-sama memakai sayuran sebagai bahan utamanya. Yang bikin beda adalah saus kacang dan lontong yang biasanya ditambahkan ke dalam gado-gado. Tapi yang pasti, sayuran pada gado-gado akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa.

4. Sate

Sate menjadi kuliner yang unik di Indonesia. Intinya memang daging atau jeroan yang dibakar, tapi bumbunya bisa berbeda-beda. Sate Padang memiliki bumbu berwarna kuning pekat, sedangkan Madura dilengkapi bumbu kacang.

5. Soto

Setiap daerah punya hidangan soto yang cita rasanya berbeda-beda. Ada Soto Betawi dengan kuah santan dan isian daging, Soto Kudus berisi ayam dan berkuah bening. Meski bahannya berbeda-beda, umumnya soto memiliki cita rasa yang gurih.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial tengah ramai dengan isu kalung yang diklaim sebagai antivirus, termasuk virus corona. Sebelumnya, Kementerian Pertanian menyatakan bakal menggandeng PT Eagle Indo Pharma untuk pengembangan dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Valtteri Bottas secara sempurna mentransformasikan pole position di GP Austria yang penuh drama menjadi kemenangan pertamanya di F1 musim ini. Mengutip Suara.com, Bottas mendominasi balapan sepanjang 71 lap...

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa negara telah menerapkan new normal atau pembebasan aturan pembatasan sosial, mekipun pandemi virus corona Covid-19 belum usai. Melansir Suara.com, semua orang pun tetap disarankan menjalani protokol kesehatan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Berita bola pada Ahad, 5 Juli 2020, menampilkan rumor terbaru soal perburuan pemain di bursa transfer sepak bola Eropa. Mengutip Tempo.co, ada kabar soal Real Madrid, Bayern Munchen,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya