Kehamilan Mengubah Otak Ibu

Minggu 19 Februari 2017, 01:42 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Otak dapat membantu Anda menjadi ibu yang lebih baik. Ibu mengetahui perubahan tubuh selama kehamilan, tetapi mereka tidak mengantisipasi adanya perubahan otak mereka.

Peneliti Eropa menemukan bahwa kehamilan mengubah struktur otak perempuan sampai 2 tahun pasca-kehamilan. Penelitian ini menemukan adanya perubahan volume otak ibu.

Melalui pemindaian, komputer memilih perempuan hamil hanya berdasarkan gambar otak mereka. Perubahan materi abu-abu otak membantu ibu mengungkapkan pikiran dan perasaan saat berinteraksi dengan orang lain. Elseline Hoekzema, penulis penelitian dalam jurnal Nature Neuroscience, mengatakan perubahan materi abu-abu merupakan fine-tuning membuat jaringan saraf yang lebih efisien.

"Kehilangan volume tidak perlu diterjemahkan ke hilangnya fungsi," kata Hoekzema. Wanita hamil mengalami lonjakan hormon estrogen dalam masa 9 bulan, adanya perubahan fisik dan fisiologis tubuh. Tubuh dan otak mempersiapkan kedatangan bayi kecil. 

Menurut para peneliti, perubahan yang terjadi dalam otak wanita hamil dapat membantu mengenali kebutuhan anaknya. Dan dapat melupakan rasa sakit saat kehamilan dan melahirkan.

The fine-tuning memperkuat kesadaran ibu akan adanya bahaya terhadap keselamatan bayi, juga meningkatkan hubungan yang kuat dengan bayi. Tidak heran ibu memiliki cinta tanpa syarat untuk anak-anak mereka.

Walaupun rasa sakit melahirkan atau bengkaknya pergelangan kaki akibat kehamilan tidak akan benar-benar lupa, perubahan otak dapat membantu ibu mengaburkan rasa sakit yang dideritanya.

Seiring dengan studi struktur otak materi abu-abu, ibu juga ditampilkan foto anak-anak mereka dan anak-anak lain sehingga peneliti bisa melihat reaksi otak. Otak ibu menyala di daerah yang sama dengan perubahan materi abu-abu saat melihat foto-foto bayi mereka sendiri. Dan tidak menyala saat melihat bayi orang lain. 

Perubahan otak selama kehamilan lebih besar dibandingkan peningkatan hubungan emosional seorang ibu kepada bayi mereka. "Kehamilan adalah bagian dari gaya hidup sehat perempuan, masuk akal jika hal itu akan memberikan manfaat," kata Dr Kim Yonkers, seorang profesor di Yale School of Medicine yang ikut terlibat dalam penelitian.

 

Sumber: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist