Urine Berwarna Biru, Hijau, atau Hitam. Ada Apa Gerangan?

Kamis 09 Februari 2017, 09:36 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Air seni atau urine kadangkala tidak kita perhatikan saat buang air kecil. Padahal, dari urine ini kita bisa mengetahui apakah tubuh mengalami gangguan atau tidak dari warnanya.

Urine terbentuk di ginjal yang menyaring produk limbah dari darah ke dalam urine dan bermanfaat atau penting kembali ke dalam darah. Proses ini disebut reabsorpsi. Kadang-kadang, beberapa zat yang bermanfaat, seperti protein, sel darah merah, dan banyak zat yang lebih berguna diekskresikan melalui urine.

Warna urine merupakan indikator kesehatan yang penting, seperti penanda penyakit ginjal atau penyakit lain. Oleh karena itu, warna, bau, dan konsistensi urine bisa bercerita banyak tentang apa yang terjadi di dalam tubuh.

Banyak tes diagnosis dilakukan dengan pemeriksaan urin. Namun Anda harus memiliki pengetahuan tentang sinyal perubahan warna urin apa tentang kesehatan. Kuning jerami adalah warna urine yang sehat.

Perubahan warna urine dapat dikaitkan dengan seberapa banyak atau sedikit air yang telah diminum. Hal lain yang dapat mewarnai urine adalah makanan dan beberapa obat. Warna urine akan kembali ke level normal setelah obat dihentikan. Berikut  beberapa warna urine dan maknanya yang berhubungan dengan kesehatan.

1. Kuning bening
Urine kuning bening biasanya merupakan tanda yang baik dan tubuh terhidrasi. Namun, dalam beberapa kasus bisa jadi kita mungkin minum terlalu banyak dan berisiko keracunan air. Overhidrasi berarti bahwa kita minum lebih dari yang dibutuhkan dan mungkin membahayakan tubuh. Meski demikian, hal ini tidak menimbulkan penyakit berbahaya.

2. Tidak berwarna
Urine berwarna lebih transparan dapat menjadi indikator diabetes. Jika urine tidak memiliki warna sama sekali, juga bisa menjadi tanda diabetes. Gejala lain termasuk selalu haus dan sering buang air kecil. Jika merasa perlu minum sepanjang waktu, kita harus melakukan tes diabetes.

3. Kuning gelap
Kuning jerami adalah warna urine yang sehat. Jika lebih gelap, hal ini dapat menjadi indikator tubuh dehidrasi dan perlu minum. Ketika air seni menjadi lebih terkonsentrasi biasanya disertai dengan bau yang lebih kuat. Beberapa makanan juga bisa membuat urine gelap, misalnya akar bit.

4. Coklat
Urine berwarna coklat bisa menjadi gejala adanya gangguan penyakit. Jika hati tidak bekerja dengan baik, garam empedu yang seharusnya dihilangkan lewat kotoran mungkin dibuang melalui urine sehingga konsentrasinya dalam darah tinggi. Hepatitis, suatu peradangan hati, adalah contoh dari kondisi hati yang membuat urine berwarna coklat.

5. Merah 
Warna merah muda bisa berasal dari darah dalam urine, sebuah kondisi yang dikenal sebagai hematuria. Merah biasanya warna yang paling mengkhawatirkan. Banyak penyebab urine merah, seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal dan kandung kemih, atau kanker ginjal, prostat. Kandung kemih juga bisa menyebabkan pendarahan dan membuat merah urine.

Buang air kecil dapat disertai nyeri dalam kasus ini dan mungkin sulit. Warna urine merah atau merah muda juga bisa berasal dari makanan dan zat tertentu yang tertelan. Makanan yang memberikan warna merah urine meliputi bit, beri hitam, dan rhubarb. Jika perubahan warna bukan karena makanan dan itu terjadi lebih dari sekali, ini juga bisa menandakan bahwa ada masalah kesehatan yang serius.

6. Biru
Ada juga kondisi langka yang dikenal sebagai porfiria, yang diwariskan enzim yang dapat membuat urine biru atau ungu. Namun, urine dapat memiliki semburat kebiruan itu dan paling sering disebabkan oleh makanan dan obat-obatan yang mengandung pewarna tertentu. Obat-obatan yang menyebabkan urine menjadi biru adalah triamterene (diuretik ringan) atau viagra.

7. Hijau
Jika ada beberapa nanah dalam urine, warnanya bisa menjadi hijau. Infeksi saluran kemih adalah penyebab paling umum, bisa juga disebabkan oleh makanan seperti asparagus. Baunya juga berbeda dan dapat disebabkan oleh makan licorice hitam atau makanan yang mengandung pewarna yang kuat yang tidak bisa diserap dalam usus.

8. Berbusa
Penyebabnya adalah protein dan atau masalah ginjal dan kandung empedu. Jika urine sering berbusa, segera konsultasikan ke dokter.

9. Abu-abu keruh
Urine berwarna abu-abu dapat menandakan adanya darah mikroskopis dan infeksi saluran, infeksi kandung kemih, atau batu ginjal. Beberapa penyakit menular seksual seperti gonore juga dapat mengubah warna urine, begitu juga keputihan.

10. Hitam
Warna hitam mungkin karena bahan kimia dan masalah kesehatan. Konsultasikan dengan dokter.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Science02 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Mei 2024, Pagi Hari Cerah dan Siang Hujan Sedang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk dari Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)