Tahun 2020 Movieplex Hadir, Ini 10 Bioskop yang Pernah Ada di Sukabumi Sebelumnya

Jumat 20 September 2019, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Terlepas dari pro kontra keberadaannya yang menggusur bangunan bersejarah dan meme netizen yang viral karena baper, faktanya bioskop akan kembali hadir di Kota Sukabumi tahun 2020 mendatang. Namanya Movieplex, saat ini masih dalam proses awal pembangunan di lahan milik yayasan Kehidupan Baru, Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Pembangunan Bioskop di Sukabumi Gusur Heritage? Apa Kata Pemkot dan Pegiat Sejarah

PT Sumber Kebajikan Abadi sebagai pemegang izin pembangunan dan operasional bioskop Multipleks di Kota Sukabumi berharap target waktu pembangunan bisa selesai tahun 2020 mendatang. “Nanti nama bioskopnya itu Moviplex, dengan luas bangunan sekitar 800 meter persegi," ucap Agus Santoso Direktur PT Sumber Kebajikan Abadi kepada sukabumiupdate.com, Kamis (19/9/2019) kemarin.

Agus menjelaskan rencananya ada tiga studio, masing masing bisa menampung 150-200 orang. “Untuk harga tiketnya sendiri sekitar Rp 25.000 hari biasa, Jumat Rp 30.000, dan Sabtu-Minggu Rp 35.000. Targetnya semoga di Januari 2020 sudah selesai," lanjut Agus.

BACA JUGA: Bener Euy! Bioskop Segera Hadir di Kota Sukabumi, Ini Nama dan Harga Tiketnya

Tinggalkan dulu bahasan soal Agus yang harus diakui pintar memilih celah bisnis di Sukabumi, walaupun modalnya tidak kecil. Bioskop menjadi salah satu fasilitas hiburan yang dirindukan warga Sukabumi, baik kota maupun kabupaten. 

Belasan tahun warga Sukabumi harus ke Bogor, Bandung atau Jakarta hanya untuk nonton film film layar lebar yang disukai. Karena terlalu lama (17 tahun kalau tidak salah), mungkin ada warga Sukabumi yang sudah lupa bagaimana suasana nonton film layar lebar di bioskop.

BACA JUGA: Seabrek Harapan di HUT Kota Sukabumi, Minta Bioskop Hingga Jaminan Keamanan

Sukabumi punya sejarah panjang soal bioskop, karena termasuk salah satu kota kecil yang pernah menjadi ajang pertarungan bisnis pemutaran cinema layar lebar. Ingetkan, sama keberadaan penjaga yang dipalangi besi berdiri di samping pintu masuk. 

Ia bertugas memastikan penonton memiliki tiket masuk, kemudian menyobeknya. Tidak lupa sang penjaga ini meneriakkan kata: "Ayo! Ayo masih ekstra, masih ekstra!

Berikut 10 bioskop yang pernah ada ada di Sukabumi, dan berjaya pada era 80-90an, lokasinya sebagian besar terkonsentrasi di pusat kota, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Sukabumi:

1. Bioskop Indra

Lokasinya kini diapit Kantor Pos dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Sukabumi. Film Indonesia dan Bollywood diputar secara bergantian.

2. Capitol Theatre

Bioskop yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini awalnya bernama Bioskop Mayawati. Bioskop yang memiliki tempat duduk di balcony ini, memutar semua jenis film baik Hollywood, Indonesia dan Mandarin.

3. Shopping Theatre

Selain tempat berbelanja, Shopping Centre juga tempat bermain anak-anak sekolah yang gemar bermain Ding-Dong. Shopping Theatre terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, kini bersebrangan dengan Citimall Sukabumi. Film-film yang diputar sama halnya seperti Capitol Theatre, dan penonton duduk di kursi terbuat dari kayu.

4. Bioskop Gelora dan Sukabumi Theatre 

Bangunan kedua bioskop ini sekarang menjadi Toserba & BNI, keduanya terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Tetapi bioskop Gelora tidak begitu luas dan tidak tersedia tempat parkir khusus untuk kendaraan roda empat.

5. Bioskop Garuda

Bangunan yang kini menjadi Supermall di Jalan Jenderal Ahmad Yani ini, sebagian lahannya merupakan bekas Bioskop Garuda. Untuk menuju Bioskop Gelora, Anda harus masuk jalan kecil terlebih dulu dari Jalan Ahmad Yani.

6. Royal Theatre

Bioskop dengan ruangan luas ini, dibagi tiga kelas dengan tempat duduk kayu. Saat memesan karcis Kelas 1, calon penonton biasanya akan diberi pilihan apakah ingin duduk di bawah atau balkon. Sekarang bioskop ini telah berganti menjadi Royal Tech.

7. Mustika Theatre

Berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, bersebelahan dengan Jazz Karaoke atau Martabak Bandung sekarang.

8. Nusantara Theatre

Berada di Jalan Jenderal Sudirman, dan kini bangunan Nusantara Theatre telah berubah menjadi Bank Mandiri. Lokasinya persis berada di ujung jalan persimpangan dekat Tiara Toserba.

9. Bioskop Sinar Surya & Cicurug Theatre 

Kedua bioskop ini berada di Kabupaten Sukabumi. Sinar Surya berada di pusat Kota Cibadak, Jalan Suryakencana, kini bangunan bioskop tersebut telah berubah menjadi Toko Bungsu. Sedangkan Cicurug Theatre berada di Jalan Siliwangi, Kecamatan Cicurug, tepatnya di lantai dua gedung lama Pasar Cicurug.

10. Odeon21

Grup Bioskop 21 Cineplex mendirikan bioskop di Kota Sukabumi, disebut Odeon21, karena berada di daerah Odeon. Bioskop ini mengusung konsep modern dan nyaman dibanding bioskop lokal, kursi empuk, serta ruangan dingin ber-AC, dan tingkat kemiringan ideal, didukung kualitas suara yahud berteknologi Dolby Digital, THX atau Dolby Atmos, Odeon21 berada di Lantai II Ramayana Dept. Store.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life26 April 2024, 19:27 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Anda Lebih Bijak Menghadapi Masalah Hidup

Menghadapi masalah dengan bijak tentu harus dibiasakan. Untuk itu, perlu melakukan kebiasaan yang membuat lebih bijak.
Kebiasaan yang bikin bijak hadapi masalah. | Sumber Foto : Pexels/Sanket Mishra
Internasional26 April 2024, 19:26 WIB

140 Negara Secara Resmi Mengakui Palestina sebagai Negara, Terbaru Jamaika

Jamaika secara resmi mengumumkan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan ini diambil lewat musyawarah kabinet pada Senin, 22 April 2024.
Jamaika resmi mengakui Palestina sebagai negara | Foto : Ist