Pentingnya Mencatat Siklus Menstruasi, Tak Sekedar Tahu Masa Subur

Rabu 25 November 2020, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kebanyakan wanita kadang lupa mencatat siklus menstruasi. Biasanya yang paling sering diingat kala menstruasi adalah rasa nyeri yang dirasakan. Padahal mencatat siklus menstruasi sangat penting. 

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Karina Cory mengatakan mencatat siklus menstruasi memiliki beberapa tujuan. "Misalnya kepentingannya untuk apa? Pertama untuk merencanakan kehamilan, dengan mengetahui masa subur sehingga pasangan tahu bisa berhubungan agar peluang hamil tinggi," ujarnya dalam acara HaloTalks Vol. 4, yang digelar virtual Rabu, 25 November 2020. 

Karina Cory melanjutkan setelah mengetahui masa subur, mencatat siklus menstruasi juga dapat mengetahui kapan mencegah pembuahan untuk pasangan yang tidak merencanakan kehamilan. Selain itu, dengan mengetahui siklus menstruasi juga dapat menghindari gejala-gejala PMS yang berat, serta mendeteksi masalah-masalah yang berhubungan dengan menstruasi. 

Ketika mencatat siklus menstruasi hal yang harus diperhatikan adalah tanggal pertama menstruasi. Siklus menstruasi yang umumnya berlangsung antara 21-35 hari, lama menstruasi 3-5 hari, dan banyaknya perdarahan yang dihitung dari jumlah pembalut yang digunakan. "Dengan mencatat, jika ada yang sesuatu yang tidak normal terjadi bisa tahu lebih dulu jika ada masalah, lalu konsultasi dengan doketer atau supaya tidak hamil dapat tahu kira-kira masa suburnya kapan, jadi lebih teratur prosesnya merencanakan atau menunda kehamilan," tambah dokter Karina.

Beberapa gangguan menstruasi antara lain, hipermenorea dan hipomenorea yaitu perdarahan menstruasi yang teralu banyak dan terlalu sedikit, kelainan siklus melewati batas normalnya 21-35 hari sedangkan polimenorea sebelum 21 hari sudah menstruasi lagi atau bahkan tidak haid selama 3 bulan beruturut-turut. Sebaliknya jika lebih dari 35 hari disebut oligomenorea. Gangguan lainnya dismenore yaitu kesakitan pada perut bagian bawah sebelum dan saat menstruasi, serta gangguan metroragia yaitu perdarahan di luar siklus menstruasi. 

Karina menambahkan untuk menghindari gangguan menstruasi sebaiknya memperhatikan gaya hidup. Misalnya jenis makanan yang dimakan serta olahraga selama 45 menit 4x dalam seminggu. "Sebenarnya tergantung orangnya, yang jelas semua jangan berlebihan, usahakan makan makanan yang seimbang," ujarnya. 

Untuk mempermudah para wanita mencatat siklus menstruasi aplikasi Halodoc memperkenalkan fitur Period Tracker. Fitur ini Anda dapat mengatur tiga program sesuai kebutuhan, yaitu Monitor Siklus Menstruasi, Monitor Masa Subur, dan Perencanaan Keluarga. Beberapa kemudahan yang ditawarkan seperti log tanggal menstruasi, akses chat dengan ObGyn, kemudahan membeli produk terkait kesehatan reproduksi, dan kurasi artikel-artikel kesehatan sesuai dengan tujuan awal menggunakan fitur ini.

“Yang menarik dari perilaku pengguna yang kami amati adalah bagaimana aplikasi ini digunakan untuk melakukan perencanaan kehamilan. Setengah dari pengguna memilih program Monitor Masa Subur yang bertujuan untuk merencanakan kehamilan dengan matang,” ujar VP Marketing Halodoc, Felicia Kawilarang.  

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)