//
Menu

31 Okt 2020, 03:00 WIB

Waktu Makan Malam Ideal Supaya Tetap Sehat dan Bantu Berat Badan Turun

Ilustrasi wanita makan larut malam. | Sumber Foto: Freepik.com/Tirachardz

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak ada yang lebih memuaskan daripada duduk untuk makan malam yang sehat setelah hari yang panjang dan sibuk. Tapi tentu saja, jadwal kita yang kacau dan tidak konsisten memperumit dan kita sering kali makan makanan ini pada jam yang berbeda. Tapi apakah sebenarnya ada waktu yang ideal untuk makan malam? Jawabannya iya. Makan malam pada waktu yang tepat setiap hari membantu Anda tetap sehat dan menurunkan berat badan.

Dilansir dari Tempo.co, makan besar tepat sebelum tidur dapat merusak siklus tidur Anda, sehingga Anda harus mengatur waktu makan malam dengan cara yang tidak merusak tidur Anda. Tujuannya adalah menyelesaikan makan malam (dan makanan penutup) setidaknya 2-3 jam sebelum tidur. Jadi, yang terbaik adalah menetapkan satu jam yang tidak bisa dinegosiasikan sebelum tidur yang bebas makanan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan malam 2-3 jam tanpa makan sebelum tidur memiliki tingkat kanker, resistensi insulin dan peradangan yang lebih rendah. Atlet dan orang-orang yang mengikuti program latihan kekuatan harus makan camilan kaya protein satu jam sebelum tidur.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain makan malam tepat waktu, seperti dilansir dari laman Times of India. Misalnya perhatikan jarak ideal antara makan siang dan makan malam. Harus ada jeda 4-5 jam antara makan siang dan makan malam. Celah ini memungkinkan makanan dicerna dengan baik sebelum Anda mengonsumsi makanan lain. Selain itu, memperhatikan rasa lapar dan kenyang adalah indikator lain kapan dan seberapa banyak makan.

Para ahli menyarankan untuk makan saat Anda sedikit lapar dan tidak merasa lapar sepenuhnya, yang dapat menyebabkan makan berlebihan. Karena kebanyakan orang makan siang sekitar tengah hari dan makan malam pada pukul 6-7, disarankan untuk makan siang sekitar pukul 3 sore dan 4 sore. Camilan sebaiknya kurang dari 200 kalori dan kurang dari lima gram gula. Camilan juga harus mengandung beberapa jenis protein.

Bagaimana dengan saat Anda bekerja lembur atau berolahraga setelah bekerja? Bagaimanapun, jangan pernah melewatkan makan malam Anda. Ini karena saat orang melewatkan makan malam, mereka lebih mengandalkan camilan, yang menyebabkan makan berlebihan. Jika Anda berencana untuk berolahraga setelah jam kerja, makanlah pada jam 4 sore.

Jika Anda berencana berolahraga setelah makan malam, bagi makanan Anda menjadi dua bagian. Makan satu porsi sebelum sesi keringat dan porsi kedua setelah latihan. Simpan porsi kaya karbohidrat untuk latihan sebelumnya.

Makan malam tepat sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda seperti halnya tidak cukup makan sebelum tidur. Dalam kasus terakhir, Anda mungkin terbangun di tengah malam dengan perasaan lapar. Anda juga kehilangan nutrisi utama yang dibutuhkan untuk perbaikan, pemeliharaan, dan penyembuhan sel-sel dalam tubuh.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Debenhams, department store asal London, Inggris menutup permanen gerainya setelah Arcadia Group mengajukan perlindungan kebangkrutan pada Senin lalu. Arcadia Group sendiri tercatat memiliki lebih dari 2.500 gerai...

SUKABUMIUPDATE.com - Sesosok mayat berjenis kelamin laki-laki ditemukan di area mushola SPBU Lodaya, Jalan Raya Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Rabu (2/12/2020) malam sekitar pukul 21.30 WIB. Saat...

SUKABUMIUPDATE.com - Parlemen Jepang telah mengeluarkan Undang-undang untuk memberikan vaksin Covid-19 seluruh warga negara dengan biaya yang ditanggung pemerintah pusat. Dilansir dari Tempo.co, Undang-undang tersebut dikeluarkan setelah majelis tinggi parlemen...

SUKABUMIUPDATE.com - Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri Cabang Cibadak melakukan penggiliran aliran air untuk sebagian wilayah layanan. Kepala Cabang Perumda AM TJM Cabang Cibadak Wini Andriani mengatakan penggiliran aliran ini dilakukan karena debit...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya