6 Olahraga untuk Menaikkan Berat Badan

Sabtu 03 Oktober 2020, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian orang ingin menurunkan berat badan, dan yang lainnya justru ingin menaikkan berat badan. Caranya pun hampir sama, yaitu dengan melakukan olahraga dan pola diet untuk menaikkan berat badan. Misalnya dengan mengkonsumsi beberapa makanan supaya badan lebih berisi.

Sedangkan untuk olahraga, ada berbagai jenis olahraga untuk menaikkan berat badan yang dianggap ampuh untuk membuat badan berisi dan membesarkan otot. Ditambah lagi, dengan pola diet yang sehat, pilihan jenis olahraga di bawah ini dapat memaksimalkan usaha Anda dalam meningkatkan berat badan.

Melansir Tempo.co, ini pilihan olahraga untuk menaikkan berat badan

1. Berenang

Berenang juga digolongkan sebagai olahraga yang bisa meningkatkan berat badan dengan cara memperbesar otot. Saat berenang, tubuh akan dipaksa untuk melawan beban di dalam air. Proses ini akan membuat otot meregang dan menjadi lebih kuat.Perlu diingat bahwa air lebih padat dibandingkan udara. Itulah sebabnya berenang dapat membangun otot lebih cepat dibandingkan latihan kardio tradisional seperti berlari.

2. Latihan beban

Latihan beban merupakan jenis olahraga untuk menaikkan berat badan yang ampuh. Saat Anda mengangkat beban, lemak akan terbakar dan massa otot akan semakin besar. Tidak hanya berat badan saja yang akan meningkat, tapi penampilan Anda tentunya akan terlihat lebih kuat.Berbeda dengan kardio, latihan beban akan memperbesar massa otot. Berat badan pun otomatis akan naik.

3. Push up

Push up merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan karena bisa dilakukan tanpa alat apa pun. Meski demikian, Anda jangan meremehkan gerakan olahraga yang satu ini karena dampaknya sangat baik untuk tubuh terutama untuk membangun otot lengan dan punggung. Gerakan push up juga sederhana, Anda hanya perlu menghadap ke lantai, kemudian letakkan kedua tangan di sebelah badan.

Setelah itu, Anda bisa mengangkat berat tubuh menggunakan kedua tangan. Namun ingat, jagalah postur tubuh agar punggung dan kaki tetap lurus. Dengan begitu, manfaat push up untuk menaikkan berat badan akan terasa lebih maksimal.Saat Anda melakukan push up, usahakan tubuh jangan sampai menyentuh lantai, ya.

4. Pull up

Pull up adalah olahraga untuk menaikkan berat badan yang dilakukan dengan berdiri sambil mengangkat tubuh ke atas. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan benda kokoh yang menempel di dinding atau pull up bar yang bisa Anda beli di toko olahraga. Saat meletakkan kedua tangan di pull up bar atau benda kokoh, usahakan jangan terlalu dekat dengan wajah. Lebarkan pegangan tangan Anda hingga menjauh dari wajah. Kemudian angkatlah tubuh Anda dengan menggunakan kekuatan tangan sampai dagu mencapai ke pull up bar. Jika Anda sudah merasa tidak kuat, berhentilah. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukannya dalam jumlah banyak, terutama saat Anda belum terbiasa.

5. Squat

Squat adalah olahraga untuk menaikkan berat badan yang dapat dilakukan di rumah tanpa peralatan apa pun. Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu berdiri tegak (kaki sejajar dengan pinggul), kemudian turunkan bokong Anda layaknya ingin duduk.Saat melakukannya, usahakan tubuh tetap lurus. Jika belum terbiasa, jangan terlalu banyak melakukan gerakan ini karena bisa menimbulkan cedera.

6. Lunges

Sama seperti squats, lunges tidak memerlukan peralatan apa pun dan dapat dilakukan di rumah. Jenis olahraga untuk menaikkan berat badan ini dapat membantu Anda mengencangkan otot kaki dan bokong. Cara melakukannya juga sederhana, Anda hanya perlu berdiri tegak sambil menekuk otot perut. Rentangkan satu kaki ke depan, layaknya Anda ingin mengambil langkah. Setelah itu, condongkan tubuh hingga posisi lutut berada pada 90 derajat. Ulangi gerakan ini semampu Anda. Jangan pernah memaksakan diri karena dapat meningkatkan risiko cedera.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin