Menu

29 Sep 2020, 05:00 WIB

Tetap Sehat dan Berat Badan Stabil Selama Pandemi, Jaga Hitungan Kalori

Ilustrasi berat badan. | Sumber Foto:Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com -  Banyak orang mengeluh perubahan pada kesehatan mental dan fisik selama masa pandemi. Selama berada di rumah, keinginan untuk makan atau mengkonsumsi camilan cenderung meningkat sehingga berat badan pun ikut melonjak. 

Menurut pemerhati gaya hidup sehat Grace Julio, kita tetap bisa menjaga berat badan dan kesehatan dengan makanan sehari-hari. Namun ingat, makanan bukan obat stres atau kangen karena ingin bertemu orang-orang. Kebiasaan makan untuk menghalau stres justru bisa bermasalah pada kesehatan yakni carbohydrate addiction, di mana kita akan bergantung ingin mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan.

"Kemudian yang kedua surplus kalori, yakni kondisi kalori lebih dominan masuk daripada energi yang dipakai. Kalau pada perempuan kalori menumpuk di bagian sekitar dada, lengan, panggul, dan kaki," ucap Grace dalam Live Instagram Susan Bachtiar, Jumat 25 September 2020.

Grace menganjurkan agar memilah sendiri mana asupan yang baik untuk dikonsumsi mana yang kurang baik. Misalnya kalau perempuan butuh 1600-1800 kalori makan diharapkan sesuai dengan kebutuhan tersebut.

"Contoh misal satu pieces tempe goreng krispi terdiri dengan 200 kalori atau 2 cup brokoli kukus dengan kalori hanya 25 kalori. Boleh tetap dimakan tempenya tapi tetap makan yang seimbang dan olahraga untuk melepas kalori," ucapnya.

Selain itu penting untuk menjaga hitungan kalori agar antara kalori yang masuk dan dikeluarkan juga seimbang. "Jadi kita harus memperhatikan kalori yang banyak terdapat pada gula, tepung, dan minyak. Ragam makanan inilah yang perlu mendapat perhatian lebih untuk dikonsumsi sebagai makanan harian," lanjutnya.

Tak hanya memilih makanan sesuai kebutuhan, olahraga pun tetap penting dilakukan. "Ada yang memilih workout di rumah ada juga yang mencari tempat sepi untuk olahraga outdoor," pungkasnya.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan akan melakukan pemeriksaan kelengkapan data dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS. Pada Minggu 1 November 2020, peserta...

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil seleksi penerimaan CPNS 2019 akhirnya resmi diumumkan serentak pada, Jumat, 30 Oktober 2020. Dari kuota 254.173 orang yang dibuka sejak awal, tidak semuanya berhasil terisi. "Ada beberapa...

SUKABUMIUPDATE.com - Ayo selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan kedisiplinan mematuhi kombinasi protokol kesehatan bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 bahkan sampai 99,99 persen. “Ternyata 3M sangat ampuh...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki musim libur panjang dan cuti bersama pengujung Oktober 2020, anggota kepolisian lalu lintas Polres Sukabumi menyisir sejumlah objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (30/10/2020). Dalam kesempatan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya