Menu

26 Sep 2020, 17:00 WIB

7 Cara Mengatasi Terlambat Menstruasi, Coba Jahe dan VItamin C

Ilustrasi jamu wedang jahe. | Sumber Foto:TEMPO/Subekti.

SUKABUMIUPDATE.com - Telat menstruasi bisa menjadi salah satu tanda kehamilan bagi wanita yang aktif secara seksual. Tapi bagaimana jika kehamilan itu tidak direncanakan, adakah cara mengatasi keterlambatan haid?

Berikut beberapa cara mengatasi telat datang bulan secara alami yang bisa Anda coba.

1. Minum teh jahe

Meski belum dibuktikan dalam penelitian ilmiah, jahe kerap dijadikan obat herbal untuk mempercepat menstruasi. Bahan alami ini dipercaya dapat menyebabkan kontraksi rahim. Jika ingin mengonsumsi jahe, Anda bisa mengolahnya menjadi teh jahe yang lebih nikmat ketimbang mengonsumsi tanaman herbal ini secara langsung.

2. Minum jamu kunyit

Kunyit dapat mempengaruhi hormon estrogen maupun progesteron. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian mengenai hal ini.

3. Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat bisa meningkatkan hormon estrogen dan menurunkan hormon progesteron sehingga mendorong rahim berkontraksi dan lapisan rahim meluruh.

Namun, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Jika Anda ingin mencobanya, konsumsilah makanan tinggi vitamin C, seperti jeruk, buah beri, blackcurrant, brokoli, bayam, tomat, paprika merah dan hijau, atau suplemen vitamin C sesuai dosis yang dianjurkan.

4. Melakukan relaksasi

Stres terkadang dapat menyebabkan wanita terlambat menstruasi. Ketika stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol atau adrenalin yang dapat menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron yang berfungsi untuk menjaga siklus menstruasi.

Untuk mengatasi stres, lakukan teknik-teknik relaksasi, seperti yoga, meditasi, berolahraga, menghabiskan waktu bersama orang terdekat, mengurangi beban kerja, dan mencoba kegiatan yang menyenangkan.

5. Diet

Berat badan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Karena itu, lakukan diet agar memiliki berat badan yang ideal. Konsumsilah makanan bergizi seimbang, dan berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari. Selain itu, minum air putih dan tidur dengan cukup.

6. Kompres atau mandi air hangat

Mandi air hangat dapat menenangkan otot yang tegang dan meredakan stres. Hal ini dipercaya bisa mendorong menstruasi. Tidak hanya itu, meletakkan kompres hangat di perut juga dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut sehingga mempercepat siklus haid.

7. Mengonsumsi obat pelancar haid

Dokter dapat merekomendasikan obat pelancar haid yang bisa Anda minum, tergantung pada penyebab keterlambatan haid tersebut. Misalnya, pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin dapat membantu mengontrol menstruasi.

Metformin yang umumnya digunakan untuk mengendalikan diabetes juga dapat membantu ovulasi dan mengatur datang bulan. Selain itu, mengonsumsi progesteron selama 10-14 hari setiap bulan cenderung bisa memperlancar menstruasi.

Jika telat haid kemungkinan besar disebabkan oleh kehamilan, sebaiknya jangan mengonsumsi herbal atau obat untuk mempercepat datang bulan karena bisa menyebabkan keguguran maupun kondisi berbahaya lainnya.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Uni Emirat Arab atau UEA menetapkan nama Presiden Joko Widodo sebagai nama jalan di Abu Dhabi pada 19 Oktober 2020. Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo alias President...

SUKABUMIUPDATE.com - Kampanye tatap muka masih menjadi pilihan dan banyak dilakukan oleh para pasangan calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi pada Pilkada Serentak 2020.  Hal itu diungkapkan Komisioner Badan Pengawas...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 10.587 personel gabungan dikerahkan untuk mengawal aksi demonstrasi sau tahun pemerintahan Jokowi Maruf, buruh dan mahasiswa dengan mengusung isu tetap menolak Undang-Undang Omnibus Law - Cipta...

SUKABUMIUPDATE. com - Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Non-PNS di Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu, sejak Senin (20/10/2020) kemarin melakukan kerja dari rumah atau Work...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya