Madu dan 6 Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Senin 21 September 2020, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tak sedikit ibu hamil yang mengalami batuk. Tentu kondisi itu sangat tak nyaman bagi ibu hamil. Kabar baiknya janin dalam kandungan tidak akan dengan mudah tertular penyakit seperti batuk atau flu dari ibunya lewat plasenta. Hanya saja, gejala batuk bisa jadi lebih lama karena sistem imun tidak bekerja dengan maksimal.

Tapi bagi ibu hamil membutuhkan banyak pertimbangan sebelum mengonsumsi obat apapun, termasuk obat batuk. Untuk meredakan batuk ada beberapa pengobatan tradisional yang cukup aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Perlu diingat obat batuk alami untuk ibu hamil bisa jadi tidak akan secepat obat medis dalam mengatasi penyakit.

Beberapa obat batuk alami untuk ibu hamil yang aman dicoba

1. Bawang putih

Tak hanya untuk ibu hamil, bawang putih dengan khasiat antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya bisa menjadi pilihan obat batuk tradisional untuk ibu hamil. Caranya bisa dengan mengonsumsi bawang putih setiap kali sehabis makan. Tambahkan madu untuk mengimbangi rasanya.

2. Cuka apel

Mengonsumsi cuka apel membuat tubuh berada dalam kondisi alkali atau basa. Sebagian besar penyakit tidak bisa bertahan dalam lingkungan yang bersifat alkali. Tak hanya itu, cuka apel juga mengandung bakteri baik yang dapat melawan infeksi.Cara konsumsinya bisa dengan mencampurkan cuka apel dengan teh atau air madu dan dikonsumsi 3 kali sehari. Selain itu, bisa juga dengan berkumur cuka apel untuk melegakan tenggorokan saat batuk.

3. Lemon

Berkat kandungan vitamin C yang melimpah dalam lemon, buah yang satu ini bisa menjadi obat batuk tradisional untuk ibu hamil. Lemon sebagai antioksidan alami juga kaya akan potasium yang penting untuk kinerja ginjal. Ketika ginjal bisa bekerja optimal, maka zat yang tak berguna dalam tubuh bisa dibuang dengan mudah. Sama seperti cuka apel, lemon juga membuat tubuh berada dalam kondisi alkali dan bisa mengusir penyakit seperti batuk lebih cepat.

4. Madu

Madu sudah sangat populer menjadi salah satu obat batuk tradisional untuk ibu hamil karena dapat membantu mengencerkan dahak. Tak hanya itu, madu juga baik untuk panas dalam dan meningkatkan kekebalan tubuh.Ibu hamil bebas mengonsumsi madu jenis apapun sesuai preferensinya. Campurkan dengan lemon atau air hangat untuk membuktikan efektivitasnya.

5. Jahe

Tak ada salahnya menjajal jahe sebagai salah satu obat batuk tradisional untuk ibu hamil. Utamanya jika ibu hamil menderita batuk kering karena infeksi virus maupun alergi. Mengonsumsi jahe dapat membantu inflamasi, itu sebabnya juga kerap digunakan sebagai obat tradisional bronkitis. Cara mudah mengonsumsinya bisa dengan merebus jahe dalam air mendidih. Kemudian, tambahkan madu dan konsumsi sebagai salah satu obat batuk yang aman untuk ibu hamil.

6. Berkumur air garam

Berkumur campuran air hangat dan garam dapat mengurangi infeksi saluran pernapasan hingga 40%. Cairan ini dapat membantu membuang kelebihan dahak di tenggorokan sehingga tidak lagi terasa nyeri.Tak hanya itu, kumur air garam juga dapat membantu mengusir alergen, bakteri, dan juga jamur dari tenggorokan. Lakukan cara ini selama 2-3 kali dalam sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

7. Air

Tak hanya mencegah dehidrasi, air juga sangat penting untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Ketika tubuh terhidrasi, maka penyakit seperti batuk atau flu bisa sembuh lebih cepat. Anda juga bisa mengonsumsi kaldu tulang untuk membantu meredakan batuk saat sedang hamil.Cara terbaik agar tidak mengalami batuk atau flu saat sedang mengandung adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat. Sebisa mungkin, pastikan selalu mengonsumsi makanan bergizi, tidur cukup, dan juga aktif bergerak setiap harinya.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio