Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi

Kamis 17 September 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini telah membawa ketidakpastian bagi banyak pihak. Tak sedikit pula yang tidak bisa kerja karena perusahaan tempatnya bekerja tidak mampu bertahan menghadapi situasi krisis saat ini.

Kondisi ini tentu saja memunculkan rasa stres dan kecewa bagi mereka yang kehilangan pekerjaan. Namun, ada beberapa tips khusus yang bisa Anda ikuti untuk kembali mendapatkan pekerjaan baru di masa pandemi, terutama bagi orang tua yang juga disibukkan mengurus anak dan rumah tangga, mengutip Tempo.co dari Healthline, Rabu 16 September 2020:

Siapkan akun email khusus untuk mencari pekerjaan

Jika selama ini email yang Anda miliki bersifat umum, maka Anda perlu membuat akun email khusus untuk mencari pekerjaan. “Sangat mudah untuk melewatkan email dan melewatkan tenggat waktu pekerjaan karena email pribadi dan profesional Anda bercampur. Memiliki akun email kantor yang terpisah memungkinkan Anda untuk mengatur dan memprioritaskan pekerjaan Anda,” ujar pakar hubungan dan etiket April Masini, pendiri American Initiative for Film Industry.

Untuk tetap mengetahui segalanya, pelatih karier eksekutif dan pola pikir sukses Heather Moulder menyarankan untuk menjadwalkan waktu tertentu dalam sehari untuk memeriksa dan menindaklanjuti dengan email. “Kegiatan ini bisa sangat membuang waktu, jadi atur timer untuk membantu Anda tetap fokus,” katanya menyarankan.

Prioritaskan tugas

Terkait daftar tugas pencarian kerja, penting untuk memisahkan apa yang harus Anda lakukan sekarang dari tugas yang kurang penting. Luangkan waktu 15 menit di awal minggu untuk melakukan ini. “Sangat mudah untuk berpikir bahwa Anda memiliki banyak prioritas. Namun, prioritas adalah tentang memilih 3 hal yang perlu Anda selesaikan dan kemudian menyisihkan waktu untuk melakukannya tanpa multitasking,” ujar Moulder.

Jangkau lebih banyak orang

Buat daftar semua orang yang Anda kenal di lingkaran teman Anda serta dari pekerjaan sebelumnya sehingga Anda dapat menjangkau mereka. “Berkomitmen untuk menyisihkan waktu agar orang lain tahu tentang pencarian pekerjaan Anda,” kata pelatih perusahaan dan pelatih karier bersertifikat, Julieanne O’Connor.

“Kebanyakan terobosan membutuhkan bantuan orang lain. Bahkan sedikit saja setiap hari dapat mengubah hidup Anda sepenuhnya. "

Saat Anda menjangkau orang-orang, tawarkan layanan atau keahlian Anda sebagai imbalan untuk mengisi kekosongan dalam pekerjaan Anda. “Mulailah menanam benih untuk mendapatkan penjualan dari teman, keluarga, atau koneksi jejaring sosial dan bangun portofolio,” saran Matthew Warzel, CPRW, presiden perusahaan penulisan resume MJW Careers, LLC.

Tetap terhubung saat online

Gunakan platform LinkedIn dan Twitter Anda untuk menunjukkan bahwa Anda masih menjadi pemain di industri Anda. “Bagikan artikel yang valid di bidang Anda dan komentari artikel tersebut dengan cermat untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pengamat aktif berita dan masalah yang Anda pedulikan,” kata Fraser Traverse, yang menjalankan dewan pekerjaan untuk orang-orang yang mencari pekerjaan di bidang politik dan kebijakan di Area Washington, DC.

Traverse juga menyarankan untuk memastikan bahwa Anda mengaktifkan pengaturan 'terbuka untuk bekerja' di LinkedIn sehingga perekrut dapat menemukan Anda. “Anda dapat mengisi jenis pekerjaan yang Anda inginkan dan kemudian Anda akan muncul dalam pencarian perekrut. Seperti yang pernah dikatakan rekan kerja tentang fitur ini, atasan Anda berikutnya dapat menemukan Anda bahkan saat Anda tidur,” tambahnya.

Jaga kepercayaan diri Anda

Tetapkan waktu singkat setiap hari untuk menggerakkan tubuh sehingga Anda dapat tetap aktif secara fisik, yang akan membantu pandangan mental Anda secara keseluruhan. “Tetap bugar dan membangun kekuatan adalah dua pendorong kepercayaan diri besar yang secara tidak langsung dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang paling penting, wawancara,” kata Brendan Heffernan, mantan pelatih dan pelatih karier yang berpengalaman tinggal di rumah bersama anak-anaknya setelah diberhentikan.

Heffernan mengatakan jika Anda pergi wawancara dengan perasaan seperti orang tua yang kelelahan dan cemas, itu mungkin terlihat dalam jawaban dan penyampaian Anda. Dengan tetap kuat secara fisik, Anda akan lebih percaya diri.

Lacak kemajuan Anda

Seperti yang dikatakan oleh pelatih karier Jenny Logullo, sangat penting untuk selalu mengetahui segalanya saat Anda melamar pekerjaan dan mendapatkan wawancara. Lacak kemajuan Anda dengan dokumen Excel atau Google Sheet yang mencantumkan setiap pekerjaan, status lamaran Anda, dan dengan siapa Anda menindaklanjuti untuk memastikan tidak ada yang lolos.

"Pertama, tindaklanjuti dan beri tahu manajer perekrutan atau perekrut bahwa Anda melamar posisi terbuka," katanya. "Sistem pelacakan pelamar terkadang dapat mengurangi visibilitas aplikasi Anda, jadi hal ini meningkatkan peluang Anda untuk dianggap sebagai prospek yang tertarik dan kredibel."

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer