Tanpa Masker Face Shield Kurang Efektif Cegah Covid-19, Cek 3 Cara Pakainya

Selasa 15 September 2020, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang menggunakan face shield sebagai perlindungan tambahan dari penyebaran virus corona. Tapi ingat, face shield bukan sebagai pengganti masker non-medis. Sejak WHO menetapkan COVID-19 sebagai krisis kesehatan global pada pertengahan Maret 2020 lalu, penggunaan masker sangat dianjurkan. Meski popularitas face shield meningkat, percuma jika tidak disertai dengan penggunaan masker.

Dilansir dari Tempo.co, ada banyak alasan orang memilih menggunakan face shield ketimbang masker non-medis, mulai dari rasa tidak nyaman hingga gerah. Alternatifnya, mereka memilih menggunakan face shield. Biasanya, face shield terbuat dari plastik yang disematkan di kepala dan bisa menutupi bagian wajah hingga dagu. Jika digunakan sebagai alat mencegah masuknya droplet ke hidung, mulut, dan mata, face shield memang sempurna. Meski demikian, syarat mutlak penggunaan face shield tidak akan efektif jika tidak disertai masker

Secanggih apapun face shield yang digunakan, jika tidak disertai dengan masker artinya akses penularan ke mulut, hidung, dan mata masih sangat mungkin terjadi. Dengan demikian, seseorang tidak terlindungi dari infeksi atau penularan virus corona.

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Swiss terkait penyebaran COVID-19. Sebagian dari mereka mengenakan masker, sebagian lainnya memakai face shield. Hasilnya, tidak ada satupun orang yang mengenakan masker dinyatakan positif COVID-19. Sebaliknya, beberapa orang yang hanya menggunakan face shield tanpa masker terinfeksi COVID-19. Artinya, face shield adalah alat pelindung tambahan yang baik untuk menutupi area wajah. Namun, bukan berarti efektivitasnya dapat menggantikan fungsi masker.

Jika digunakan tanpa masker, fungsi dari face shield pun sia-sia belaka. Namun, para pakar menekankan bahwa tidak ada istilah terlalu berlebihan ketika sudah berbicara tentang perlindungan diri dari COVID-19. Semakin banyak perlindungan, tentu semakin baik. Selain penggunaan masker dan face shield, mencuci tangan berkala, menjaga jarak dengan orang lain, dan sebisa mungkin tetap berada di rumah adalah perlindungan yang efektif.

Cara tepat menggunakan face shield

1. Selalu gunakan dengan masker

Mengingat face shield tidak akan efektif melindungi penggunanya jika digunakan tanpa masker, pastikan selalu memakai masker secara bersamaan. Di era pandemi seperti ini, memakai masker adalah bentuk altruisme yang fundamental. 

2. Pastikan ukurannya tepat

Kini banyak pilihan membeli face shield dengan berbagai model dan merek. Hal terpenting adalah memastikan face shield menutupi hingga area bawah dagu. Selain itu, pastikan sisi samping face shield juga hampir mencapai telinga. Jangan ada celah antara dahi dan bagian atas face shield. Jika masih ada celah, artinya kemungkinan droplet mengenai wajah masih tetap ada.

3. Bersihkan seusai digunakan

Setiap kali usai digunakan ke luar rumah, segera bersihkan face shield dengan deterjen dan air hangat. Tujuannya adalah untuk membersihkan cipratan yang mungkin menempel di permukaan face shield. Terakhir, bilas dengan air bersih mengalir. Jangan lupa bersihkan face shield dengan bahan berbahan dasar klorin. Sebaiknya jangan gunakan disinfektan berbahan alkohol karena dapat merusak plastik dan lemnya. Bilas dengan air bersih sekali lagi untuk menghilangkan residunya.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)