Sering Keliru, 5 Sayuran Ini Ternyata Sejenis Bunga dan Buah-buahan

Sabtu 08 Agustus 2020, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang sering kali bingung mengkategorikan tomat sebagai sayur atau buah. Banyak yang menjawab sayur, tapi tidak sedikit juga yang mengatakannya buah.

Selain tomat masih ada buah-buahan yang sering kita anggap keliru, sayur yang dianggap buah begitu juga sejenis buah yang dianggap sebagai sayur. 

Dilansir dari Suara.com, berikut 5 tumbuhan yang selama ini dikenal sebagai sayuran tapi sebenarnya buah, mengutip The Daily Meal, Sabtu (8/8/2020)

1. Paprika

Merah, kuning atau hijau, paprika kerap dibuat untuk bumbu masakan. Selain rasanya yang memberi rasa asam dan pedas, tumbuhan satu ini sebenarnya adalah buah. 

Sama seperti cabai pedas, jalepeno yang ada dan tumbuh di banyak negara bagian Texas. Cabai satu ini juga masuk golongan tumbuhan buah-buahan.

2. Jagung

Sering digunakan untuk pelengkap sayur lodeh, sayur asam, hingga dibuat popcorn. Tumbuhan yang bisa digunakan sebagai pengganti karbohidrat ini adalah jenis buah-buahan.

Bukan buah sembarangan, jagung adalah jenis buah yang berbiji masuk golongan caryopses. Golongan buah caryopses dikenal dengan karakter buah dan bijinya yang menyatu, sehingga ideal diolah dengan cara dikeringkan.

3. Labu 

Sering oleh orang Indonesia diolah sebagai sayur baik lodeh, sayur asam, hingga tumis labu dan sebagai pengganti karbohirat. Labu di luar negeri juga digunakan untuk perayaan halloween.

Seperti alpukat, labu tumbuh di atas tanaman dan mengandung biji di dalamnya. Labu dan buah-buahan yang bijinya didalam dikenal memiliki daging yang manis.

4. Brokoli

Kalau brokoli bukanlah masuk golongan sayur maupun buah, tapi tumbuhan ini adalah bunga. Ini karena pada brokoli tangkai besarnya tidak bisa dimakan, dan hanya bagian bunganya.

Sedangkan sayuran adalah segala sesuatu yang tangkainya bisa dimakan dan diolah. Pada brokoli, tangkai berbunga dipanen sebelum berbunga.

5. Kembang kol dan kubis 

Sama seperti brokoli, dua tanaman ini masuk kategori bunga, dimana batang biasanya tidak dikonsumsi. 

Meskipun tampaknya mereka tidak seperti bunga, karena warnanya yang tidak cerah, tapi kedua tumbuhan ini juga bisa melengkapi meja makan dan bervitamin.

sumber: suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)