Menu

31 Jul 2020, 15:00 WIB

Cara Menyimpan Daging di Kulkas, Perlu Dicuci Dulu?

Ilustrasi menyimpan daging. | Sumber Foto: (Pixabay/SvenHilker)

SUKABUMIUPDATE.com - Hari raya Iduladha biasanya akan langsung disambung dengan prosesi penyembelihan hewan kurban. Tapi, tentu tidak semua daging kurban akan langsung diolah saat itu juga. Sebagian orang memilih untuk menyimpannya dulu di kulkas.

Nah, sebelum menyimpannya di kulkas, Anda perlu tahu dulu bagaimana cara menyimpan daging kurban yang benar agar tetap layak dikonsumsi.

Dilansir dari Suara.com, Chef Stefu Santoso, Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group mengatakan sangat penting memperhatikan suhu untuk menyimpan daging.

"Daging kurban kalau disimpan dalam jangka waktu lama, perlu suhu sekitar 3 hingga 5 derajat celcius," ujar Chef Stefu dalam diskusi Kulwap Media beberapa waktu lalu.

Dibandingkan daging yang langsung diolah setelah dipotong, daging yang disimpan lebih dulu biasanya akan memiliki tekstur yang lebih lembut dan nikmat saat diolah menjadi sate, steak, rendang, dan lainnya.

Waktu penyimpanan yang dibutuhkan adalah minimal 18 hari. Dalam waktu tersebut, daging akan mencapai titik lembut secara maksimal saat nanti dikeluarkan dari pendingin.

Chef yang juga president of association of culinary professionals itu tidak permasalahkan jika sebelum disimpan daging dicuci lebih dulu atau tidak. Tentu saja, beberapa hal harus diperhatikan, khususnya melihat kriteria daging.

"Kalau mau dicuci dan tidak, sebenarnya nggak masalah. Tapi kalau kita tahu bahwa itu sudah dipotong dan ditaruh di lantai, sebaiknya dicuci kemudian disimpan dalam plastik, kemudian di vakum. Tujuannya untuk menghindari kontaminasi bakteri," tutupnya.

Sementara itu, rekomendasi penyimpanan untuk daging kambing, Chef Stefu menyarankan temperaturnya harus benar, yaitu antara 3 hingga 5 derajat celcius.

"Kalau daging mau langsung disimpan beku tidak masalah. Penyimpanan beku bisa bertahan 2 hingga 3 bulan, meskipun sebenarnya bisa lebih dari itu," tutupnya.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa foto tentang kondisi Curug Sawer yang meluap, beredar di jejaring media sosial Facebook. Curug Sawer sendiri merupakan air terjun yang berada di kawasan objek wisata Situ...

SUKABUMIUPDATE.com - Gugus Tugas Covid 19 Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi memberikan lampu hijau untuk BRI (Bank Rakyat Indonesia) cabang unit Ciracap untuk kembali beroperasi. Izin diberikan pasca upaya dekontaminasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Bukit Teletubbies terletak di Kampung Citarate, lokasinya tak jauh dari Pantai Ujung Genteng, Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Di tempat ini, pengunjung bukan hanya bisa menikmati...

SUKABUMIUPDATE.com - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti membuka lowongan pekerjaan untuk para pemuda Indonesia lulusan baru atau fresh graduate. Dilansir dari Suara.com, kabar tersebut ia unggah...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya