Menu

12 Jul 2020, 20:00 WIB

Bukan Cuma IQ Tinggi, Ini 7 Tanda Orang Cerdas

Ilustrasi wanita cerdas. | Sumber Foto: shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Intelligence quotient atau IQ sering jadi ukuran kecerdasan seseorang. Semakin tinggi IQ yang dimiliki, semakin cerdas pula orang tersebut.

Mengutip Tempo.co, ternyata IQ tinggi bukanlah satu-satunya tanda orang cerdas. Anda juga bisa melihatnya dari cara hidup sehari-hari, terutama dalam pola pikir dan penyelesaian masalah.

Orang yang cerdas adalah orang yang fleksibel dalam berpikir dan beradaptasi dengan perubahan. Selain itu, ia akan berpikir sebelum berbicara atau bertindak, serta dapat mengelola emosi secara efektif. Para peneliti melihat banyaknya sifat berbeda yang dimiliki oleh orang-orang cerdas. 

Berikut tujuh ciri-ciri orang cerdas yang dapat Anda kenali.

1. Berempati dan penuh kasih

Orang cerdas cenderung berempati dan penuh kasih sehingga memahami apa yang dipikirkan atau dirasakan seseorang. Dalam penilaian psikologis, terdapat korelasi antara kecerdasan emosional dan IQ yang tinggi. Semakin tinggi skor seseorang dalam berempati, semakin tinggi pula skornya dalam pemahaman verbal yang efektif.

2. Rasa ingin tahu tinggi

Orang-orang cerdas menggunakan hasrat keingintahuannya dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Ia suka mempelajari tentang orang lain, hewan, budaya, sejarah, dan berbagi ilmu lainnya. Meski kecintaan dalam membaca tak selalu merupakan tanda kecerdasan, namun itu menunjukkan bahwa Anda senang belajar dan ingin tahu.

3. Pengamat

Orang cerdas cenderung diam dan jeli mengamati, bukannya bicara tentang prestasi atau kebenaran pendapatnya. Ia akan memperhatikan adanya kesalahan yang dilakukan orang lain atau adanya peluang yang bisa diambil. Hal ini membuat orang cerdas dapat melihat apa yang dilewatkan oleh orang lain.

4. Memiliki kontrol diri

Ketika Anda memiliki kontrol diri, berarti Anda memiliki kedewasaan sehingga bisa mengendalikan emosi dan impuls sehingga tak akan membahayakan diri. Orang cerdas cenderung berpikir sebelum berbicara atau bertindak. Saat berada dalam masalah, Anda juga akan berusaha menyelesaikan masalah tersebut dan keluar dari ketidaknyamanan dengan cepat.

5. Memiliki ingatan yang baik

Daya ingat dan kecerdasan secara umum sangat berkorelasi. Ketika Anda memiliki ingatan yang baik, itu berarti Anda memiliki keterampilan fungsi eksekutif, memori jangka pendek yang baik, serta kemampuan untuk fokus dan memperhatikan. Selain itu, Anda juga berarti memiliki fleksibilitas kognitif dan dapat mudah beralih dari satu hal ke hal lain.

6. Mengenali batas kemampuan

Orang cerdas cenderung tak akan sok tahu segalanya. Ia mengenali batas kemampuan yang dimilikinya. Jika tak dapat melakukan sesuatu, ia akan mengakuinya dan belajar lebih banyak dari orang lain maupun situasi tertentu. Hal ini membuatnya lebih berpikiran terbuka.

7. Dapat mengikuti arus

Orang cerdas lebih fleksibel dan dapat mengikuti arus dengan baik. Hal ini juga menunjukkan bahwa ia dapat dengan cepat memecahkan masalah dan menemukan solusi.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - M Fahri (10 tahun), bocah asal Tipar Gang Amarta 4 RT 03/05 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi dikabarkan hilang sejak Minggu (9/8/2020) siang sekitar pukul 13.00...

SUKABUMIUPDATE.com - Jenazah Zayyan Dhiyandra Hanifan (18 tahun) wisatawan yang tenggelam terseret ombak di Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi berhasil ditemukan, Minggu (9/8/2020) sekitar pukul 16.45 WIB. Informasi yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Kegagalan Juventus di Liga Champions musim ini memberikan duka yang mendalam buat Cristiano Ronaldo. Pemain 35 tahun itu pun sampai curhat di akun Instagram pribadinya. Melansir Suara.com, Juventus...

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi ikut serta dala. gerakan donor darah yang digagas komunitas lari Indorunners Sukabumi, yang digelar di Citimall Kota Sukabumi, Minggu (9/8/2020). Kegiatan tersebut digelar...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya