Tips Hemat Biaya Saat Renovasi Taman Rumah

Senin 29 Juni 2020, 01:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang mendambakan taman rumah yang asri, cantik, dan nyaman. Berbagai upaya pun dilakukan ketika mendekorasi taman agar mewujudkan desain taman yang diinginkan. Namun, sayangnya biaya untuk mendekorasi taman sering kali di luar ekspektasi atau bahkan tidak masuk dalam perhitungan.

Dilansir dari Tempo.co, proyek taman yang kerap dipandang sebelah mata, membuatnya masih dianggap berbujet rendah. Padahal, material lanskap, baik hardscape maupun softscape, banyak yang memiliki harga tinggi, tetapi tidak diketahui masyarakat awam. Belum lagi upah desainer dan biaya tenaga kerja yang juga tidak dapat dianggap sepele.

Tapi tak perlu khawatir jika Anda ingin mendekorasi taman di rumah tapi dengan anggaran yang minim. Berikut adalah beberapa tips menghemat biaya saat ingin mendekorasi taman di rumah.

Tips hemat biaya saat mendekorasi taman di rumah

1. Tentukan Tema yang Jelas

Desain taman bergaya tradisional karya Erwin Kusuma // arsitag.com

Sebelum melangkah dengan berbagai ide, pastikan dahulu bahwa Anda sudah menentukan tema yang ingin diwujudkan pada taman. Tema ibarat panduan dasar agar ide dan pemikiran tidak terlalu “liar”. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda membuat sketsa terlebih dahulu di atas kertas. Bayangkan setiap elemennya apakah sesuai dan mungkin untuk direalisasikan. Jangan lupa, perbanyak melihat referensi agar sense of art dari taman rumah lebih terasa. Tips ini akan sangat membantu saat membuat taman murah.

2. Buat Daftar Keinginan

Desain taman minimalis modern karya Studio TonTon // arsitag.com

Setelah Anda menentukan tema, ide taman minim bujet selanjutnya adalah dengan membuat daftar keinginan tentang apa saja yang diharapkan. Buatlah daftar dari hal-hal yang paling menghabiskan biaya dahulu seperti pembuatan fitur air, kolam, atau decking. Kemudian, hal-hal kecil seperti pemindahan tanaman atau penambahan pot bisa menyusul. Setelah daftar dibuat, cobalah untuk mengurangi beberapa hal, baik dengan membatalkannya atau mengurangi jumlahnya saja. 

3. Manfaatkan Apa yang Ada

Desain taman rindang karya RAW Architecture // arsitag.com

Sebelum memutuskan membeli sesuatu untuk merenovasi desain taman secara murah, lihat dan perhatikan dahulu apa saja yang ada di taman Anda saat ini. Renovasi tidak melulu harus membeli sesuatu yang baru, karena Anda tentunya dapat memanfaatkan benda-benda yang sudah ada. Sebagai contoh, jika di taman ada tumpukan batu bata atau bekas genteng yang tidak terpakai, coba kreasikan kembali sebagai media pembatas.

4. Tata Ulang

Desain taman bernuansa rimba karya Tamara Wibowo // arsitag.com

Dekorasi artinya tidak selalu mengubah. Mendekorasi taman Anda berarti menata ulang elemen-elemen yang ada pada taman, sehingga tampak menjadi sesuatu yang baru. Anda akan merasakan sendiri perbedaan suasana hanya dengan memindahkan satu pot tanaman besar ke sudut yang berbeda. Kombinasikan pula beberapa jenis hardscape dan softscape untuk memberikan karakteristik baru pada taman. Melalui tata ulang seperti ini, Anda akan berhasil menekan biaya.

5. Pilih Tanaman Perenial

Desain taman dengan gazebo karya Parama Dharma // arsitag.com

Hal yang sering tidak disadari adalah bahwa tidak semua tanaman mampu hidup dalam jangka waktu lama. Ada yang disebut tanaman anual alias tanaman semusim yang artinya hanya hidup dalam satu musim saja. Umumnya, jenis tanaman anual adalah tanaman buah, tetapi beberapa tanaman hias juga ada yang tergolong tanaman semusim seperti jawer ayam, randa midang, dan marigold.

Sebab itu, jika Anda ingin berhemat dengan menanam tanaman yang hidup lebih lama, pilihlah tanaman perenial. Tanaman perenial adalah jenis tumbuhan yang bisa meneruskan kehidupannya setelah bereproduksi atau menyelesaikan siklus hidup dalam jangka waktu lebih dari dua tahun. Beberapa tanaman hias jenis perenial adalah aster, krisan, anggrek, dan suplir.

6. Alternatif Tanaman Produksi

Desain taman dengan wadah bercocok tanam karya Evan Sung // gardenista.com

Langkah berikutnya tidak hanya hemat dalam biaya renovasi. Cobalah mempertimbangkan untuk menanam tanaman produksi seperti sayur, buah, dan obat. Ya, dengan menanam tanaman-tanaman produksi seperti ini, secara tidak langsung Anda pun sudah melakukan penghematan biaya karena adanya konversi ke biaya lain yang akan dinikmati hasilnya. Selain itu, menanam tanaman produksi seperti ini merupakan bentuk pemberdayaan komoditas lokal, sekaligus menjaga tradisi bercocok tanam di pekarangan dan kebun belakang.

7. Pertimbangkan Pemeliharaan yang Rendah

Desain taman minimalis karya Vindo Design // arsitag.com

Membuat taman artinya harus siap dengan perawatan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan memilih suatu elemen lanskap, ketahui dahulu bagaimana dan berapa biaya perawatannya. Dalam upaya menghemat, pilihlah tanaman atau elemen yang perawatannya tergolong minim (low maintenance). Sebagai contoh, jika Anda menanam rumput sebagai landcover seluruh area taman, perhitungkan berapa banyak kebutuhan air dan pupuknya agar tetap terlihat sehat.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life26 April 2024, 08:00 WIB

12 Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang

Kebiasaan sederhana ini menunjukkan rasa hormat dan perhatianmu terhadap orang lain, dan orang-orang cenderung merasa dihargai saat merasa didengarkan dengan baik.
Ilustrasi - Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang (Sumber : Pexels/Thirdman)
Sehat26 April 2024, 07:00 WIB

9 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bisa Mengurangi Perut Kembung

Rutinitas pagi yang tenang dan santai, seperti minum air hangat, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Minum Air Hangat. Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel26 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kencur untuk Meredakan Nyeri Sendi, Ini 8 Langkahnya!

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Air Rebusan Kencur. (Sumber : Instagram/@meygaahuang)
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)