Berwisata di Era New Normal, Biasakanlah 5 Prilaku Ini

Rabu 17 Juni 2020, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa kota destinasi utama wisata Indonesia, sedang bersiap membuka diri untuk kunjungan wisatawan domestik. Mereka sedang menyiapkan protokol kesehatan untuk masa new normal. 

Agar aman pelesiran, wisatawan harus membangun kebiasan-kebiasaan baru selama masa transisi pembatasan sosial. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diperlukan waktu 30 hingga 60 hari untuk membangun sebuah kebiasaan baru.

Setelah melalui masa-masa isolasi, penting untuk diingat bahwa kita harus melindungi diri dengan tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan baik dan gaya hidup sehat. Nah, mari kita simak lima kebiasaan baik yang kamu tetap perlu lakukan untuk menghadapi new normal, sebagaimana dinukil dari Jr. NBA at Home.

Tetap menjaga jarak

Kini menjaga jarak semakin mudah, karena beberapa tempat yang membutuhkan antrean telah ditandai, untuk menunjukkan lokasi berdiri Anda. Tanda-tanda ini dibuat untuk tetap menjaga jarak aman guna menghindari penularan virus corona.

Jadi, bila pelesiran dan melihat tanda tersebut di loket tiket tempat wisata, loket check in, dan bilik ATM, maka patuhilah. Hal ini tidak hanya untuk melindungi diri sendiri tetapi juga melindungi orang-orang di sekitar kita agar tetap aman, tentram, dan nyaman.

Menggunakan masker di ruang publik

Menggunakan masker saat ini telah menjadi sebuah keharusan, saat berada di luar rumah dan terpaksa tidak bisa menjaga jarak aman. Meskipun saat pelesiran merasa baik-baik saja, tetap dianjurkan untuk mengenakan masker.

Menggunakan masker membantu melindungi diri dari kontak langsung dengan droplet (cairan pernapasan atau air liur) orang lain. Terdapat dua tipe masker antara lain, masker bedah dan masker kain. Masker bedah dirancang untuk pekerja medis atau mereka yang mempunyai risiko tertular lebih tinggi, sedangkan masker kain dapat digunakan masyarakat umum.

Masker yang terbuat dari campuran bahan katun dan chiffon atau katun dan sutra, dianggap efektif dalam menyaring cairan sisa pernapasan dan aerosol. Selain itu, satu masker hanya boleh digunakan oleh satu orang saja. Jadi, jangan pernah menggunakan masker secara bergantian dengan teman ataupun dengan keluarga.

Rajin mencuci tangan

Kebiasaan baru lainnya yang dapat melindungi saat pelesiran di objek wisata, adalah rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah bepergian keluar.

WHO membagikan panduan mencuci tangan yang baik dan benar, seperti menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” sebanyak dua kali (atau sekitar 20 detik). Namun, bila dihadapkan pada situasi yang sulit untuk mendapatkan sabun dan air, gunakan hand-sanitizer dengan kandungan alkohol.

Membawa peralatan makan sendiri

Wabah Covid-19 memberikan pelajaran yang berbeda kepada setiap orang, salah satunya pola makan. Orang-orang menjadi lebih sering mengkonsumsi makanan rumah. Tapi bila kangen suasana makan di luar, bisa mengunjungi kafe dan restoran favorit. Untuk menjaga diri, bawalahbotol minum dan peralatan makan pribadi.

Tetap rutin berolahraga

Selain poin-poin tersebut, terdapat aspek lain yang harus dijaga saat fase new normal, yakni berolahraga setiap hari di rumah sebelum dan/atau sesudah melakukan rutinitas harian.

Ada banyak tutorial olahraga dan peregangan yang bisa diakses secara gratis. Salah satunya dengan mengunjungi Jr. NBA at Home untuk panduan olahraga dan latihan basket yang dapat dilakukan di rumah dan pada ruang yang terbatas.

Jr. NBA at Home menyediakan serangkaian video latihan yang dilakukan oleh para pemain NBA seperti Jewell Loyd, juara WNBA 2018 yang telah terpilih dalam WNBA All-Star Games sebanyak dua kali, Jaren Jackson dari Memphis Grizzlies, Larry Nance dari Cleveland Cavaliers, hingga legenda NBA Muggsy Bogues.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 08:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Gula Darah

Sobat Sehat Merapat! Yuk, Ketahui Apa Saja Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah.
Bola Sarden. Olahan Ikan. | Contoh Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah. Foto: YouTube/MamaSuka Indonesia
Life19 April 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

Yuk Lakukan Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah Ini!
Ilustrasi. Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang