Menu

27 Mei 2020, 07:00 WIB

Epidemiolog Ragu Protokol Covid-19 di Kantor Bakal Dipatuhi

Ilustrasi fasilitas kantor | Sumber Foto:pixabay.com

SUKABUMIUPDATE.com - Epidemiolog Pandu Riono meragukan protokol Covid-19 di kantor yang dibuat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bakal dipatuhi.

Dilansir dari tempo.co, ia berpatokan pada rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat dalam penerapan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

“Sekarang aja enggak dipatuhi, apalagi nanti,” kata dia saat dihubungi Tempo hari in, Selasa, 26 Mei 2020.

Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia tersebut menganggap protokol Covid-19 di kantor yang dibuat Terawan kurang tegas karena tidak menyebutkan sanksi bagi pelanggarnya.

“Seharusnya ada sanksi, bagi individu atau pengelola gedung yang dianggap melanggar protokol tersebut."

Terawan telah meneken protokol Covid-19 di kantor untuk bersiap menghadapi kondisi new normal.

Terawan menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Kepmen Terawan tersebut itu salah satunya mengatur pembagian shift pekerja dan mewajibkan pekerja menggunakan masker sejak perjalanan dari atau pulang ke rumah, serta selama di tempat kerja.

Menurut Pandu, kepatuhan masyarakat dalam melakukan protokol kesehatan adalah kunci keberhasilan untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Bila protokol Covid-19 di kantor tak dipatuhi, ia khawatir kebijakan pemerintah membuka perkantoran di masa Covid-19 akan berujung bencana.

“Bisa terjadi gelombang kedua atau ketiga, perkantoran juga bisa jadi akan menjadi klaster-klaster baru,” ujar dia.

 

Sumber : tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane memuji kemampuan timnya menghadapi tekanan untuk mempertahankan keunggulan 2-1 mereka melalui gol-gol Ferland Mendy dan Karim Benzema di babak pertama saat bertandang...

SUKABUMIUPDATE.com - Polda Metro Jaya masih berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Prancis guna menindaklanjuti jenazah Francois Abello Camille alias Frans (65). Dilansir dari suara.com, kekinian jenazah tersangka kasus pemerkosaan terhadap...

SUKABUMIUPDATE.com -  Virus corona yang menjadi penyebab pandemi masih terus berkembang. Terbaru, para peneliti menyebut bahwa virus ini bisa menular melalui udara atau airborne. Sekarang bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)...

SUKABUMIUPDATE.com - Iyos Somantri membenarkan dirinya berkunjung ke DPP Partai Golkar pada Ahad, 12 Juli 2020 lalu. Hal itu disampaikan Iyos saat meresmikan Lembur Tohaga Lodaya di Desa Girijaya,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya