Menu

23 Mei 2020, 10:00 WIB

Lebaran saat Pandemi Corona, Perlukah Tetap Pakai Masker di Rumah?

Ucapan Selamat Idul Fitri. | Sumber Foto:Suara.com/Iqbal Asaputro

SUKABUMIUPDATE.com - Silaturahmi dari rumah ke rumah saat Hari Raya Idul Fitri menjadi tradisi banyak orang, khususnya masyarakat Indonesia. Melansir dari suara.com, namun nampaknya budaya itu akan berbeda pada tahun ini karena pandemi corona Covid-19.

Sebab dengan adanya pandemi ini membuat pemerintah menerapkan aturan jaga jarak hingga larangan beribadah di masjid untuk sementara.

Maka dari itu, pemerintah menganjurkan tidak bersilaturahmi secara fisik terlebih dahulu di hari Lebaran. Diharapkan silaturahmi dilakukan lewat media sosial dahulu.

Namun karena tradisi silaturahmi sudah lekat dengan Lebaran, mungkin akan masih ada masyarakat yang melakukan silaturahmi dari rumah ke rumah. Jika demikian, saat silaturahmi warga harus tetap mematuhi  protokol kesehatan.

Protokol kesehatan tersebut antara lain tetap jaga fisik, rajin cuci tangan dan jaga kebersihan serta mengenakan masker.

Lantas, perlukah tetap pakai masker di rumah ketika Lebaran?

Secara keseluruhan, lebih sering menggunakan masker adalah hal yang baik, menurut para dokter, dilansir dari Health.

"Mengenakan masker membantu mencegah tetesan pernapasan menyebar sejauh mungkin dibanding tanpa masker," kata Lisa M. Lee, PhD , seorang ahli kesehatan masyarakat yang berspesialisasi dalam infeksi epidemiologi penyakit dan etika kesehatan masyarakat di Virginia Tech.

Sehingga meski di rumah saja saat Hari Raya Idul Fitri, ada baiknya untuk tetap memakai masker. Terlebih jika sanak saudara maupun teman Anda berkunjung ke rumah untuk silaturahmi. Sebab kita tidak tahu apakah para tamu yang datang adalah pembawa virus atau tidak.

Selain itu, masker ini bekerja paling efektif ketika semua orang memakainya.

"Kecuali jika Anda tidak dapat menerapkan jarak fisik dan memiliki banyak teman serumah yang pergi dan datang sepanjang waktu. Dalam skenario itu, Anda semua harus memakai masker," kata Suzanne Willard , PhD, associate dekan untuk kesehatan global, dikutip dari Health.

Itu artinya, dengan memakai masker, Anda melindungi orang lain yang berkunjung untuk silaturahmi begitupun sebaliknya.

Jadi, meskipun pakai masker di rumah saat Lebaran tampaknya merupakan pilihan pribadi, keputusan tersebut adalah langkah yang dapat diambil untuk upaya preventif keluarga terkait Covid-19.

 

Sumber : suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu, 27 Mei 2020, mengumumkan pembentukan sebuah yayasan yang akan menjadi sumber pendanaan baru, di mana uang yang terkumpul di yayasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif pada perusahaan media sosial pada hari Kamis setelah Trump mengancam akan menutup situs web yang dituduhnya membungkam suara-suara konservatif. Dilansir...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah DKI Jakarta mensyaratkan mereka yang hendak masuk dan keluar wilayah Ibu Kota memiliki Surat Izin Keluar Masuk selama pandemi Covid-19. Dilansir dari tempo.co, jika tidak mengantongi...

SUKABUMIUPDATE.com - Lima mahasiswa terdakwa kasus meninggalnya Ipda Erwin dan terbakarnya tiga anggota Polres Cianjur dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh diputuskan bersalah. Terdakwa utama dijatuhi hukuman 12...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya