Penjelasan Ilmiah tentang Gosip, Mengapa Semua Orang Melakukannya?

Rabu 13 Mei 2020, 17:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bergosip, kegiatan yang cukup sering dilakukan sebagian besar orang di seluruh dunia. Bahkan, beberapa orang mengatakan bergosip itu menyenangkan.

Melansir dari suara.com, terkait hal ini, ilmuwan sosial telah menemukan setiap orang dirancang untuk memperhatikan gosip, dan berpartisipasi di dalamnya. Faktanya, ini adalah adaptasi evolusi, sudah menjadi sifat manusia untuk 'menumpahkan' informasi.

Frank McAndrew, seorang profesor psikologi di Knox College di Galesburg, Illinois, mengatakan untuk berkembang di zaman manusia gua, kita harus tahu apa yang terjadi dengan orang-orang di sekitar kita.

"Siapa yang tidur dengan siapa? Siapa yang memiliki kekuatan? Siapa yang memiliki akses ke sumber daya? Dan jika Anda tidak pandai dalam hal itu, Anda tidak terlalu sukses," katanya, dikutip CNN Internasional.

Gosip umumnya berkonotasi negatif, terutama ketika membicarakan tentang rumor yang menyakitkan, dan hak privasi orang lain.

Namun dalam kehidupan sehari-hari, kata para peneliti, obrolan kita tentang orang lain cenderung relatif membosankan dan netral dan memiliki alasan 'unik' tersendiri.

Rata-rata orang bergosip

Sebagian besar peneliti mendefinisikan gosip sebagai pembicaraan tentang seseorang yang tidak hadir dan berbagi informasi yang tidak banyak diketahui.

Menurut analisis oleh para peneliti di University of California Riverside, rata-rata orang menghabiskan 52 menit setiap hari untuk bergosip.

Namun, mayoritas gosip tidak berbahaya. Sekitar 15

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Entertainment22 Agustus 2024, 14:30 WIB

Kepolisian Yongsan Membantah Suga BTS Diperiksa Hari Ini Atas Kasus DUI

Kepolisian Yongsan membantah kabar bahwa Suga BTS akan diperiksa hari ini, Kamis (22/8/2024) atas kasus dugaan mengemudikan skuter listrik dalam keadaan mabuk.
Kepolisian Yongsan Membantah Suga BTS Diperiksa Hari Ini Atas Kasus DUI (Sumber : Instagram/@agustd)
Keuangan22 Agustus 2024, 14:00 WIB

8 Cara Menabung untuk Membeli Rumah dengan Gaji 3 Juta

Menabung untuk membeli rumah dengan gaji 3 juta per bulan mungkin tampak sulit, namun hal ini tetap bisa dilakukan dengan perencanaan yang matang dan disiplin keuangan.
Ilustrasi - Menabung untuk membeli rumah dengan gaji 3 juta per bulan mungkin tampak sulit, namun hal ini tetap bisa dilakukan dengan perencanaan yang matang dan disiplin keuangan. (Sumber : Freepik.com).
Nasional22 Agustus 2024, 13:54 WIB

Hanya PDIP yang Menolak, Ini Alasan DPR Pilih Putusan MA Ketimbang MK Soal UU Pilkada

Putusan MA lebih jelas dan rinci dibandingkan putusan MK.
(Foto Ilustrasi) Fraksi PDIP menjadi satu-satunya yang menolak hasil pembahasan RUU Pilkada. | Foto: Istimewa
Musik22 Agustus 2024, 13:30 WIB

Datang Lagi Hari Sabtu Nanti, Daftar Lagu The Boyz di Konser ZENERATION II

The Boyz akan datang lagi menyapa penggemar di Indonesia melalui konser World Tour: ZENERATION II yang akan digelar pada Sabtu, 24 Agustus 2024, di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.
Datang Lagi Hari Sabtu Nanti, Daftar Lagu The Boyz di Konser ZENERATION II (Sumber : X/@IST_THEBOYZ)
Sukabumi Memilih22 Agustus 2024, 13:17 WIB

Charly Van Houten Gagal Jadi Cawabup Sukabumi? SK Pilkada PKB untuk Asjap-Andreas

Zainul berharap SK ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk memenangkan pasangan Asep Japar dan Andreas dalam Pilkada Sukabumi.
Pasangan yang juga diusung Partai Golkar ini, resmi surat rekomendasi dari PKB melalui Sekretaris Desk Pilkada DPP PKB, Zainul Munasihin. (Sumber: dok PKB)
Food & Travel22 Agustus 2024, 13:15 WIB

3 Pantai Hidden Gems dalam Satu Kawasan Dekat Ujunggenteng Sukabumi

Ujunggenteng Sukabumi memang menyimpan banyak sekali pesona pantai yang belum banyak terjamah, alias hidden gems.
Ujunggenteng Sukabumi memang menyimpan banyak sekali pesona pantai yang belum banyak terjamah, alias hidden gems. (Sumber : Instagram/@rimasilvyni/@asepbebek).
Life22 Agustus 2024, 13:00 WIB

Punten, Kunaon? Ini 63 Kosakata Bahasa Sunda Sehari-hari dan Artinya

Wawasan Kosakata Bahasa Sunda Sehari-hari dan Artinya. Bahasa Sunda bukan hanya sarana komunikasi, tetapi juga bagian penting dari identitas budaya dan warisan masyarakat Sunda.
Ilustrasi. Keluarga. Punten, Kunaon? Ini Contoh Kosakata Bahasa Sunda Sehari-hari dan Artinya (Sumber : Pexels/NasirunKhan)
Science22 Agustus 2024, 12:44 WIB

Prodi Teknik Informatika Nusa Putra Sukses Raih Akreditasi Unggul LAM INFOKOM

LAM INFOKOM adalah lembaga yang bertugas melakukan penilaian dan akreditasi program studi di bidang informatika dan komputer di Indonesia.
Akreditasi ini berdasarkan Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM) nomor 114/SK/LAM-INFOKOM/Ak/S/VIII/2024 pada 09 Agustus 2024. (Sumber: dok nusa putra)
Entertainment22 Agustus 2024, 12:30 WIB

El Rumi dan Syifa Hadju Sudah Berani Go Public, Netizen: Dunia Milik Mereka

El Rumi dan Syifa Hadju mulai berani menunjukkan kemesraan mereka sebagai pasangan kekasih di hadapan publik dengan membagikan momen menghabiskan waktu bersama.
El Rumi dan Syifa Hadju Sudah Berani Go Public, Netizen: Dunia Milik Mereka (Sumber : Instagram/@elelrumi)
Entertainment22 Agustus 2024, 12:19 WIB

5 Kali Lebih Dianiaya? Selebgram Cut Intan Nabila Bongkar Video KDRT Armor Toreador

Video CCTV terbaru menunjukkan bagaimana Armor Toreador melakukan penganiayaan kepada Cut Intan Nabila di depan anak mereka.
Selebgram Cut Intan Nabila Unggah Video KDRT yang Dilakukan Armor Toreador (Sumber : Instagram/@cut.intannabila)