Pentingnya Diet Seimbang dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Rabu 06 Mei 2020, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Diet seimbang penting karena organ dan jaringan membutuhkan nutrisi yang tepat untuk bekerja secara efektif. Dilansir dari tempo.co, tubuh menggunakan kalori dari makanan untuk beraktivitas, seperti berjalan, berpikir, bernapas, dan fungsi penting lain.

Diet seimbang memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik dan mendapatkan nutrisi yang tepat. Anda harus mengonsumsi sebagian besar kalori harian dari berbagai makanan, antara lain buah segar, sayuran segar, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Tanpa nutrisi yang baik, tubuh lebih rentan terhadap penyakit, misalnya infeksi, kelelahan, dan kinerja yang buruk. Anak-anak dengan pola makan yang buruk menghadapi risiko pertumbuhan dan masalah perkembangan dan kinerja akademis yang buruk, dan pola makan yang buruk dapat bertahan selama sisa hidup mereka.

Laman Healthline mencatat rata-rata orang memerlukan sekitar 2.000 kalori setiap hari untuk mempertahankan berat badan. Namun, asupan kalori harian spesifik seseorang dapat bervariasi, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik.

Pria umumnya membutuhkan lebih banyak kalori daripada wanita dan orang yang berolahraga membutuhkan lebih banyak kalori daripada yang tidak.

Lalu bagaimana caranya mencapai diet seimbang?

Inti dari diet seimbang asupan makanan yang rendah lemak dan gula yang tidak perlu serta tinggi vitamin, mineral, dan nutrisi lain. Berikut daftar makanan yang menjadi bagian penting dari diet seimbang.

Buah-buahan

Selain menjadi sumber nutrisi yang baik, buah-buahan juga bisa menjadi makanan ringan yang enak. Pilih buah-buahan yang sedang musim. Mereka lebih segar dan memberikan nutrisi terbanyak. Buah-buahan tinggi gula tetapi alami, jadi buah masih bisa menjadi pilihan yang lebih baik daripada makanan lain dengan tambahan gula. Jika memiliki kondisi seperti diabetes, Anda mungkin bisa memilih buah-buahan rendah gula.

Sementara itu, orang yang perlu memperhatikan asupan karbohidratnya, bisa memilih buah-buahan seperti melon dan alpukat

Sayuran

Sayuran sumber utama vitamin dan mineral esensial. Sayuran hijau gelap umumnya mengandung nutrisi paling banyak dan bisa dimakan setiap kali waktu makan. Mengonsumsi beragam sayuran akan membantu mendapatkan nutrisi berlimpah yang disediakan semua sayuran. Contoh sayuran berdaun gelap adalah bayam, kubis, kacang hijau, brokoli, sawi.

Biji-bijian

Biji-bijian utuh digunakan seluruh tubuh termasuk lambung. Makanan ini memberikan lebih banyak nutrisi. Cobalah beralih dari roti putih dan pasta ke produk gandum utuh.

Protein

Daging dan kacang-kacangan sumber protein utama, nutrisi yang penting untuk perkembangan otot dan otak. Daging tanpa lemak, rendah lemak seperti ayam, ikan, dan potongan daging sapi tertentu adalah pilihan terbaik. Buang kulit dan lemak yang terlihat adalah cara mudah untuk mengurangi jumlah lemak dan kolesterol dalam daging. Kesehatan dan diet makanan hewani ini penting dan mempengaruhi profil asam lemak daging sehingga pilihan yang diberi makan rumput sangat ideal.

Kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik dan mengandung banyak manfaat kesehatan lain, serta serat dan nutrisi lainnya. Ada beragam kacang yang bisa dicoba, antara lain kacang polong, almond, biji bunga matahari, kenari, tahu, tempe, dan produk berbasis kedelai lain adalah sumber protein yang sangat baik dan merupakan alternatif yang sehat untuk daging.

Susu

Produk susu mengandung kalsium, vitamin D, dan nutrisi penting lain. Namun, makanan ini juga sumber lemak utama, jadi mungkin yang terbaik adalah memilih keju, susu, dan yogurt tanpa lemak. Susu nabati, seperti yang terbuat dari biji rami, almond, atau kedelai, biasanya diperkaya dengan kalsium dan nutrisi lain, menjadikannya alternatif yang sangat baik untuk susu sapi.

Minyak

Minyak harus digunakan dengan hemat. Pilih versi produk rendah lemak dan rendah gula yang mengandung minyak, seperti salad dressing dan mayones. Minyak yang baik, seperti minyak zaitun, dapat menggantikan minyak nabati yang berlemak. Hindari makanan yang digoreng karena mengandung banyak kalori kosong.

Selain menambahkan makanan tertentu ke dalam pola makan, Anda juga harus mengurangi konsumsi zat-zat tertentu untuk mempertahankan diet seimbang dan berat badan yang sehat, termasuk alkohol, biji-bijian olahan, lemak padat, lemak jenuh, lemak trans, garam, serta gula berlebih.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels