Tempat Kerja Terbaik di Rumah selama WFH, Meja Makan atau Sofa?

Rabu 15 April 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika bekerja di kantor, Anda dapat duduk di meja kerja. Namun ketika bekerja dari rumah atau work from home (WFH), opsi Anda sangat banyak. Anda bisa bekerja  di meja makan, sofa, teras, tempat tidur, lantai, bahkan kamar mandi.  

Melansir dari tempo.co, tetapi tentu tak semua tempat itu baik untuk postur tubuh Anda. "Ketika bekerja dari rumah, penting untuk diingat untuk tetap dalam posisi ergonomis yang tepat untuk menghindari masalah muskuloskeletal," kata Jaclyn Fulop, pendiri Exchange Physical Therapy Group, seperti dikutip laman Well + Good, Senin, 13 April 2020.

Menurut direktur program Stretch*d Jeff Brannigan, penting juga untuk bergerak secara teratur. Jadi posisi yang terbaik sebenarnya adalah bergantian antara duduk dan berdiri saat Anda bekerja.

Kedua profesional itu membagikan kelebihan dan kekurangan beberapa tempat yang jadi pilihan Anda untuk bekerja dari rumah. Simak yang terbaik hingga yang terburuk.

1. Meja makan

Walaupun kursi dan meja makan Anda mungkin tidak senyaman kursi ergonomis di kantor, kemungkinan kursi itu yang paling baik untuk Anda. Duduk di kursi bersandaran lurus dengan kedua kaki di tanah adalah hal terbaik untuk postur tubuh Anda, selama meja atau kursi Anda berada pada ketinggian yang tepat. Jika Anda merasa meja terlalu rendah saat mengetik, menempatkan buku, atau kotak di bawah laptop Anda dapat membantu.

2. Bangku tanpa sandaran

Jika kursi dan meja biasa tidak ada, kursi bar tanpa punggung adalah hal terbaik berikutnya. 

"Kursi tanpa punggung memungkinkan inti tetap aktif," kata Fulop. "Namun, duduk dalam posisi ini terlalu lama dapat menyebabkan 'kurva S' sehat yang ideal dari tulang belakang Anda menjadi kurva C, di mana tubuh Anda bisa membungkuk ke depan."

Pastikan untuk berpikir tentang melibatkan inti tubuh, tulang belakang dan bahu lurus, dan menjaga pinggul Anda pada sudut 90 derajat untuk menghindari rasa sakit.

3. Lantai

"Masalah utama saat bekerja sambil duduk di lantai adalah hampir tidak mungkin dengan postur yang benar," kata Brannigan. "Jika Anda menggunakan laptop atau komputer di pangkuan Anda, kepala Anda jatuh ke depan dan punggung membulat saat dada dan bahu mengalah." 

Jika Anda ingin duduk di lantai, lakukan di depan meja kopi (atau meja rendah) sehingga Anda dapat menopang laptop Anda pada ketinggian yang lebih tepat.

4. Sofa

Bekerja di sofa berjam-jam, terutama jika Anda duduk dengan laptop di pangkuan Anda, adalah salah satu cara terburuk. "Membungkuk di sofa membuat ketegangan otot ketika Anda bekerja untuk waktu yang lama," kata Brannigan.

5. Tempat tidur

Salah satu kunci bekerja dari rumah adalah bangun dari tempat tidur. "Tempat tidur Anda mungkin nyaman tetapi tidak kondusif untuk duduk dengan postur yang tepat dan menghindari ketegangan otot," kata Brannigan. Tahan keinginan untuk rebahan, jadikan tempat tidur Anda hanya untuk tidur, bukan bekerja.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 April 2024, 19:00 WIB

Ajak Bicara dengan Perasaan, 9 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung.
Ilustrasi. Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung. (Sumber : pixabay.com/@AnnieSpratt)
Sukabumi19 April 2024, 18:20 WIB

Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi, Sosok Kayla di Mata Keluarga

Kayla Nur Syifa siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka dimakamkan di TPU Cimuhara Gunungguruh Sukabumi.
Jenazah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi dimakamkan. (Sumber : SU/Asep Awaludin)