Menu

29 Mar 2020, 02:00 WIB

Ada yang Isolasi Mandiri, Keluarga Harus Pahami 3 Hal Ini

Ilustrasi penggunaan masker, sebagai salah satu upaya penyebaran virus.

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak semua pasien positif virus corona harus tinggal di rumah sakit. Dilansir dari tempo.co, mereka yang tidak memiliki gejala dan layaknya orang sehat bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

Meski demikian, anggota keluarga lain wajib mengetahui beberapa hal saat ada yang diisolasi di rumah. Tujuannya tentu agar mereka juga tetap sehat dan tidak tertular dari anggota keluarga yang positif itu.

Epidemiolog Tifauzia Tyassuma mengatakan bahwa hal pertama yang harus dipersiapkan adalah kamar tidur, kamar mandi, dan peralatan makan khusus bagi pasien dalam pengawasan (PDP) sebab, mukosa atau selaput lendir bisa menempel pada ketiga hal tersebut.

“Virus corona ini menular lewat droplet mukosa atau percikan lendir pasien positif. Saat tidur, buang air, dan makan dengan peralatan yang sama, mukosa bisa tertinggal. Sebagai antisipasi, semuanya harus dipisahkan,” katanya saat dihubungi pada Jumat, 27 Maret 2020.

Direktur Eksekutif dari Clinical Epidemiology dan Evidence Based Medicine FKUI-RSCM itu juga mengimbau agar keluarga menyediakan masker bagi pasien.

“Ini tidak harus digunakan 24 jam. Hanya saat dia akan keluar dari kamar dan berinteraksi dengan anggota keluarga lain supaya percikan air liur bisa ditahan oleh masker,” ungkapnya.

Mengambilkan barang yang dibutuhkan pasien isolasi mandiri daripada mereka memegangnya langsung juga disarankan wanita yang akrab disapa Tifa itu.

“Jadi kita yang membantu pasien kalau butuh sesuatu. Jangan mereka mandiri ambil sendiri karena berisiko tangannya menyalurkan virus ke benda-benda di rumah,” jelasnya.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari suara.com, pandemi virus corona memang tidak hanya membuat orang terinfeksi Covid-19. Tapi juga membuat pasien penyakit lainnya mestir menunda pengobatannya. Selama lebih dari dua bulan sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Selama lebih dari dua bulan di rumah saja, setiap orang tentu mengalami perubahan dari segi kegiatan. Dilansir dari tempo.co, beberapa di antaranya mungkin melakukan dengan berlebihan, namun...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Cianjur tercatat dalam daftar 15 kota/kabupaten di Jawa Barat yang termasuk level 2 atau zona biru pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar...

SUKABUMIUPDATE.com - Masjid Al-Aqsa akan dibuka kembali pada Minggu (31/5) mendatang setelah ditutup selama dua bulan untuk menekan sebaran virus corona. "Semua pintu (kompleks) Masjid Al Aqsa akan dibuka saat...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya