Menu

24 Mar 2020, 08:00 WIB

Amankah Berenang Saat Wabah Corona? Ini Panduan WHO

Ilustrasi kolam renang. | Sumber Foto:Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Selama masa dibatasinya aktivitas sosial (social distancing) untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19, banyak orang yang ingin melakukan kegiatan yang sehat, salah satunya berenang. Dilansir dari tempo.co, namun amankah berenang saat wabah corona?

Mengutip laman Runners World, baru-baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan tingkat klorinasi 15mg per liter di dalam kolam renang untuk membunuh virus, seperti virus polio, rotavirus dan coxsackie, serta virus yang terselubung seperti COVID-19. Klorinasi adalah proses pemberian klorin (Cl2) atau hipoklorit ke dalam air yang telah menjalani proses filtrasi.

Metode itu memang digunakan untuk membunuh bakteri dan mikroba tertentu di air karena klorin sangat beracun. Meskipun tergolong aman, WHO juga menyarankan, siapapun diharuskan membersihkan diri sebelum dan sesudah berenang.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan bahwa per Jumat, 20 Maret 2020 semua pusat rekreasi dan pusat kebugaran harus ditutup dalam upaya untuk menghentikan virus corona. Langkah itu diberlakukan termasuk menghindari pertemuan besar di tempat-tempat umum, dan pertemuan dengan keluarga dan teman.

Keputusan Johnson meluas ke aktivitas gym dan kolam renang juga, sehingga para perenang diharuskan menghindari kolam untuk saat ini, meskipun air aman dari virus. Pekan lalu, Pool Water Treatment and Advisory Group (PWTAG) juga mengaku telah berkonsultasi dengan bidang Kesehatan Masyarakat Inggris mengenai itu.

"Kami telah memeriksa dengan petunjuk nasional kami yang mengkonfirmasi bahwa virus corona bisa dimusnahkan dengan tingkat klorin tertentu yang digunakan di kolam renang," bunyi PWTAG dalam keterangannya. "Namun, pengunjung diingatkan untuk mandi sebelum menggunakan dan saat meninggalkan kolam renang."

 

Sumber : tempo.co

 

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, memastikan dana hibah sebesar Rp 3,3 triliun untuk pemulihan ekonomi wisata sudah mulai tersalur ke 101 kota dan kabupaten di seluruh...

SUKABUMIUPDATE.com - Satpol PP Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi mendatangi lokasi pengerjaan pembangunan salah satu minimarket di Kampung Simpang RT 03/08 Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. "Tadi Pak Camat mengutus...

SUKABUMIUPDATE.com - Polda Metro Jaya memisahkan ruang tahanan bagi remaja atau anak di bawah umur yang ditangkap karena terlibat kerusuhan dan provokasi demo Omnibus Law UU Cipta Kerja.  Kabid Humas...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Sulawesi Tenggara dalam rangka kunjungan kerja untuk meresmikan pabrik gula hingga Jembatan Teluk Kendari, Kamis (22/10/2020). Dilansir dari Suara.com, kunjungan itu bersamaan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya