Terpaksa Kerja di Kantor, Lakukan Hal Ini buat Cegah Virus Corona

Selasa 17 Maret 2020, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tak semua orang mendapat jatah kerja di rumah selama wabah virus corona. Melansir dari tempo.co, buat yang harus ke kantor di tengah pandemi COVID-19, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk tetap menjaga keberishan diri hingga menjaga jarak aman dengan orang yang menunjukkan gejala.

Di perjalanan

Terapkan kebersihan tangan sesering mungkin, terutama setelah berkontak dengan sekresi pernapasan, termasuk tetesan air dari bersin atau batuk. Jika bepergian menggunakan kendaraan umum, ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona, Amerika Serikat, Charles Gerba, mengingatkan mencuci tangan setelah turun dari kendaraan umum untuk memastikan kuman dan virus corona enyah.

Cucilah tangan menggunakan air dan sabun atau pembersih tangan berbasis alkohol. Ingatlah, pembersih tangan disarankan jika tak ada kotoran terlihat di tangan. Cara ini menurut Gerba lebih efektif daripada mengenakan sarung tangan karet sepanjang perjalanan. Jangan lupa menutup hidung dan mulut menggunakan bagian dalam sikut atau tisu saat batuk atau bersin. Buang segera tisu setelah pakai.

Usahakan sebisa mungkin tidak menyentuh area wajah, termasuk hidung, mata, dan mulut. Masker bedah tidak dibutuhkan jika tak menunjukkan gejala COVID-19. Tidak ada bukti masker bisa melindungi orang sehat dari paparan.

Sebaiknya, hindari kerumuman, misalnya di jam-jam tertentu saat kendaraan umum biasanya dipadati orang. Berada di kerumuman bisa meningkatkan risiko tertular kuman, terutama yang ditransmisikan dari batuk dan bersin.

WHO menyarankan sebaiknya menjaga jarak setidaknya satu meter dari orang yang menunjukkan gejala atau setidaknya batuk dan bersin. Sebisa mungkin hindari menyentuh ponsel selama di perjalanan karena benda ini bisa menjadi tempat subur untuk kuman. Jari-jari kotor sudah menyentuh tiang atau pegangan di kendaraan umum lalu menyentuh layar ponsel dan pipi.

Sampai di tujuan

Anda bisa membersihkan layar ponsel setelah sampai di kantor, rumah, atau tujuan perjalanan. Jika kantor tempat tujuan, pastikan membersihkan semua peralatan kantor, seperti papan ketik, tetikus, dan telepon kantor menggunakan disinfektan.

Ahli kesehatan menyarankan membiarkan permukaan benda tetap basah setidaknya 3-5 menit sebelum dikeringkan menggunakan tisu. Jangan lupa cuci tangan setelah makan, memegang pegangan pintu, atau sekedar menyentuh hidung.

Saat bertemu rekan-rekan, sebaiknya hindari dulu berjabat tangan atau bentuk kontak fisik lain. Virus bisa menyebar melalui tangan. Sebaiknya sapa kolega dengan anggukan atau cara lain yang tidak memerlukan kontak fisik.

Pastikan tisu tersedia di kantor, terutama untuk yang batuk atau pilek. Saat harus menghadiri rapat atau pertemuan, pastikan semua orang paham untuk tidak melakukan kontak fisik saat menyapa. Sebaiknya, anjurkan semua anggota rapat mencuci tangan secara teratur, menutupi wajah dengan menekuk siku atau tisu jika batuk atau bersin.

Jangan lupa, sediakan tempat sampah tertutup untuk membuang tisu bekas bersin atau batuk. Taruhlah botol berbasis alkohol untuk membersihkan tangan di sekitar. Jika ada ruang, atur tempat duduk sehingga peserta setidaknya berjarak satu meter. Jika memungkinkan, buka jendela dan pintu untuk memastikan tempat tersebut berventilasi baik.

 

Sumber : tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI
Life29 Maret 2024, 13:30 WIB

5 Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan

Artikel ini akan membahas tentang alasan-alasan di balik kesulitan meninggalkan kebiasaan buruk serta beberapa tips yang dapat membantu kita memotivasi diri untuk melakukan perubahan positif.
Ilustrasi. Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan. Sumber: pixabay.com
Life29 Maret 2024, 13:15 WIB

30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa

Berikut ini uacapan selamat hari Jumat agung dan paskah untuk dibagikan kepada orang-orang tercinta
30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa (Sumber : Freepik/freepik)
Sehat29 Maret 2024, 13:00 WIB

10 Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh

Yuk Lakukan Sederet Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh Berikut!
Ilustrasi. Olahraga. Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh | Foto : Pexels.com/@pixabay
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa
Life29 Maret 2024, 11:11 WIB

6 Etika Ngobrol yang Membuat Anda Disenangi Banyak Orang, Ini Caranya

Terdapat beberapa sikap yang membuat seseorang disenangi banyak orang. Karena itu penting diketahui agar menjadi solusi kehidupan yang bermakna
Ilustrasi - Ada beberapa etika yang perlu diperhatikan saat ngobrol dengan orang lain terutama yang baru dikenal (Sumber : Pexels/Thirdman)