Saran Ahli Buat Orang Tua Menjelaskan Wabah Virus Corona kepada Anak-anak

Minggu 15 Maret 2020, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Informasi tentang penyebaran COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru, tidak dapat dihindari saat ini. Sampai artikel ini ditulis kasus positif virus corona di Indonesia mencapai 119 orang. Dilansir dari tempo.co, bagi para orang tua tentu memiliki kekhawatiran terhadap penyebaran virus pada anak-anak serta cara memberikan informasi tentang hal ini.

Orang dewasa dapat melakukan banyak hal untuk meminimalkan dampak gosip sekolah dan mencoba menenangkan ketakutan anak tentang virus corona - atau berita apa pun yang terasa menyeramkan, dalam hal ini. Melansir laman Good Housekeeping, beberapa psikolog dan pekerja sosial, membagikan kiat yang paling bermanfaat, tenang, dan produktif untuk melakukan  percakapan ini dengan anak-anak.

Bicara tentang hal itu: Melindungi anak-anak dari berita dapat membuat kecemasan mereka lebih buruk.

Ketika berita itu menakutkan, wajar saja untuk menjauhkan anak-anak darinya dan berharap berita itu dengan cepat menjadi berita lama tanpa menimbulkan kecemasan mereka. Tetapi ketika subjek menjadi sebesar wabah virus corona sering kali lebih baik mengatasinya secara langsung, sehingga Anda dapat memerangi informasi yang salah sebelum menyebar dan mengontrol jangka waktu percakapan.

Pada saat ini, mereka mungkin telah mendengar sesuatu tentang COVID-19, dan mereka mungkin memiliki pertanyaan dan ketakutan. "Dan jika mereka belum mendengar apa-apa tentang itu, kamu tidak akan menaruh sesuatu yang menakutkan di kepala mereka," kata Rebecca Schrag Hershberg, Ph.D., seorang psikolog klinis yang berbasis di New York, Amerika Serikat dan penulis The Tantrum Survival Guide. "Kamu akan memberi tahu mereka bahwa beberapa orang mendapatkan virus baru ini, jadi ini ekstra, sangat penting untuk mencuci tangan. Kamu tidak memberikan informasi yang menakutkan, dan jika sesuatu yang menakutkan telah diberikan, hal itu yang paling pertama diingat, karena Anda tidak dapat menempatkan tanggung jawab itu pada mereka. "

Tujuan utama percakapan Anda adalah menyampaikan pesan kepastian

Meskipun sangat penting untuk berbicara dengan anak-anak tentang berita yang mungkin membuat mereka sedih, Anda tidak harus membuatnya menjadi pembicaraan yang serius. Lebih baik jika Anda menggunakan nada santai dan informal - nada yang menunjukkan bahwa masalahnya sedang ditangani.

"Hal utama yang dapat diambil untuk anak-anak kita adalah bahwa ada begitu banyak dokter, ilmuwan, dan profesional kesehatan lainnya yang bekerja sangat keras untuk membantu mereka yang sakit dan melindungi mereka yang sehat," kata Debbie Zeichner, LCSW, seorang pelatih pengasuhan anak berbasis di San Diego, California. "Sangat penting untuk memberikan jaminan dan empati dengan apa pun ketakutan atau emosi yang mungkin mereka miliki."

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kecemasan pada Anak

Orang tua juga harus menyadari bahwa kecemasan anak-anak sering muncul secara tidak langsung, sehingga mereka mungkin menyembunyikan emosi ini bahkan jika mereka belum mengemukakan ketakutan spesifik terkait dengan virus corona. Anak-anak ini juga membutuhkan jaminan - pengingat bahwa Anda merawat diri sendiri dengan baik, Anda berusaha melindungi diri sendiri sebanyak mungkin dengan kebersihan yang baik.

Diskusikan sesuai usia anak

Anda paling mengenal anak-anak Anda, jadi terserah Anda untuk menyesuaikan tingkat informasi yang Anda berikan kepada anak Anda. Dan, tergantung pada usia anak-anak Anda, yang terbaik adalah mulai dengan menyelidiki apa yang sudah mereka ketahui. "Biasanya ide yang baik untuk memulai dengan mengajukan pertanyaan tentang apa yang dipahami anak Anda, sehingga Anda dapat menyesuaikan penjelasan Anda," kata Emily Edlynn, Ph.D.

Namun, sebagai aturan umum, ketika Anda berbicara tentang anak-anak prasekolah, tekankan pada cara mencuci tangan yang baik. "Anda mungkin berkata, 'Beberapa orang sedang sakit sekarang, jadi kita harus terus mencuci tangan dan membuat pilihan sehat kita!'" kata Katie Hurley, LSCW. 

Untuk anak usia sekolah dasar, kemungkinan besar mereka telah mendengar kata "virus corona" secara khusus. "Fakta dan strategi terbaik untuk kelompok usia ini," kata Hurley. "Anda mungkin berkata, 'Ini adalah virus yang tampaknya menyebar dengan cepat di antara orang-orang dan itu terjadi di negara-negara di seluruh dunia. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan mencuci tangan dan tinggal di rumah jika Anda merasa sakit.'" Sekali lagi, ada baiknya untuk meyakinkan mereka bahwa Anda melakukan segala daya Anda untuk menjaga mereka tetap aman dan sehat.

Untuk anak-anak yang lebih tua selain memastikan mereka memahami fakta tentang penyakit ini, penting juga untuk berbicara tentang fakta bahwa itu tidak lucu ketika orang sakit dan tidak membuat lelucon tentang itu. Anda juga dapat mendorong mereka untuk mengatakan , 'Itu tidak lucu,' jika mereka mendengar 'lelucon' di sekitar kampus. 

Sulit untuk tetap tenang, karena Anda mungkin juga memiliki kekhawatiran dan kecemasan Anda sendiri. Tetapi ada banyak hal yang Anda komunikasikan secara non-verbal bahkan sebelum Anda mengatakan apa-apa, dan anak-anak akan menyadarinya.  

Mempersiapkan diri untuk mencegah wabah virus corona

"Sikap kita sangat penting," kata Zeichner. "Jika kita cemas atau ambivalen, anak-anak kita dengan mudah memahami hal ini. Sering dikatakan bahwa emosi itu menular, yang disebabkan oleh kimia otak kita - terutama karena sistem saraf anak-anak kita memberi makan sistem saraf kita untuk informasi dan regulasi. Kita harus menjadi dan menyediakan tempat dan wadah yang aman untuk emosi mereka, daripada berkontribusi pada ketakutan mereka. Saya suka menyebutnya memiliki 'kepercayaan diri yang tenang.' "

Berhenti memarahi anak saat mereka menyentuh wajahnya

Ya, menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda membantu penyebaran kuman. Tetapi sekarang orang dewasa sudah tahu betapa sulitnya menghindari menyentuh wajah mereka sendiri. Bagi anak-anak, prestasi ini nyaris mustahil.

"Kita bisa melakukan yang terbaik untuk mendidik mereka tentang kuman, bagaimana kuman menyebar, dan bagaimana ketika kita menjaga tangan kita bersih dan jauh dari wajah kita, itu membantu kita tetap sehat," kata Zeichner. "Tapi tidak mungkin mengendalikan apa yang dilakukan anak-anak kita dengan tangan mereka dalam situasi ini." Jika Anda melihat anak Anda mengalami goresan hidung, Anda harus membiarkannya.

 

Sumber : tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional28 Maret 2024, 16:42 WIB

UU DKJ Disahkan: Pilgub Jakarta Dipilih Langsug, Bagaimana Wacana Sukabumi Masuk Aglomerasi?

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi undang-undang.
Monas, salah satu ikon DKI Jakarta | Foto : Ist
Sehat28 Maret 2024, 16:30 WIB

Mencegah Asam Lambung Naik: 7 Kebiasaan Ini Harus Anda Lakukan Jika Ingin Sembuh

Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life28 Maret 2024, 16:12 WIB

6 Cara Melatih Diri Agar Lebih Dewasa Secara Emosional, Terapkan Kebiasaan Ini!

Untuk menjadi lebih dewasa seseorang harus melakukan kebiasaan sehari-hari yang membantu proses tersebut. Yuk simak sederet cara agar lebih dewasa secara emosional berikut ini!
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto
Life28 Maret 2024, 16:00 WIB

Sikapnya Beda Bund! Kenali 10 Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder

Jika Ayah Bunda menduga bahwa anak mungkin mengalami Anxiety Disorder, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder, Sikapnya Beda. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi28 Maret 2024, 15:55 WIB

Apresiasi Pengesahan UU Desa, Apdesi Sukabumi Siap Kawal Pembentukan Regulasi Turunannya

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC Apdesi) Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPR dan Pemerintah.
Deden Deni Wahyudin, Ketua APDESI Kabupaten Sukabumi | Foto : dok.Sukabumi Update
Sehat28 Maret 2024, 15:39 WIB

Air Rebusan vs Air Galon untuk Minum Lebih Sehat Mana? Simak Penjelasannya!

Updaters harus mengetahui plus minus meminum air rebusan dan air galon agar tidak salah memilih untuk konsumsi rumah tangga.
Ilustrasi. Air minum. Perbedaan air rebusan dan air galon. Sumber foto : Pixabay/Pexels
Sehat28 Maret 2024, 15:30 WIB

5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah

Berikut ini berbagai infused water yang bisa membantu mengatasi serangan asam urat
Ilustrasi - 5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah (Sumber : Freepik/picoftasty)
Keuangan28 Maret 2024, 15:15 WIB

Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil?

Warganet ramai membahas pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dengan skema terbaru khususnya yang diterapkan pada bulan diterimanya THR 2024
Ilustrasi - Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil? (Sumber : Freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)
Sehat28 Maret 2024, 14:51 WIB

Kolang-kaling Bisa Bikin Awet Muda? Ini 7 Manfaat Caruluk untuk Kesehatan!

Kolang Kaling atau buah Atap, juga disebut Caruluk oleh orang Sunda Sukabumi. Caruluk seringkali memang dijadikan penganan manis, terutama saat bulan puasa. Padahal, Kolang Kaling penuh manfaat jika dikonsumsi sehari-hari hingga mencegah penuaan dini.
Manfaat buah Kolang Kaling untuk kesehatan tubuh. Sumber foto : YouTube / Galeri Rasa Channel