4 Hal yang Harus Dilakukan Jika Anda Cemas Tentang Virus Corona

Senin 02 Maret 2020, 14:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan resmi terkait kasus positif virus corona di Indonesia. Dilansir dari tempo.co, Jokowi menyebutkan dua orang warga negara Indonesia (WNI) ini tertular virus corona Covid-10 dari warga negara Jepang yang terinfeksi, yang bertandang ke Indonesia beberapa waktu lalu.

"Ibu dan putrinya, dua orang itu di indonesia. Sudah di rumah sakit. Si ibu usia 64 tahun dan anaknya umur 31 tahun," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 2 Maret 2020.

Sementara itu, Wali Kota Depok Mohamad Idris mengatakan, dua warganya yang positif terinfeksi virus corona masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta. “Ada dua yang positif orang tua dan anak, sementara dua orang ya," kata Idris dalam konferensi pers di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Senin 2 Maret 2020.

Idris pun mengakui, selain dua warganya yang positif ada sekitar 50-an orang lebih yang pernah kontak dengan pasien virus corona ini di Kota Depok. “Yang di atas 50-an orang ini yang kontak langsung dengan pasien, tapi belum terbukti (terpapar virus corona),” kata Idris. “Nanti apabila ada laporan dari puskesmas akan segera kami tindaklanjuti. 

Hal ini tentu membuat masyarakat Indonesia resah dengan penyebaran virus corona. Melansir laman Self, sebagian besar ilmuwan sampai pada kesimpulan bahwa secara global, kita perlu mulai mempersiapkan kemungkinan pandemi atau penularan virus skala besar yang akan terjadi di banyak wilayah di dunia. Sementara banyak dari persiapan itu tergantung pada pemerintah masing-masing dan berbagai pemimpin politik dan medis.

Berikut sejumlah hal yang dapat Anda lakukan sebagai langkah menjadi proaktif dan siap menghadapi virus corona

1. Cari informasi valid

Sangat penting untuk menggunakan sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan informasi terkait virus corona. Sudah ada banyak mitos yang tidak ilmiah dan tidak terbukti ditambah dengan orang-orang yang mencoba menjual hal-hal yang tidak akan benar-benar melindungi Anda dari virus corona ini, seperti suplemen vitamin, peralatan berbahaya, dan perawatan palsu.

CDC dan WHO saat ini menyediakan pembaruan harian tentang wabah tersebut untuk melaporkan kasus baru, negara baru yang terkena dampak, dan tindakan pencegahan keamanan baru untuk dilakukan saat direkomendasikan. Jika media sosial adalah preferensi Anda daripada situs web, CDC dan WHO juga memiliki Twitter. Juga, berhati-hatilah dengan apa yang Anda bagikan, dan cobalah untuk menghindari teori konspirasi

2. Buat perlengkapan darurat

Menjadi ide yang baik untuk memiliki peralatan darurat di rumah untuk menjaga kesehatan keluarga Anda. Idealnya, peralatan darurat untuk mempersiapkan diri Anda mengelola kemungkinan yang terjadi. CDC merekomendasikan perlengkapan daruat setidaknya untuk tiga hari. 

Selain makanan dan air, Anda juga perlu menyiapkan senter, obat-obatan, makanan hewan jika Anda memiliki hewan perliharaan, pengisi daya ekstra untuk ponsel, radio baterai, Anda juga perlu menyimpan uang tunai jika tidak dapat mengakses ATM.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada jenis masker wajah yang perlu menjadi bagian dari peralatan darurat Anda. CDC dan WHO sama-sama tidak menyarankan bahwa orang sehat memakai masker wajah untuk mencegah virus corona. Rekomendasi saat ini adalah menggunakan masker hanya jika Anda merawat seseorang yang memiliki atau diduga baru terinfeksi virus corona atau jika Anda sendiri yang mengalaminya

Bahkan masker N95, yang dapat memblokir partikel yang jauh lebih kecil daripada masker wajah biasa, tidak direkomendasikan untuk orang sehat yang tidak dalam situasi ini. Masker N95 lebih tepat disebut respirator untuk membedakannya dari yang lebih longgar, masker bedah yang kurang protektif, dan sering digunakan oleh petugas kesehatan.

3. Cek ulang rencana Anda

Jika Anda memiliki rencana rapat atau pekerjaan di luar kota, disarankan untuk mengecek rencana atau jadwal Anda. Jika tidak memungkinkan semua rencana bisa ditunda atau Anda bisa mengatasinya dengan rapat jarak jauh.

Begitu pun dengan informasi dari pihak sekolah jika Anda memiliki Anak, bagaimana sekolah turut mencegahnya. Apakah Anda memiliki kerabat muda atau lanjut usia yang mungkin membutuhkan bantuan jika terjadi epidemi? Bagaimana dengan kerabat di panti jompo atau pusat perawatan jenis lain yang mungkin tutup atau kekurangan karyawan.

Meskipun kita semua berharap untuk melewati ini dengan sedikit gangguan terhadap kehidupan kita sehari-hari, lebih baik untuk mengetahui rencana apa yang sudah ada sebelum hal tidak tidak diinginkan terjadi.

4. Menjaga kebersihan

Tindakan yang membantu melindungi Anda dari influenza musiman juga dapat membantu melindungi terhadap virus corona baru adalah menjaga kebersihan dengan cara:

1. Cuci tangan Anda secara teratur

2. Cobalah untuk tidak menyentuh wajah dan mata Anda

3. Tutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu setiap kali Anda batuk atau bersin (Lalu cuci tanganmu)

4. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit jika memungkinkan

5. Tetap tinggal di rumah jika Anda sakit

6. Sediakan juga disinfektan

Meskipun berbagai kemanjuran disinfektan terhadap virus corona ini belum terbukti secara eksperimental, Environmental Protection Agency atau EPA memiliki pedoman ketika perusahaan disinfektan dapat menyarankan bahwa produk mereka mungkin efektif terhadap patogen virus yang muncul. 

Langkah persiapan di atas dapat menjadi cara untuk mengatasi kecemasan akan penyebaran virus corona baru, dan dapat menjaga Anda dan keluarga Anda dengan baik. 

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo