5 Cara Hapus Tato Paling Aman, Tidak Hanya Laser

Rabu 05 Februari 2020, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tato adalah suatu bentuk komitmen seumur hidup. Walau begitu, tidak jarang pula pemilik tato merasa menyesal dengan pembuatan tato itu dan ingin menghilangkannya. 

Mengutip dari tempo.co, tentu saja ada banyak alasan yang menjadi latar belakang. Misalnya seperti larangan dari orang tua, atau karena pemilik tato tidak laku menyukai desain itu. Untungnya, ada berbagai prosedur medis yang bisa menghapus tato permanen dengan aman dan minim rasa sakit. Berikut 5 caranya:

1. Laser

Menghilangkan tato dengan laser dianggap sebagai cara yang paling aman dan efektif. Jenis laser yang biasanya digunakan adalah laser biasa maupun laser Q-switched. Pada prosedur laser, dokter akan memanaskan tinta di kulit Anda untuk melarutkannya. Dibutuhkan tindakan laser selama berkali-kali sampai tato Anda hilang sepenuhnya. Seringkali, laser tidak menghapus tato sama sekali, tetapi dapat membantu dalam memudarkan warnanya sehingga tidak terlalu terlihat.

Cara menghilangkan tato ini cocok untuk pemilik tato yang berkulit terang. Sementara untuk Anda yang berkulit gelap, dokter bisa menggunakan teknik laser Q-switched. Selain itu, laser juga bisa menjadi pilihan bagi mereka yang sudah lama memiliki tato. Pasalnya, tato baru sulit dihapus dengan prosedur ini.

2. Operasi bedah

Cara menghilangkan tato lainnya adalah dengan operasi bedah. Bentuk prosedur ini melibatkan pemotongan kulit yang bertato dan menjahit kembali kulit yang tersisa. Operasi bedah lebih murah dibanding tindakan medis lainnya. Meski demikian, prosedur ini akan meninggalkan bekas luka, jadi lebih cocok untuk tato berukuran kecil. Sebelum prosedur, dokter akan membius Anda sehingga Anda tidak merasakan sakit.

Biasanya, operasi bedah memerlukan waktu satu hingga beberapa jam, tergantung pada ukuran tato dan metode yang dilakukan oleh dokter bedah. Untuk masa pemulihan, seseorang bisa membutuhkan waktu hingga beberapa minggu.

3. Dermabrasi

Dermabrasi adalah metode menghilangkan tato yang juga terbilang aman. Durasi prosedur ini akan tergantung pada ukuran dan warna tato yang ingin Anda hapus. Secara umum, tato yang lebih besar dengan banyak warna butuh waktu pengerjaan yang lebih dari satu jam. Setelah prosedur selesai, area penghapusan tato mungkin akan terasa sakit selama beberapa hari. Pemulihan biasa membutuhkan waktu dua hingga tiga minggu. Anda juga disarankan untuk menghindari sinar matahari selama tiga sampai enam bulan, mengenakan tabir surya saat keluar rumah, dan merendam bagian tubuh tersebut dalam air.

4. Pembersih berbahan dasar minyak

Untuk tato temporer, Anda bisa menggunakan pembersih berbahan dasar minyak. Tahukah Anda bahwa baby oil, minyak kelapa, dan minyak zaitun tak hanya berguna untuk menghapus riasan dan membersihkan kulit? Bahan-bahan ini ternyata bisa menghapus tato temporer Anda! Cara menghilangkan tato temporer dengan pembersih berbahan dasar minyak adalah dengan mengoleskannya ke kulit yang memiliki tato. Gosok lembut dengan gerakan memutar sampai pigmen tato Anda mengelupas.

5. Body scrub

Anda pun bisa menghapus tato temporer Anda dengan body scrub. Krim dengan bintil-bintil kecil ini akan membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan kulit baru, sehingga dapat menghilangkan tato temporer. Jika tak punya body scrub di rumah, Anda bisa menggunakan garam Himalaya untuk menghapus tato temporer. Gosoklah secara lembut dengan gerakan memutar selama setidaknya 30 detik.

Bagi Anda yang hendak menghapus tato permanen maupun temporer, cara-cara menghilangkan tato di atas bisa Anda coba. Namun sebelum melakukannya, tetap konsultasikan dengan dokter kulit agar prosesnya bisa lebih aman.

Untuk cara menghilangkan tato permanen, Anda juga perlu mempertimbangkan kondisi finansial Anda sebelum menjalaninya. Pasalnya, prosedur medis untuk menghapus tato umumnya tidak murah.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)