Unggah Aktivitas Anak di Media Sosial, Anda Melanggar Privasinya

Rabu 05 Februari 2020, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mudahnya orang membagikan informasi di media sosial membuat tidak ada lagi batasan privasi di dunia maya. Bukan hanya usia dewasa, anak-anak juga. Apalagi, saat ini banyak orang tua yang sering mengunggah aktivitas harian anak di akun media sosial, bahkan sengaja membuat akun atas nama anaknya itu, atau disebut sebagai sharenting.

Hal ini tentu membuat privasi anak hilang. Banyak orang tua yang bersalah mengunggah sesuatu tentang anak secara online. Tetapi apakah kita berhenti untuk mempertimbangkan bagaimana perasaan anak-anak tentang apa yang kita unggah?

Kita mungkin berpikir mereka terlalu muda untuk peduli, tetapi apa yang terjadi jika gambar atau video itu muncul kembali di masa depan? Tidakkah kita berutang untuk melindungi privasi mereka, berapapun usianya?

Ketika mengekspos foto keluarga, keterangan, dan cerita secara daring, kita mungkin membagikan terlalu banyak informasi pribadi. Saat itu juga kita membuka pintu rumah secara virtual dan membiarkan banyak orang memasuki kehidupan pribadi.

Ada banyak orang yang mengakses media sosial setiap hari. Misalnya, Instagram yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna bulanan. Ini juga salah satu platform paling populer, dengan lebih dari 50 miliar foto diunggah di situs.

Instagrammer mengunggah rata-rata 95 juta foto dan video setiap hari, menurut agen pemasaran Omnicore. Lebih dari 60 persen pengguna mengunjungi situs ini setiap hari (Pew Research Center).

Facebook, situs media sosial populer lain, memiliki sekitar 2,5 miliar pengguna aktif bulanan dengan hampir 69 persen orang dewasa di Amerika Serikat dilaporkan menggunakan Facebook. Saat ini, pengguna Facebook telah mengirimkan lebih dari 2,5 triliun unggahan.

Meskipun ada ketentuan khusus saat membuat akun di media sosial dan tata cara materi yang diunggah, faktanya survei mengungkapkan bahwa 30 persen orang tua tidak membaca ketentuan perjanjian layanan. Inilah yang membuat orang tua dengan mudahnya mengunggah konten yang terkait anak-anak tanpa memikirkan dampaknya pada anak baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Jika tidak yakin tentang jenis konten apa yang dapat dibagikan di media sosial, maka Anda bisa memeriksa di Privacy Rights Clearinghouse untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang keamanan media sosial.

Privasi daring Anda dan anak-anak adalah sesuatu yang harus diwaspadai dengan cermat. Menurut Statista pada Januari 2019, 57 persen populasi dunia memiliki akses ke internet. Jadi, banyak orang menjelajahi internet setiap hari. Kita harus berhenti dan memikirkan tentang apa yang diunggah sebelum menekan tombol kirim.

Menurut prediksi oleh para pakar keamanan di Barclays, bank investasi multinasional dan perusahaan jasa keuangan pada 2030, dua pertiga dari penipuan identitas yang mempengaruhi kaum muda di atas usia 18 tahun akan berasal dari orang tua yang membesarkan informasi anak-anak secara daring ketika mereka membagikan aktivitas anak ketika kecil.

Dan jangan lupa bahwa calon perusahaan, perwakilan penerimaan perguruan tinggi, dan bahkan pemberi pinjaman keuangan, akan mencari platform media sosial untuk memeriksa jejak riwayat calon kandidat. Tak sedikit perusahaan di masa sekarang yang enggan menerima pegawai karena rekam jejak buruknya di media sosial.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)