Tips Mengatasi Ruam Kulit Bagian Paha

Minggu 15 September 2019, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pernahkah Anda mengalami ruam kulit di paha bagian dalam dan lipatan di area bawah payudara atau lipatan paha? Hal ini tentu membuat Anda merasa tak nyaman ketika beraktivtas sehari-hari, karena akan terasa gatal bahkan sampai perih. 

Penyebabnya secara umum adalah keringat berlebihan, usai bercukur, gesekan kulit secara konstan dan mengenakan pakaian ketat. Jika ruam ini tidak diatasi dengan tepat dapat memperburuk situasi. Melansir laman Boldsky, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ruam kulit di bagian paha dalam. 

Berikut ini cara mengatasi ruam di paha dalam

1. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah obat rumahan yang baik untuk mengatasi ruam. Tidak hanya akan menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal, tetapi juga memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik menyembuhkan ruam. Cara menggunakannya, Anda harus mencuci bagian yang sakit dan mengeringkannya dengan lembut. Ambil minyak di ujung jari Anda dan oleskan sambil pijat lembut selama beberapa detik. Sekarang berbaringlah dengan kaki lurus ke depan, supaya minyak menyerap ke dalam kulit Anda. Ini bekerja paling baik ketika dibiarkan semalaman, jadi lakukan ini sebelum Anda tidur.

2. Minyak zaitun

Minyak lainnya yang bisa digunakan adalah minyak zaitun. Minyak ini memiliki sifat anti-inflamasi yang menenangkan ruam dan kulit yang gatal dan teriritasi. Selain itu, juga membantu mencerahkan kulit yang menjadi gelap karena ruam. Cara menggunakannya sangat mirip dengan minyak kelapa. Mulailah dengan membersihkan ruam, dan keringkan dengan lembut. Ambil beberapa tetes minyak zaitun di ujung jari Anda dan pijatkan ke bagian yang sakit.

3. Baking Soda

Sifat alkali dari baking soda membantu membersihkan kulit. Ini juga memiliki sifat antibakteri yang menjaga kuman berbahaya tetap di teluk dan meringankan gatal karena ruam. Cara menggunakannya campur satu sendok teh baking soda dan air secukupnya. Oleskan campuran pada area yang sakit. Tunggu 15 menit dan bersihkan. Tepuk-tepuk kulit Anda dengan lembut.

4. Sabun Antibakteri

Gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan area ruam. Sabun antibakteri tidak keras pada kulit Anda dan menjaga kulit bersih dari bakteri dan kuman yang tidak diinginkan. Selain itu, dapat meredakan gatal. Setelah Anda mandi, bersihkan ruam kulit dengan sabun antibakteri, tepuk-tepuk kulit Anda hingga kering dan gunakan bedak talek di area tersebut untuk menjaganya tetap kering.

5. Losion Tubuh Bebas Alkohol

Penting untuk menggunakan lotion tubuh setiap hari setelah mandi, terutama setelah melakukan waxing. Tetapi pastikan losion yang digunakan bebas alkohol. Jika menggunakan losion yang mengandung alkohol dapat menyebabkan rasa terbakar dan iritasi pada ruam. Jadi pilihlah lotion dengan hati-hati dan oleskan secara teratur.

6. Cuci Air Dingin

Jika Anda merasa gatal dan sensasi terbakar di area tersebut, disarankan untuk mencuci dengan air. Ini akan memiliki efek menenangkan dan menyejukkan pada ruam. Percikkan air dingin ke area tersebut dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum mengenakan pakaian apa pun.

7. Kompres Dingin Setelah Waxing

Waxing apat menyebabkan ruam di daerah sensitif seperti garis bikini dan paha bagian dalam. Jadi, untuk mencegah ruam dan menenangkan kulit Anda, berikan kompres dingin setelah Anda selesai melakukan waxing.

8. Kenakan Celana Dalam Katun

Jika salah memilih pakaian dalam seperti satin atau sutra dapat memperparah ruam. meningkatkan rasa gatal dan iritasi pada kulit Anda. Jadi pilihlah celana dalam katun.

9. Hindari Celana Ketat

Mengenakan celana ketat bisa menjadi kesalahan besar jika Anda menderita ruam. Ini akan menggesek ruam dan menambah iritasi pada kulit. Jadi pilihlah celana dalam yang longgar dan longgar yang membiarkan udara lewat dan tidak memperburuk situasi.

10. Kenakan Pakaian Katun

Tidak hanya celana dalam, Anda juga perlu mempertimbangkan bahan pakaian, terutama celana. Pakaian berbahan katun tidak akan mengiritasi kulit. Pastikan juga celana yang digunakan tidak ketat.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer