Menu

Jumat, 02 Agustus 2019, 06:00 WIB

Alasan Pakaian Warna Gelap Lebih Dianjurkan saat Cuaca Panas

Ilustrasi wanita berkaus hitam. | Sumber Foto:shutterstock.com.

SUKABUMIUPDATE.com - Warna baju yang tepat dapat menjadi solusi untuk menjaga suhu tubuh tetap normal pada cuaca panas, selain menjaga asupan cairan. Seperti dilansir Medical Daily, baju berwarna lebih gelap akan menjaga suhu tubuh tetap dingin dalam menghadapi cuaca panas. Alasannya, warna pakaian yang gelap bisa menyerap lebih banyak cahaya dan memungkinkannya mengambil lebih banyak panas dari matahari serta panas dari tubuh.

Angin juga bisa membuat tubuh lebih dingin buat yang mengenakan pakaian gelap, terutama yang berbahan kaus. Anda juga disarankan menggunakan pakaian longgar untuk memberikan ruang bagi kulit sehingga dapat merasakan udara.

Pakaian berwarna putih memang terasa menjaga suhu tubuh tetap normal dalam cuaca panas walau tidak sama mekansimenya seperti pakaian gelap. Pakaian berwarna terang, apalagi putih, memantulkan sinar matahari kembali ke lingkungan sehingga tidak membuat tubuh lebih dingin.

Pakaian terang memantulkan panas tubuh kembali ke kulit. Mekanisme itu mengikuti prinsip benda berwarna lebih terang menyerap lebih sedikit foton. Pakaian, misalnya kemeja hitam, bisa menjadi pilihan terbaik untuk musim panas karena juga melindungi tubuh dari sinar ultraviolet.

Semakin gelap warna pakaian, semakin banyak perlindungan yang diberikan. Hal sebaliknya terjadi pada pakaian berwarna terang.

Sumber: TEMPO.CO

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi pemotor dengan kopling manual, kampas kopling adalah komponen vital yang harus dirawat dengan benar. Karena banyak terjadi kampas kopling yang gosong dan cepat aus karena pemakaian...

SUKABUMIUPDATE.com - Insiden penembakan jurnalis Palestina Muath Amarneh oleh pasukan Israel memantik kemarahan khalayak dunia. Aksi solidaritas pun digaungkan untuk mendukung Amarneh melalui media sosial. Muath Amarneh menjadi korban penembakan...

SUKABUMIUPDATE.com - Dua suporter asal Indonesia ditahan kepolisian Malaysia seusai laga Timnas Indonesia melawan Malaysia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Grup G di Stadium Nasional Bukit Jalil,...

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial ramai dengan video penggerebekan siswi SMA diduga melakukan aksi mesum di parkiran Mal Serang, Banten. Kedua sejoli tersebut nyaris diamuk oleh massa. Video penggerebekan tersebut diunggah...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya