Menu

Kamis, 18 Juli 2019, 09:36 WIB

Ini Bahaya yang Mengintai Anda Jika Minum Kopi Setiap Hari

Ilustrasi aneka ragam kopi khas Indonesia. | Sumber Foto:Shutterstock.

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk mengatasi ngantuk dan menjaga konsentrasi di kantor, tidak sedikit orang yang rutin meminum kopi setiap hari.

Minuman kopi dengan beragam variasi, memang sedang digandrungi semua kalangan. Mulai dari anak remaja hingga orang dewasa, bahkan mungkin termasuk Anda.

Namun jika Anda minum kopi setiap hari, tahukah Anda bahaya yang mengintai?

Studi yang telah mengamati manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Steven Rothschild, MD, seorang pendiri Rush University Family Physicians, menjelaskan berbagai manfaat kopi untuk kesehatan.

Biji kopi mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti masalah pada liver, penyakit Parkinson, dan demensia.

Namun, rupanya, sekalipun membawa manfaat yang cukup melimpah, minum kopi setiap hari juga bisa mendatangkan efek samping yang bahaya bagi tubuh.

Berbagai dampak buruk yang mungkin terjadi pada Anda, antara lain dilansir Hello Sehat:

1. Aktivitas harian terganggu

Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan kewaspadaan sehingga otak jadi lebih fokus dan kerja jadi lebih produktif.

Sayangnya, bahaya dari minum kopi setiap hari adalah munculnya kegelisahan dan kecemasan. Apalagi jika diminum pada waktu yang salah, seperti sore atau malam hari.

Akibatnya, seseorang bisa jadi sulit tidur dan bangun dengan tubuh kelelahan.

Kopi juga dapat menyebabkan ketergantungan. Jika Anda terbiasa minum kopi setiap hari, tubuh akan terbiasa dengan adanya kafein.

Apabila kebiasaan ini terlewat satu hari saja, tubuh akan menunjukkan gejala ‘penarikan kafein’. Biasanya hal ini akan menimbulkan sakit kepala, mood jelek, dan perasaan seperti bingung.

2. Mengancam kesehatan lambung

Coba Anda ingat-ingat kembali, rasa apa yang muncul setelah Anda minum kopi? Mulut Anda kemungkinan akan terasa asam.

Ya, kopi memiliki rasa asam sehingga sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki luka atau masalah di lambung.

Jika Anda punya kebiasaan ngopi setiap hari di waktu pagi, sistem pencernaan bisa terganggu. Apalagi jika Anda meminumnya saat perut masih kosong. Asam yang dimiliki kopi bisa memicu asam lambung.

Tanpa adanya makanan, cairan asam yang telanjur keluar tidak terpakai untuk mencerna makanan. Akhirnya, asam lambung pun menggenang di lambung.

Akibatnya, cairan asam yang bersifat korosif ini bisa merusak lapisan lambung jika terjadi secara terus-menerus.

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang tertentu

Salah satu bahaya dari minum kopi setiap hari adalah meningkatnya risiko penyakit jantung. Dalam studi tersebut, dua cangkir kopi atau lebih setiap harinya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Risiko ini kemungkinan besar terjadi pada orang dengan mutasi genetik tertentu. Mutasi gen tersebut membuat proses pemecahan kafein di dalam tubuhnya berjalan lebih lambat.

4. Masalah pada gigi dan gusi

Selain lambung, bahaya dari ngopi setiap hari juga menyerang gigi dan gusi. Kopi yang biasanya diminum cenderung mengandung banyak gula dan tanin yang asam.

Keduanya dapat mengikis lapisan pelindung gigi (enamel) secara perlahan.

Selain itu, kopi juga menyebabkan warna gigi menjadi kekuningan dan membuat plak semakin lengket menempel di gigi. Jika kebiasaan ini terus dilakukan tanpa memerhatikan kebersihan gigi, masalah gigi dan gusi bisa terjadi.

Jadi, bagaimana baiknya?

Anda boleh saja punya kebiasaan ngopi, namun perhatikan juga cara sehat menikmatinya supaya dapat meminimalisir efek buruk yang ditimbulkan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari bahaya minum kopi setiap hari, misalnya:

Pilih waktu terbaik untuk minum kopi. Waktu terbaik untuk minum kopi adalah siang hari. Pastikan Anda tidak meminum di atas pukul 2. Hindari pula untuk minum kopi di pagi hari saat perut kosong.

Pastikan asupannya tidak berlebihan. Asupan kafein yang direkomendasikan adalah 400 mg untuk orang dewasa. Ini setara dengan 2 hingga 3 cangkir kopi hitam.

Buat kopi yang lebih sehat. Kopi yang paling baik adalah kopi tanpa atau dengan sedikit gula. Ini menghindari kondisi asam di mulut jadi lebih buruk.

Walaupun jadikan kopi minuman favorit, penting untuk membatasi kapan meminumnya dan mengikuti tips di atas untuk menjaga kesehatan atau menghindari efek samping dari kopi jika diminum setiap hari.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, Pondok Pesantren (Ponpes) mahasiswa Roudlatul Irfan Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, seleranggarakan tablig akbar di areal masjid AL-Ishlah pada Sabtu...

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor bebek yang dinamai Dave terpaksa harus dihilangkan penisnya lewat operasi karena terlalu sering kawin. Penis bebek itu dalam kondisi infeksi sehingga harus diangkat. Dikutip dari mirror.co.uk, Josh...

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi protes Pilkades Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi berlanjut. Senin (9/12/2019) calon kepala desa yang kalah beserta warga simpatisan kembali mendatangi Kantor Desa Purwasedar. Ini adalah kali...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono mengajak semua lapisan mensosialisasikan momentum kepahlawanan kepada masyarakat, khususnya generasi muda. BACA JUGA: Ngobrol Perjuangan Petani Kopi Sukabumi, di Kedai Palagan Bojongkokosan Hal itu sampaikan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya