Menu

Selasa, 16 Juli 2019, 08:00 WIB

Makan Malam Sebabkan Berat Badan Naik? Siasati dengan Cara Ini

ilustrasi dinner (makan malam). | Sumber Foto:pixabay.com.

SUKABUMIUPDATE.com - Makan di malam hari memang sering dikaitkan dengan penambahan berat badan. Tak heran, banyak orang yang melakukan diet dengan menghindari makan malam.

Namun sebenarnya, Anda tetap disarankan makan sesuai jadwal, yakni setidaknya tiga kali sehari pada pagi, siang dan malam. Lalu, bagaimana cara menyiasati makan malam agar terhindar dari risiko berat badan yang bertambah itu?

Situs Fox News dan Eat This pun membagikan beberapa cara mudahnya. Berikut adalah lima di antaranya.

1. Cari makanan berserat

Makanan yang kaya akan lemak, protein dan karbohidrat akan berpengaruh pada berat badan Anda. Jadi, lebih baik Anda memilih makanan kaya serat yang dipercaya rendah kalori dan bisa menjaga berat badan. Sayuran adalah sumber serat yang sempurna. Jadi saat Anda lapar pada malam hari, sebaiknya carilah brokoli atau bayam yang mengandung banyak serat saja.

2. Atur porsi makan

Jika sayuran tidak mempan untuk mengganjal perut, Anda tetap bisa makan nasi putih atau roti pada malam hari. Namun dengan syarat, porsinya harus kecil agar berat badan tidak naik. Atau cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan mengatur porsi makan Anda. Misalnya Anda makan banyak pada pagi hari untuk menambah energi, siang hari setengahnya saja, dan malam hari seperempatnya.

3. Makan camilan

Rasa lapar bisa saja datang saat Anda bersiap untuk tidur. Saat itulah sebaiknya Anda mencari camilan sehat agar perut tidak keroncongan. Anda bisa memilih biskuit gandum atau keju rendah lemak. Anda juga bisa memilih yoghurt atau oleskan selai kacang pada sepotong apel. Mereka rendah kalori sehingga tidak akan berpengaruh pada kenaikan berat badan Anda.

4. Makan di meja makan

Sebisa mungkin, hindari makan di depan televisi. Saat menonton televisi, Anda tidak bisa merasakan dan menikmati makanan yang dimakan secara total. Sedangkan di meja makan, Anda bisa memantau sendiri seberapa besar porsi yang akan dimakan. Dengan demikian, Anda tahu kapan saatnya berhenti guna mengontrol setiap makanan penyebab badan yang besar itu.

5. Banyak minum

Sebelum makan malam atau ngemil, disarankan untuk minum dua gelas air dingin atau secangkir teh herbal hangat. Setelah itu, tunggu reaksinya setelah setengah jam. Sebab, dehidrasi dan lapar memiliki signal yang sama, yakni ingin makan. Apabila Anda merasa kenyang setelah minum, bisa jadi itu dikarenakan dehidrasi dan bukan lapar.

Sumber: TEMPO.CO

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menjadi tokoh yang paling banyak dicari dalam mesin pencari Google di Indonesia pada 2019 dan uniknya nama Presiden Joko Widodo atau...

SUKABUMIUPDATE.com - Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memprediksi keuntungan industri penerbangan tahun ini menurun. Sebab, sejak perang dagang Amerika Serikat-Cina memanas, jumlah penumpang dan volume kargo merosot. Dengan kurang dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Twitter irit bicara soal Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) yang akan mengenakan denda mulai dari Rp 100 juta jika...

SUKABUMIUPDATE.com - Aida Saskia baru-baru ini menjadi sensasi, karena disebut melakukan prank percobaan bunuh diri. Tindakan Aida Saskia ini sangat disayangkan oleh dokter jiwa, karena dinilai tidak memiliki manfaat. dr...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya