Menu

Kamis, 16 Mei 2019, 05:20 WIB

Benarkah Air Putih Bisa Bikin Kenyang? Intip Faktanya

Ilustrasi menuang air putih ke gelas. | Sumber Foto:Shutterstock.com.

SUKABUMIUPDATE.com - Air putih sering kali menjadi pilihan orang yang sedang menjalani diet. Sebab, cairan ini mengandung nol kalori tapi bisa mengenyangkan. Sebenarnya, air putih benar-benar bikin kenyang atau Anda sesungguhnya tidak lapar? 

Ada fakta unik yang diungkap Riani Susanto ND dari B Clinic Jakarta soal lapar sungguhan dan lapar abal-abal. Tubuh tak bisa membedakan lapar dan haus. Anda yang bisa membedakan karena Andalah yang mengenal tubuh Anda.

Caranya? "Ketika tubuh butuh asupan dan mulut ingin mengunyah, otak memberi tahu lidah: You need salt (butuh yang asin-asin-red). Kemudian, yang terlintas di pikiran kita adalah camilan. Bukan air garam," ujar Riani.

Sebenarnya ini gejala anemic (kurang darah). Mayoritas tiba-tiba merasa lapar itu bukan karena belum makan. Tapi karena haus. Jadi yang Anda butuhkan, air putih. 

Langkah berikutnya, jika merasa lapar perhatikan jam dan situasi perut. Misalnya, hari ini Anda bangun kesiangan. Tidak sempat makan. Hanya nyeruput secangkir kopi. Lalu lewat jam 11 siang, perut bunyi. Itu artinya Anda lapar.

Kalau jam 6 pagi, Anda sempat menyambar burger dan sebotol soft drink lalu jam 9 pagi sempat coffee break dan jam 11 Anda merasa lapar, sebenarnya itu bukan lapar. Solusinya, air putih. Merasa lapar itu beda dengan menjadi lapar. Istilah gampang lapar itu tidak ada, yang ada gampang haus.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Makan di malam hari memang sering dikaitkan dengan penambahan berat badan. Tak heran, banyak orang yang melakukan diet dengan menghindari makan malam. Namun sebenarnya, Anda tetap disarankan makan...

SUKABUMIUPDATE.com - Sudah diet dan olahraga, tapi berat badan tak kunjung turun. Anda pun dibuat bingung. Terapis nutrisi Jackie Lynch menyatakan ada empat kesalahan yang biasa dibuat oleh mereka...

SUKABUMIUPDATE.com - Cuaca belakangan ini sangat panas di siang hari. Dalam kondisi demikian, tubuh butuh air putih dalam jumlah yang cukup agar tidak dehidrasi. Para pakar kesehatan menyarankan konsumsi minimal...

SUKABUMIUPDATE.com - Baru-baru ini, warganet dikejutkan unggahan tagihan makan di Warung Bu Anny, sebuah warung makan pinggir jalan di daerah Slawi, Tegal, Jawa Tengah, yang mencapai Rp 700 ribu. Dari unggahan seorang pengguna Facebook dengan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya