Menu

Rabu, 08 Mei 2019, 05:40 WIB

Bingung Memilih Kurma yang Bagus? Ini Saran Ahli Gizi

Sumbangsih Sebutir Kurma. | Sumber Foto:

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak jenis kurma yang beredar di pasaran. Harganya pun beragam. Ini mungkin membuat Anda bingung memilih kurma yang baik untuk berbuka puasa. 

Guru Besar Keamanan Pangan dan Gizi, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB University Prof Ahmad Sulaeman mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli buah kurma.

"Hampir semua jenis buah kurma memiliki khasiat, apa saja jenisnya, khasiatnya hampir-hampir mirip, yang terpenting itu kesegarannya," kata Ahmad saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.

Ia mengatakan saat membeli kurma pastikan kurma yang dibeli dalam kondisi segar dan masih baru, jangan membeli kurma yang sudah lama tersimpan.

Menurut dia, beberapa pedagang ada yang biasa menyetok kurma dan disimpan dalam waktu lama, guna memanfaatkan harga beli yang rendah kemudian menjual pada momen tertentu saat harganya tinggi.

Kualitas kurma akan rusak apabila penyimpanan tidak memperhatikan faktor kebersihan lingkungan, menyimpan dalam kamar tanpa pengemasan yang baik dapat menyebabkan buah bergizi ini ini bisa berkutu.

"Pengemasan dan penyimpanan penting," katanya.

Ahmad mengatakan membeli kurma yang bagus dapat dilihat tanda-tandanya yakni kurma terlihat mengkilap, tidak terlalu kering, terlihat semi basah dengan kadar air sekitar 21 persen.

Ia menjelaskan, kurma yang bagus atau baru ada cairannya, menyerupai dodol, kelihatan basahnya, kalau dibuka strukturnya elastis, lembut digigit juga enak.

Waktu memilih kurma juga bisa dicium dari mengeluarkan aroma yang khas. Kurma yang baru akan tercium aroma segarnya, tidak bercampur dengan aroma lain atau aroma sudah lama tersimpan.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki rambut tipis, setengah botak, bahkan hingga botak sering kali mengikis rasa percaya diri. Pada akhirnya, Anda terpaksa menggunakan topi untuk menutupinya. Eits, tenang mengonsumsi buah ternyata bisa...

SUKABUMIUPATE.com - Para penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan dan tetap harus teliti untuk menjaga kadar gula tetap stabil, termasuk untuk buah-buahan. Seorang penderita diabetes dapat mengonsumsi buah...

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia tercatat sebagai negara nomor dua dengan konsumsi mi instanterbanyak di dunia. Menurut World Instant Noodles Association, setidaknya sebanyak 12,54 miliar porsi mi instan telah dikonsumsi masyarakat...

SUKABUMIUPDATE.com - Saat berpuasa, mengisi waktu luang dengan bepergian termasuk aktivitas yang menyenangkan. Berikut beberapa kiat Anda bisa nyaman menikmati perjalanan sambil melakukan ibadah puasa. 1. Waktu bepergian Hal yang sederhana...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya