Menu

Selasa, 07 Mei 2019, 05:40 WIB

Tips Mudah Hindari Makanan Mubazir Saat Buka Puasa

Ilustrasi buka puasa. | Sumber Foto:Robertus Pudyanto/Getty Images.

SUKABUMIUPDATE.com - Pegiat gaya hidup nol sampah atau zerowaste Siska Nirmala menyarankan masyarakat untuk memperhitungkan pola makan saat berbuka puasa dan sahur untuk menghindari makanan mubazir atau terbuang.

Dia mengatakan saat puasa banyak sekali makanan mubazir akibat lapar mata saja, padahal kemampuan makan setelah berbuka biasanya tidak banyak. "Agar tidak ada yang makanan terbuang maka harus menahan diri dan perhitungkan pola makan waktu berbuka dan sahur," kata Siska saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin 6 Mei 2019.

Dia mencontohkan untuk takjil saat berbuka, cukup sediakan satu dua jenis takjil saja. Menurut Siska membuang makanan jelas disayangkan, dari perspektif Islam menyatakan umat muslim harus memuliakan atau menghargai makanan.

Jika dilihat dari perspektif proses produksi hingga distribusi makanan, proses yang dijalani makanan dari kebun hingga ke meja makan sangatlah panjang. "Membuang-buang makanan, artinya kita juga menyia-nyiakan proses panjang itu," kata dia.

Dari perspektif masalah sampah, dia mengatakan food waste mendominasi jumlah sampah yang dibuang ke TPA. Sebanyak 50-60 persen sampah yang ada di TPA adalah organik seperti sisa potongan sayur buah, atau sisa masakan yang tidak dimakan.

Jadi dengan tidak menghasilkan sampah makanan, maka kita sudah membantu menyelesaikan sebagian besar masalah sampah.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPATE.com - Para penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan dan tetap harus teliti untuk menjaga kadar gula tetap stabil, termasuk untuk buah-buahan. Seorang penderita diabetes dapat mengonsumsi buah...

SUKABUMIUPDATE.com - Masalah yang paling sering dihadapi saat menjalankan Ramadan adalah susah bangun untuk sahur. Padahal, makan sahur dibutuhkan sebagai asupan nutrisi untuk menopang kegiatan dan menjaga kondisi tubuh...

SUKABUMIUPDATE.com - Bersepeda menjelang sahur kenapa tidak? Kegiatan ini yang dilakukan komunitas sepeda di Kota Sukabumi. Kegiatan diawali dengan bersepeda dimulai bundaran Tugu Adipura dengan rute keliling kota pada Senin...

SUKABUMIUPDATE.com - Saat berbuka puasa tiba, minuman apa yang akan Anda pilih untuk diteguk? Sebagian masyarakat Indonesia yang tak ingin melewatkan teh. Selain karena rasanya manis, minuman ini dianggap sebagai tradisi...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya