Tips Menggunakan Juicer agar Tidak Mudah Rusak

Senin 29 April 2019, 07:43 WIB

Saat ini, penggunaan juicer lebih banyak dipilih orang karena sari buah yang dihasilkanya lebih mudah diserap oleh tubuh. Ya, penggunaan juicer memang semakin populer digunakan, terutama untuk para penggiat hidup sehat. Ketimbang beli juice kemasan, membuat olahan jus dengan menggunakan juicer memang lebih hemat dan sehat.

Hanya tinggal beli buah segar, beli juicer yang bagus, dan pastikan pln token sudah diisi, kamu bisa bikin jus sehat setiap hari. Nah, bicara soal token listrik, sekarang kamu bisa melakukan pembelian token listrik prabayar dan melakukan pembayaran listrik pascabayar lewat Traveloka loh. Kembali ke persoalan menggunakan juicer, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Hindari Mengolah Buah dalam Keadaan Dingin

Banyak orang yang lebih suka menikmati buah dalam keadaan dingin. Ya, buah segar memang sangat nikmat dimakan dingin, terutama saat cuaca sedang panas. Untuk mengolah buah dengan menggunakan juicer, sebaiknya biarkan buah kembali dalam suhu ruang terlebih dahulu.

Buah yang sudah didinginkan ke dalam kulkas biasanya memiliki tekstur yang lebih keras sehingga berpotensi merusak mata pisau pada juicer. Nah, kalau terlalu sering, juicer akan jadi lebih cepat rusak karena mata pisau dipaksa bekerja mengolah tekstur buah yang keras. Meskipun hasil olahan buahnya lebih segar, juicer yang kamu miliki jadi lebih cepat rusak.

2. Potong Buah dalam Ukuran Kecil

Tidak semua juicer bisa digunakan untuk langsung mengolah buah berukuran besar. Ya, masalahnya, corong juicer memiliki ukuran yang berbeda. Begitu pula dengan mata pisau dan komponen lain di dalam juicer. Oleh karena itu, lebih baik untuk memotong-motong buah terlebih dahulu agar komponen juicer tidak cepat rusak.

Selain dipotong-potong, upayakan untuk menghilangkan biji dari dalam buah agar tidak meninggalkan rasa pahit. Biji pada buah apel, pir, atau semangka misalnya, bisa meninggalkan rasa pahit pada olahan jus jika tidak sengaja masuk ke dalam komponen juicer.

3. Bersihkan Semua Komponen Secara Menyeluruh

Setelah menggunakan juicer, pastikan untuk melepas kabel terlebih dahulu. Hal ini meminimalisasi terjadinya korsleting atau pun kecelakaan yang terjadi saat tombol juicer tidak sengaja tersenggol. Jika sudah selesai digunakan, lepaskan setiap komponen juicer dengan perlahan, lalu kumpulkan dalam sebuah wadah untuk dibersihkan.

Hal ini menghindari adanya ampas-ampas yang terselip ke dalam mesin juicer dan menyumbat fungsi motor. Agar lebih mudah dibersihkan, kamu juga bisa merendam komponen juicer beberapa saat sehingga ampas kotoran melunak, lalu bersihkan dengan air mengalir agar sisa-sisa kotorannya terlarut.

4. Keringkan Juicer saat Selesai Digunakan

Setelah dibersihkan, pastikan juga semua komponen juicer tidak tergenang air. Saat sudah selesai dibilas, kamu bisa meniriskannya terlebih dahulu di rak piring. Sebaiknya langsung kamu keringkan dengan menggunakan lap berbahan lembut agar sisa air bisa terserap dengan mudah dan tidak meninggalkan bekas noda atau bakteri pada komponen juicer.

Beberapa langkah tadi bisa menjaga fungsi juicer agar tetap bersih setelah digunakan. Jika dilakukan secara teratur, juicer tidak hanya akan lebih awet, tetapi juga higienis untuk mengolah nutrisi buah atau sayuran untuk mendukung gaya hidup sehat kamu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)