7 Langkah Dasar Seni Mengikhlaskan Mantan

Rabu 12 Desember 2018, 02:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bila Anda menghadiri pesta pernikahan mantan kekasih Anda, apakah Anda masih merasa sedih? Apakah Anda merasa masih ada yang mengganjal dengan kondisi itu? Praktisi meditasi Adjie Santosoputro memberikan beberapa tips latihan dasar seni mengikhlaskan mantan. "Anda cukup luangkan waktu 2-5 menit setiap hari untuk melakukan latihan ini. Bisa?," kata Adjie dalam akun Instagramnya, @adjiesantosoputo.

Adjie menyarankan agar latihan mengikhlaskan mantan ini bisa menjadi kebiasaan sehari-hari. "Pas latihan, sebisa mungkin Anda tenang dan fokus," kata Adjie yang menjelaskan ada 7 langkah dasar untuk melakukan latihan ini.

Pertama, Anda perlu menentukan pukul berapa setiap hari Anda mau latihan. Adjie menyarankan pilih 1 kegiatan yang selama ini Anda rutin lakukan setiap hari. "Nah, latihan ini bisa Anda lakukan setiap setelah melakukan kegiatan itu," katanya.

Ia mencontohkan, 1 kegiatan yang Anda pasti lakukan adalah mandi pagi. Berarti, setiap kali Anda selesai mandi pagi, coba luangkan 2-5 menit untuk melakukan latihan ini. "Langkah ini penting Anda lakukan agar Anda rajin dan disiplin berlatih," kata Adjie.

Kedua, pada jam yang sudah Anda tentukan, duduklah di tempat yang nyaman. "Dan pelan-pelan sadari tarikan embusan napas Anda, tenangkan diri Anda, dan arahkan perhatian Anda ke diri Anda sendiri," katanya.

Selanjutnya, Adjie menyarankan agar pelan-pelan Anda bertanya kepada diri Anda sendiri. "Siapa yang sampai sekarang bisa Anda ikhlaskan," katanya.

Adjie menyarankan agar orang itu menuliskannya di kertas. "Pada langkah tiga, Anda pun perlu menentukan 1 orang yang ingin Anda ikhlaskan dalam latihan," katanya.

Pada langkah 4, Anda perlu bertanya kepada diri sendiri, pelan-pelan dan tidak tergesa-gesa. "Apa yang sebenarnya membuat Anda sampai sekarang tidak bisa mengikhlaskannya? Mengapa Anda tidak bisa mengikhlaskannya?" katanya.

Pertanyaan lain yang perlu Anda renungi adalah 'Karena Anda tidak bisa mengikhlaskannya, bagaimana perasaan Anda sekarang? Apa jangan-jangan Anda tidak sadar sebenarnya Anda merasa nyaman dan menikmati keadaan tidak mengikhlaskan mantan ini'. Ada pula pertanyaan 'Kalau Anda benar-benar tidak bisa mengikhlaskannya, apa yang bakal Anda rasakan'. Pertanyaan yang tidak kalah penting untuk dijawab adalah 'Bila Anda benar-benar bisa mengiklaskannya, apa yang bakal Anda rasakan?'. Adjie menyarankan untuk menjawab semua pertanyaan itu sebelum lanjut ke langkah berikutnya. "Kalau perlu, tuliskan jawaban Anda di atas kertas.

Pada langkah kelima, Anda perlu pula bertanya kepada diri sendiri. 'Penderitaan apa saja yang Anda alami akibat dari Anda tidak mengikhlaskannya sampai sekarang?'. Adjie pun mengimbau, orang yang melakukan latihan ini perlu bertanya 'Apakah karena Anda tidak bisa mengikhlaskannya, Anda jadi terus hidup dalam penyesalan, terkurung dalam penjara masa lalu, benar tidak bisa move on?'

Anda juga perlu menjawab ini. 'Apa gara-gara Anda tidak mengikhlaskannya, Anda jadi tidak benar-benar hidup di saat ini, dan berkah momen di saat ini pun jadi gampang sekali Anda abaikan?'. "Jawab pelan-pelan sepenuh hati. Ingat, Anda selalu punya pilihan untuk lepas dari semua penderitaan itu," kata Adjie.

Adjie menduga pikiran Anda sendiri lah yang terus menjerat dan menggagalkan Anda mengikhaskannya, sehingga Anda pun terus mengalami pergulatan batin. Adjie mengingatkan bahwa pikiran Anda sendiri yang terus yakin Anda hanya bisa bahagia, asalkan bersamanya. Anda juga hanya bisa bahagia, asal tidak mengikhlaskannya. "Ingatkan diri Anda sendiri, Anda tetap bisa bahagia meski tidak bersamanya. Anda pun bisa bahagia walau mengikhlaskannya," katanya.

Menurut Adjie, pikiran Anda hanya bisa bahagia bersamanya itu tidak nyata. "Itu hanya ulah pikiran yang merekayasa seolah hal itu nyata. Jangan terlalu percaya pikiran Anda sendiri," katanya.

Langkah terakhir, Adjie menyarankan agar Anda merasakan sepenuh hati, jeratan-jeratan pikiran yang selama ini bikin Anda tidak bisa mengikhlaskannya. "Pelan-pelan terlepas, hilang, lenyap..Rasakan beban berat yang selama ini Anda pikul berkurang. Ada rasa lega, bahagia. Plong. Bathin pun jadi tenang," katanya.

7 langkah ini bisa dilakukan selama beberapa menit dan setiap hari. "Kalau perlu, setiap mau latihan, baca ini dari awal," katanya.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)
Sukabumi26 April 2024, 15:02 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Hadiri Podcast Perlindungan Sosial di Radio Swara Perintis

Program BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan sosial kepada pekerja.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi di acara podcast Radio Swara Perintis Sukabumi, Kamis, 25 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi26 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati
Sukabumi26 April 2024, 14:10 WIB

Kerugian Rp 928 Juta! Polisi Bongkar Investasi Bodong Berkedok Koperasi di Sukabumi

YK diduga melakukan penipuan dan penggelapan dengan modus mencari dan membujuk korban untuk menginvestasikan sejumlah uang dan sewa hunian.
YK (53 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota. YK adalah ketua koperasi Murni Berkah Jaya yang diduga melakukan penipuan dalam kasus investasi bodong. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat26 April 2024, 14:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Normal? Simak Kisarannya Berdasarkan Usia

Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat.
Ilustrasi - Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Sehat26 April 2024, 13:30 WIB

8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Inilah Sejumlah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Produk26 April 2024, 13:21 WIB

Simak Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Peserta yang Meninggal Dunia

Saldo JHT peserta dapat diklaim oleh ahli warisnya yang sah.
Ilustrasi dari BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: BPJS Ketenagakerjaan
Bola26 April 2024, 13:00 WIB

Persis Solo vs Persita Tangerang di Liga 1, Pendekar Cisadane Terancam Degradasi!

Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo.
Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo. (Sumber : X/@persisofficial/@Persitajuara).