Kahiyang Ayu Melahirkan, Bobby Nasution Harus Lakukan 3 Hal Ini

Kamis 02 Agustus 2018, 03:38 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kahiyang Ayu melahirkan pada Rabu 1 Agustus 2018.  Sebagai ibu, tugas selanjutnya Kahiyang Ayu adalah menyusui putri pertamanya bersama Bobby Afif Nasution.  Proses menyusui selama ini, seperti juga pernah ditulis di TEMPO.CO, seolah hak ekskusif wanita. Padahal? Suami pun punya peran dalam menyukseskan proses menyusui itu.

Disebutkan pula bahwa peran suami kehadiran suami tidak hanya untuk meringankan beban ibu dalam mengurus pekerjaan rumah tangga dan perawatan bayi, tapi juga harus memberikan rasa nyaman dan rileks.

Menurut Baby Center, seperti dilansir dari Parentherald, memerah Air Susu Ibu atau ASI sangat membantu para ibu yang ingin terus bekerja, tapi ingin tetap memberikan ASI bagi bayinya. Hal pertama yang dapat suami lakukan untuk membantu istri adalah menggantikan posisi ibu saat istri memerah ASI.

Pada momen ini, ibu membutuhkan bantuan orang lain untuk menggantikan posisinya memberikan ASI perahan (ASIP) kepada bayi karena saat memerah ASI. Seorang ibu diharapkan dapat menghasilkan 90-150 mililiter per sesi.

Dukungan kedua yang dapat para ayah berikan kepada sang istri adalah rasa nyaman dan rileks. Sebab, karena dalam proses menyusui dan memerah ASI, ibu harus merasa nyaman dan rileks. Tak perlu bingung apa yang harus dilakukan suami agar istri merasa nyaman dan rileks. Dengan memberikan sentuhan ringan, memberikan air minum, ataupun menjawab panggilan istri cukup dapat membuat ibu menyusui nyaman.

Cara sederhana ketiga yang dapat dikerjakan ayah adalah membersihkan perlengkapan memerah, seperti pompa dan botol. Bantuan praktis ini sangat berarti bagi ibu menyusui, khususnya saat sang ibu merasa frustrasi.

Kesuksesan proses menyusui adalah hubungan erat ibu dan bayi. Proses ini merupakan kesempatan membangun ikatan batin antara ibu dan anak. Dalam masa menyusui, terutama sesi memerah ASI, ibu mengalami perasaan dan semangat yang naik-turun.

Naik-turunnya psikologis ibu akan mempengaruhi banyak-sedikitnya hasil perahan ASI. Namun adanya bantuan dari pasangan akan meningkatkan semangat ibu.

Walaupun menyusui adalah kegiatan eksklusif ibu, para ayah wajib mempertimbangkan berbagai cara untuk membantu ibu menjalani proses menyusui.

Dengan 3 hal tersebut Bobby Afif Nasution bisa membantu Kahiyang Ayu saat memberikan ASI nya pada cucu kedua Presiden Republik Indonesia Jokowi.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)