3 Pria Ini Menabung Selama 5 Tahun demi Nonton Piala Dunia 2018

Minggu 24 Juni 2018, 11:41 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Terdapat sebuah kisah mengharukan dibalik perhelatan akbar Piala Dunia 2018. Kisah tersebut berasal dari tiga orang sahabat warga Afrika Selatan. Adalah Fhatuwani Mpfuni, Thami Khuzwayo dan Brian Moshoeshoe, yang menghabiskan lima tahun untuk mewujudkan impian mereka menonton Piala Dunia secara langsung.

“Itu (menonton Piala Dunia secara langsung) adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya tidak bisa mempercayai mata saya,” kata Mpfuni seperti yang diberitakan Business Insider. Mpfuni sendiri telah bermimpi untuk menghadiri Piala Dunia secara langsung, sejak ia menyaksikan Piala Dunia FIFA pertamanya di tahun 1998.

Bahkan, ketika Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia di tahun 2010, keyakinannya untuk dapat menyaksikan pertandingan secara langsung pun kandas. Hal ini karena saat itu orang tua Mpfuni tidak mampu membeli tiket pertandingan.

Akhirnya, Mpfuni harus cukup puas menyaksikan pertandingan tersebut melalui layar raksasa di taman kota. “Beberapa mimpi tidak akan pernah menjadi kenyataan," katanya mulai memahami.

Tetapi, impian itu seakan memberikan harapan kembali. Bertemu dengan dua orang temannya, Mpfuni menyadari bahwa mereka bertiga memiliki impian yang sama, yaitu menyaksikan pertandingan Piala Dunia secara langsung. “Kami semua memiliki impian yang sama untuk menonton pertandingan Piala Dunia secara langsung,” kata Mpfuni kepada JOE UK.

Mpfuni juga menceritakan bahwa mereka bertiga pernah berencana untuk hadir pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Sayangnya rencana itu gagal. Uang yang mereka miliki bahkan tidak cukup untuk membeli tiket pulang. Maka, impian tersebut kembali padam.

Setelah sama-sama bekerja sebagai administrator sepakbola, Mpfuni dan dua orang sahabatnya mulai menabung dan merencanakan  hadir pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Mungkin, terdengar seperti hal yang mudah dilakukan dan sederhana. Tetapi, Mpfuni menjelaskan bahwa hal itu (menabung) membutuhkan dedikasi yang luar biasa. “Sangat sulit untuk mematuhi komitmen bulanan,” katanya.

Ketika rencana menabung dimulai, ternyata Mpfuni melaksanakannya bersama tujuh orang teman lainnya. Akan tetapi, beberapa dari mereka mundur karena tidak dapat mematuhi rencana tersebut. Mpfuni dan teman-teman yang tersisa tetap melanjutkan rencana dan berusaha untuk selalu disiplin.

Hingga akhirnya, mereka bertiga berhasil mengumpulkan lebih dari UK£ 3313 (Rp 53 juta). Banyak keuntungan yang mereka dapat dari menabung. Salah satunya adalah memungkinkan Mpfuni dan sahabatnya memesan banyak hal lebih awal dengan harga lebih murah. “Contohnya, kami memesan penerbangan pada bulan September 2017 dan dengan akomodasi yang terjamin juga,” kata Mpfuni dikutip dari JOE UK.

Mpfuni mengingatkan, terlepas dari berbagai tantangan, keuangan dan hal lainnya, ia dan sahabatnya tetap disiplin dan fokus pada tujuannya. “Impian untuk pergi ke Rusia membuat kami terus berusaha," katanya.

Mpfuni juga menyarankan orang-orang yang memiliki impian yang terlihat tidak mungkin, untuk jangan menyerah. Namun, yang paling penting adalah perencanaan dan bekerja keras untuk mencapai mimpi tersebut, apapun itu.

Terakhir, Mpfuni mengatakan bahwa ia dan sahabatnya sudah kembali merencanakan menyaksikan Piala Dunia 2022 di Qatar nanti. “Kami akan mulai menabung pada awal Agustus tahun ini.”

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)
Sukabumi26 April 2024, 15:02 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Hadiri Podcast Perlindungan Sosial di Radio Swara Perintis

Program BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan sosial kepada pekerja.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi di acara podcast Radio Swara Perintis Sukabumi, Kamis, 25 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi26 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati