Menu

23 Mei 2018, 12:54 WIB

Kiat Mengelola THR dengan Bijak

Ilustrasi THR | Sumber Foto:Shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, karyawan biasanya mendapatkan tunjangan hari raya alias THR dari perusahaan atau pemberi kerja. Namun sebagian masyarakat cenderung menghabiskan seluruh dana THR untuk keperluan hari raya.

"Seharusnya dana THR dikelola dengan bijak agar tidak mengganggu kebutuhan bulanan," kata Head of Wealth Management and Digital Retail Business Bank Commonwealth Ivan Jaya, Rabu, 23 Mei 2018.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat anggaran dan skala prioritas. Menurut Ivan, idealnya, dana THR yang digunakan untuk keperluan hari raya tidak dihabiskan seluruhnya.

Dia menyarankan sekitar 20-50 persen dana THR bisa ditabung atau diinvestasikan. “Dalam pengelolaan THR, kebutuhan untuk hari raya harus diprioritaskan, seperti pembayaran zakat dan kebutuhan tradisi mudik. Namun jangan dihabiskan semuanya,” kata Ivan, lewat keterangan tertulis.

Selain itu, sisa dana THR bisa dimanfaatkan untuk membayar utang atau ditabung. Tabungan ini bisa digunakan untuk kebutuhan pengeluaran tahunan, seperti pembayaran PBB, pajak kendaraan, atau kurban. “Atau dana THR ini dapat juga diinvestasikan dan jangan diambil untuk kebutuhan masa depan."

Ivan menyarankan masyarakat mulai terbiasa menyisihkan dana investasi untuk memiliki masa depan yang aman. Jadi, jika menerima dana bonus, tidak serta-merta berhasrat membeli kebutuhan konsumtif yang sifatnya hanya untuk kepuasan diri sementara.

Menurut dia, sebisa mungkin pendapatan tahunan digunakan untuk pengeluaran tahunan, dan pendapatan bulanan untuk pengeluaran bulanan.

Idealnya, jumlah yang diinvestasikan adalah 50 persen dari dana THR. Namun kini investasi tidak lagi membutuhkan uang yang banyak. "Dengan Rp 100 ribu, kita bisa berinvestasi di reksa dana."

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tidur dengan rambut basah disebut bisa menyebabkan masalah, misalnya jamur di kepala. Lalu, bagaimana bila terpaksa tidur dengan rambut yang masih basah, misalnya habis keramas setelah bepergian? Jika...

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial tengah ramai dengan isu kalung yang diklaim sebagai antivirus, termasuk virus corona. Sebelumnya, Kementerian Pertanian menyatakan bakal menggandeng PT Eagle Indo Pharma untuk pengembangan dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Valtteri Bottas secara sempurna mentransformasikan pole position di GP Austria yang penuh drama menjadi kemenangan pertamanya di F1 musim ini. Mengutip Suara.com, Bottas mendominasi balapan sepanjang 71 lap...

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa negara telah menerapkan new normal atau pembebasan aturan pembatasan sosial, mekipun pandemi virus corona Covid-19 belum usai. Melansir Suara.com, semua orang pun tetap disarankan menjalani protokol kesehatan,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya