Sebelum Membeli Carrier, Pertimbangkan 7 Tip Ini

Jumat 04 Mei 2018, 07:02 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aktivitas outdoor atau luar ruangan kini telah menjadi gaya hidup. Bukan lagi sebuah leisure. Belakangan pun banyak orang mulai melakukan kegiatan seperti traveling dan naik gunung. Tingginya minat orang terhadap aktivitas itu membuat perusahaan-perusahaan perlengkapan outdoor memproduksi barang makin beragam. Sebab, permintaan makin banyak dan segmennya pun menjadi lebih luas. 

Salah satu produk yang kini banyak macamnya adalah carrier. Bila dulu carrier, apa pun mereknya, punya desain yang seragam, sekarang variatif. Bahkan lebih stylish dan warnanya macam-macam. 

Namun, bila Anda adalah pegiat aktivitas luar ruang pemula dan berencana membeli carrier, ada banyak hal yang kudu dipertimbangkan. Bukan melulu soal gaya dan warna. Berikut ini tip dari pemandu pendakian Consina, Virgo Dirgantara, saat ditemui di acara Indofest di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Mei. 

1. Pilih kapasitas carrier sesuai dengan lama waktu perjalanan
Ukuran carrier yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan durasi perjalanan. Bila Anda melakukan perjalanan 1-3 hari, gunakan carrier berukuran 30-50 liter. Sedangkan untuk perjalanan 4-6 hari, Anda cukup menjinjing carrier ukuran 50-80. Adapun carrier lebih dari 80 liter sebaiknya digunakan untuk perjalanan dengan durasi lebih dari sepekan. 

2. Pilih desain yang slim 
Desain carrier yang ramping atau berbentuk membujur ke atas akan memudahkan pengguna melalui jalur trek dengan vegetasi yang rapat di pegunungan. Sedangkan carrier dengan banyak benjolah atau saku tambahan membikin gerak menjadi tak leluasa. "Untuk jalan di jalur setapak dan hutan yang rimbun, bisa tersangkut. Enggak fleksibel," ucap Virgo. 

3. Pilih carrier yang punya kantong untuk botol minum
Di samping memilih yang ramping, Anda sebaiknya membeli carrier yang memiliki saku samping untuk wadah botol minum. Ini akan memudahkan Anda mengambil-dan menyimpan air selama perjalanan. Artinya, untuk sekadar minum, Anda tak perlu lagi membongkar carrier. 

4. Pilih carrier yang memiliki air back system
Selama perjalanan, Anda perlu menjinjinh ransel yang nyaman. Maka, salah satu yang mempengaruhi kenyamanan adalah sirkuliasi udara atau air back system yang berada di bagian punggung ransel. Pilihlah ransel yang memiliki sistem demikian untuk memastikan punggung tak panas selama menggendongnya. 
Ransel yang punya air back system biasanya ditandai dengan rongga-rongga pada busa di bagian belakang. 

5. Pilih carrier dengan waist belt yang nyaman
Waist belt adalah bagian paling bawah pada carrier yang biasanya dilingkarkan di pinggang. Waist belt berfungsi membagi beban supaya berat carrier tak sepenuhnya ditopang oleh bahu. 

Lantaran dilingkarkan di pinggang, Anda sebaiknya memilih bentuk waist belt yang nyaman. Misalnya yang memiliki busa. Bila waist belt hanya berupa tali webbing, untuk perjalanan yang cukup panjang di hutan, pinggang Anda akan terasa pegal.

6. Sesuai dengan torso
Carrier yang nyaman adalah yang bentuknya sesuai dengan torso atau batang tubuh. Maka itu ada carrier khusus perempuan dan laki-laki. Biasanya carrier tersebut menyesuaikan dengan bentuk torso menurut jenis kelamin.

7. Sesuai dengan bujet
Carrier produksi luar dan dalam negeri itu sama saja. Bahan dan kualitas carrier dalam negeri pun banyak yang sudah bersaing dengan luar negeri. Tergantung dengan bujet. Bila bujet terbatas, tak masalah Anda membeli carrier produksi dalam negeri. 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:00 WIB

7 Kebiasaan yang Membuat Anda Tidak Dihargai Orang Lain

7 Kebiasaan yang Membuat Anda Tidak Dihargai Orang Lain
Ilustrasi - Kritik Berlebihan. Kebiasaan yang Membuat Anda Tidak Dihargai Orang Lain (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov)
Sukabumi16 April 2024, 19:48 WIB

Kisah Guru MI di Sukabumi: Huni Rumah Panggung, Jalan Kaki 5 KM Pulang Pergi Mengajar

Perjuangan seorang guru madrasah, Popon, warga Kampung Cimanggis RT 07/02 Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, sangat menarik perhatian
Kondisi rumah Popon, seorang guru honorer Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) di Waluran Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi16 April 2024, 19:35 WIB

Hari Pertama Masuk Kerja usai Lebaran, Distan Sukabumi Gelar Halal Bihalal

Distan Kabupaten Sukabumi menggelar acara Halal bihalal perayaan Idul Fitri 1445 H dalam momentum hari pertama masuk kerja setelah libur panjang lebaran.
Distan Kabupaten Sukabumi gelar halal bihalal di momen hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran 2024. (Sumber : IG Distan Kabupaten Sukabumi)
Sehat16 April 2024, 19:00 WIB

Mengenal Manfaat Air Rebusan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun alpukat mungkin memiliki efek dalam menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun alpukat  mungkin memiliki efek  dalam menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@Alice_Alphabet).
Sukabumi16 April 2024, 18:42 WIB

Donny Sulifan Mundur, Pj Wali Kota Sukabumi Tunjuk Kadinkes Jadi Plt Dirut RS Bunut

Pj Wali Kota Sukbumi Kusmana Harradji mengatakan, ia telah menerima surat pengunduran diri Donny Sulifan sebagai Dirut RS Bunut pada Selasa (16/4/2024) hari ini.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat16 April 2024, 18:30 WIB

Anda Harus Tahu Kadar Gula Darah Normal: Sebelum Makan, Pasca Makan dan Saat Beraktivitas

Penderita diabetes perlu mengetahui kadar gula darah normal dalam tubuhnya.
Ilustrasi - Penderita diabetes perlu mengetahui kadar gula darah normal dalam tubuhnya. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi16 April 2024, 18:16 WIB

Kerja Sama dengan TNI, Distan Ungkap Target Perluasan Areal Tanam 2024 di Sukabumi

Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap menyebut peningkatan luas areal tanam dilakukan dengan cara pompanisasi.
Kepala Dinas Pertanian atau Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap. (Sumber : Istimewa)
Life16 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Urusan Dipermudah Allah SWT, Yuk Amalkan Insya Allah Lancar

Baca doa ini Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusaan.
Baca doa ini Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusaan. | Sumber: Freepik.com (wayhomestudio)
Sukabumi16 April 2024, 17:49 WIB

Dirut RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi Resmi Mengundurkan Diri, Ini Alasannya

Baru setahun menjabat, Donny Sulifan mengundurkan diri sebagai Dirut RSUD R Syamsudin SH. Apa alasannya?
Dirut RSUD R Syamsudin SH, dr Donny Sulifan mundur dari jabatannya. (Sumber Foto: Istimewa)