Anaknya Tiru Ade Londok, Orang Tua di Sukabumi Minta Emil Cabut Gelar Duta Kuliner

Kamis 05 November 2020, 05:36 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Keputusan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang menggandeng Ade Nandar Ukandar alias Ade Londok sebagai duta promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner, menuai penolakan dari warga Sukabumi.

Salah satu warga Sukabumi bernama Angga Perwira Sukmawinata menyampaikan penolakan itu di akun Facebook pribadinya. Angga menilai, Ade Londok kerap menggunakan bahasa yang kurang mendidik dan ditiru oleh anak-anak.

Berikut unggahan lengkapnya.

Kepada YTH.

Gubernur Jawa Barat

Berkaitan dengan penunjukan Saudara Nandar (Ade Londok) menjadi duta Kuliner Jawa Barat (duta promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner Jawa Barat), sebaiknya di tinjau kembali. Mengingat bahasa dan konten yang di buat dirasa kurang mendidik dan itu di tiru oleh anak-anak, terutama anak saya. 

Saya sebagai orang tua, mungkin belum bisa menjadi orang tua yang baik seutuhnya. Tapi paling tidak, kami berusaha menjaga agar anak-anak kami tidak mengucapkan kalimat kasar. Namun usaha kami ini seakan-akan bertolak belakang dengan apa yang dilakukan oleh duta ini.

Sebagai seorang duta, tentunya di harapkan memiliki etika dan sikap terpuji karena merupakan representasi dari daerah yang di wakili nya.

Sebaiknya, gelar "Duta Kuliner Jawa Barat" yang di sematkan kepada Ade Londok dapat di tinjau kembali. 

Atau

Ada langkah-langkah pembinaan dari Bapak Gubernur Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata agar duta kuliner ini tidak menjadi "liar".

Terimakasih saya ucapkan kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, yang memiliki niat baik dan tulus untuk membantu mempromosikan kuliner Jawa Barat. Saya selalu mendukung langkah dan kebijakan bapak. Namun untuk hal ini mohon di tinjau kembali.

Hormat saya,

Angga Perwira

Warga Kabupaten Sukabumi

Provinsi Jawa Barat

Unggahan tersebut hingga Kamis (5/11/2020) pukul 11.35 WIB telah disukai oleh 73 orang dan mendapat 18 komentar. Angga sendiri merupakan warga Kampung Kuta Kidul RT 14/05 Desa Kutasirna, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Dikutip dari tirto.id, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggandeng Ade Londok, warga setempat yang viral setelah menilai makanan Odading Mang Oleh, menjadi duta promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) menuturkan, alasan Ade Londok jadi duta UMKM karena mampu meningkatkan penjualan Odading Mang Oleh di Jalan Baranang Siang, Kosambi, Kota Bandung. Ridwan Kamil mengapresiasi cara promosi Ade Londok, tetapi ia meminta agar bahasa kampanye lebih santun dalam kampanye berikutnya.

"Beliau bisa membuat satu produk menjadi terkenal salah satunya dengan skill (kemampuan) bahasa, tapi saya titip ke depan bahasanya harus lebih sopan," ucap Ridwan Kamil, Rabu (16/9/2020).

Viralnya nama Ade Londok kemudian disusul dengan adanya kabar bahwa ia akan berkunjung ke salah satu rumah makan di Sukabumi. Namun rencana kedatangan Ade Londok tersebut mendapat penolakan.

"Saat itu Ade Londok meng-endorse rumah makan Mang Su'eb. Dia akan hadir pada tanggal 31 Oktober ke sana. Dan itu dikonfirmasi oleh Mang Su'eb sendiri bahwa benar Ade Londok akan datang," ucap pegiat sosial, Kristiawan Saputra. "karena saya melihat beberapa video Ade Londok itu tidak baik dan banyak ditiru anak-anak, termasuk anak saya. Jadi saya kesal," tambahnya.

Kemudian Kristiawan mengaku tidak menerima kehadiran Ade Londok di Sukabumi. Penolakan itu ia unggah di media sosial Facebook dan direspon oleh rekan-rekannya.

"Akhirnya manajemen Mang Su'eb juga membatalkan," imbuh Kristiawan.

Dihubungi terpisah, pemilik rumah makan Mang Su'eb, Deni setiawan membenarkan bahwa pihaknya berencana mengundang Ade Londok untuk hadir di pembukaan rumah makan miliknya pada 31 Oktober 2020 lalu. Pria yang akrab disapa Mang Su'eb ini mengaku memutuskan rencana tersebut karena Ade Londok disepakati oleh Gubernur Jawa Barat menjadi duta kuliner.

Mang Su'eb kemudian membatalkan kedatangan Ade Londok setelah muncul penolakan dari sejumlah kalangan. Rumah makan yang menjajakan makanan khas sunda tersebut berlokasi di Kota Sukabumi.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com
Musik06 Mei 2024, 17:00 WIB

OTW Nikah, Ini Lirik Lagu Rizky Febian feat Mahalini Bermuara!

Dikabarkan Rizky Febian dan Mahalini menikah sesuai dat Bali pada Minggu, 5 Mei 2024 dan Ijab Qobul di Jakarta pada Rabu, 8 Mei 2024.
Foto Cover Latar Biru OTW Nikah, Ini Lirik Lagu Rizky Febian feat Mahalini Bermuara. Sumber: YouTube/@Rizky Febian
Life06 Mei 2024, 16:30 WIB

Terapkan Yuk Bund! 5 Cara Mendidik Anak yang Suka Melawan Tanpa Perlu Emosi

Sifat melawan dan membantah merupakan bagian dari tumbuh kembang anak, bentuk pertahanan dirinya terhadap situasi mengancam yang tidak ia sukai.
Ilustrasi. Orang tua memberi contoh yang baik. Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto
Motor06 Mei 2024, 16:00 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga Motor Yamaha Lexi LX 155 Terbaru Mei 2024

Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS.
Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS. (Sumber : yamaha-motor.co.id).
DPRD Kab. Sukabumi06 Mei 2024, 15:31 WIB

Masa Sidang Terakhir, DPRD Sukabumi Kebut Finalisasi 21 Raperda: Berikut Rinciannya

Jelang masa akhir jabatan, berikut rincian 21 Raperda yang masih menjadi pekerjaan rumah DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024.
Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kabupaten Sukabumi beragendakan Penyampaian Penutupan Masa Sidang Kesatu Tahun Kelima Tahun Sidang 2024 dan Pembukaan Masa Sidang Kedua Tahun Kelima Tahun Sidang 2024. (Sumber : Dok. DPRD)
Life06 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Cara Menciptakan Kebahagiaan Sendiri Tanpa Bergantung ke Orang Lain

Menciptakan kebahagiaan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain adalah hal yang patut dicoba, karena tidak semua orang bisa melakukannya.
Ilustrasi. Cara menciptakan kebahagiaan sendiri. Sumber Foto : Pexels/Sound On
Sukabumi06 Mei 2024, 15:11 WIB

Dua Kasus Beda Cerita, Psikolog Soroti Pembunuhan Berlatar Belakang Sodomi di Sukabumi

Konsultan psikologi asal Sukabumi ikut bersuara atas kedua kasus pembunuhan ini.
(Foto Ilustrasi) Dua kasus pembunuhan berlatar belakang sodomi terjadi di Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi06 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Istimewa)