Ujian Sekolah Bikin Anak Stres? Bantu Hadapi dengan Langkah Ini

Senin 22 April 2019, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Anak-anak sekolah dasar tengah menjalani ujian sekolah berstandar nasional atau USBN pada 22-24 April 2019. Pada saat yang sama, siswa sekolah menengah pertama menjalani ujian nasional berbasis komputer atau UNBK pada 22-25 April 2019. Karena ikut menentukan kelulusan siswa, ujian sekolah yang mereka jalani sering kali membuat anak stres.

Stres merupakan rasa khawatir atau tidak nyaman tentang sesuatu. Tanda-tanda stres yang sering dijumpai pada anak menjelang ujian sekolah antara lain mengalami sulit tidur dan serangan panik, tidak nafsu makan, bahkan ada beberapa yang justru sakit. Penyebab stres mereka umumnya ketakutan akan gagal atau mendapat nilai rendah, apalagi jika mendapat tekanan dari orang di sekitarnya.

Nah, untuk membantu anak Anda melalui ujian tanpa stres, ada baiknya melakukan lima hal berikut ini.

1. Tidur cukup

Bukan hal yang bijak memaksa anak untuk melewatkan malam menjelang ujian dengan belajar hingga larut. Ini tidak akan banyak gunanya. Mestinya persiapan ujian dilakukan sejak jauh-jauh hari sehingga anak Anda bisa istirahat di malam sebelumnya. Tidur cukup akan mengurangi tingkat stres, pikiran pun lebih segar untuk menjawab soal-soal

2. Membantu kebutuhan anak

Selain memperbaiki lingkungan rumah demi kenyamanan anak ketika belajar, Anda juga bisa menanyakan kebutuhan lain anak. Bantu mereka mengatur jadwal belajar dan meneyediakan soal-soal contoh ujian. Tapi lakukan itu hanya jika diminta. Motivasi anak Anda dan biarkan dia tahu bahwa Anda selalu ada untuk membantunya dengan cara apa pun yang dibutuhkan.

3. Bicarakan tentang stres

Jika anak Anda menunjukkan gejala stres, luangkan waktu untuk membicarakannya. Bantu dia merasa nyaman dengan membiasakan diri dengan hal-hal yang akan terjadi pada hari ujian. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah memberi dia kertas pertanyaan dari beberapa tahun terakhir untuk dipecahkan, yang akan membantunya merasa percaya diri untuk menghadapi ujian.

4. Ajak berolahraga

Menghabiskan waktu di rumah hanya untuk belajar? Kebanyakan orangtua melakukan hal itu dan membatasi waktu untuk bermain dan latihan fisik selama waktu ujian. Sebaliknya, dorong anak Anda untuk bermain di luar selama satu jam setiap hari. Minta dia untuk melakukan kegiatan olahraga seperti berlari, joging, berenang, atau aktivitas fisik apa pun yang dia sukai. Melakukan hal itu akan membantu mereka memiliki kepala yang jernih ketika menghadapi soal.

5. Jangan banyak menuntut

Secara sadar atau tidak sadar, orang tua cenderung menaruh banyak tekanan pada anak-anak mereka. Sebagai orang tua, Anda harus bebas stres dan harus berusaha tidak membicarakan ketakutan Anda kepada mereka. Nilai rendah dalam ujian bukanlah akhir dari dunia. Cobalah untuk tidak mengkritik mereka karena kesalahan mereka dan mendorong mereka di setiap langkah persiapan mereka. Setelah pemeriksaan selesai, Anda tidak perlu banyak membicarakannya. Apa yang terjadi, terjadilah.

6. Memberi hadiah

Tak perlu memberinya hadiah mahal, Anda cukup memberinya hal-hal sederhana seperti memasak hidangan favorit mereka atau membiarkan mereka menonton film untuk membangkitkan semangat mereka. Melakukan hal itu akan memberi tahu mereka bahwa Anda melihat kerja keras mereka dan memberi mereka imbalan terlepas dari hasilnya. Ini akan memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras dan berhasil.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)