Menu

Selasa, 26 Pebruari 2019, 06:00 WIB

Tips Teknologi: Hentikan Unduh Otomatis Foto dan Video WhatsApp

Logo WhatsApp pada layar ponsel. | Sumber Foto:(thenextweb.com)

SUKABUMIUPDATE.com  - Tips teknologi kali ini Tempo mengulas bagaimana cara menghentikan penyimpanan atau pengunduhan foto dan video otomatis pada WhatsApp.

 

Pasalnya pengunduhan otomatis itu membuat ruang penyimpanan menjadi penuh, yang mengacaukan galeri ponsel dan pemutar musik.

WhatsApp digunakan oleh lebih dari 1,2 miliar orang di seluruh dunia. Unduhan secara otomatis menjadi gangguan ketika semua file media tersimpan secara otomatis, dari gambar, GIF, belum lagi file audio dan video.

Untuk mengatasi itu, pengguna harus melakukan beberapa langkah untuk menghentikan WhatsApp dari menyimpan audio dan foto di ponsel secara otomatis, berikut langkah tersebut:

WhatsApp Android

Untuk berhenti mengunduh otomatis, Whatsapp Android memiliki pilihan yang memungkinkan pengguna menghentikan video dan gambar agar tidak diunduh. Pertama pengguna membuka aplikasi pesan WhatsApp, kemudian pilih pengaturan.

Setelah itu ketuk Pengaturan Obrolan dan dilanjutkan pilih Unduhan otomatis media. Pengguna akan melihat tiga opsi: saat menggunakan data seluler, saat roaming dan saat terhubung pada Wi-Fi. Ketuk masing-masing dan nonaktifkan unduhan otomatis dengan menghapus centang ketiga opsi, Audio, Gambar, dan Video. 

WhatsApp iOS

Sementara untuk menghentikan pengunduhan otomatis dan menyimpan video, gambar, dan media lain di WhatsApp iPhone, pengguna dapat menonaktifkan pengunduhan otomatis media di iPhone, melalui menu Pengaturan. Caranya pengguna harus membuka WhatsApp, lalu ketuk tombol Pengaturan dan ketuk Penggunaan Data dan Penyimpanan. 

Dalam menu tersebut, ada opsi Unduh Otomatis Media di bagian atas. Untuk Audio, foto, Video, dan Dokumen, pilih opsi Jangan, pilih file yang pengguna inginkan untuk diunduh secara manual akan muncul, bahkan pengguna dapat memilih untuk menghentikan foto dan video agar tidak muncul di galeri ponsel.

Yang perlu pengguna lakukan adalah pergi ke Obrolan di Pengaturan, buka menu Simpan ke Rol Kamera, dan matikan. Ini menghentikan gambar yang dikirim orang yang muncul di rol kamera dan juga mengambil alih Stream Foto pengguna yang disinkronkan.

Tidak menyimpan gambar secara otomatis memiliki kelebihan sendiri. Tapi juga berarti bahwa pengguna harus mengunduh setiap foto secara manual. Jika pengguna akhirnya ingin mengunduh setiap gambar, maka mungkin yang terbaik adalah membiarkan fitur ini aktif.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com -  WhatsApp dengan cepat menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Untuk meningkatkan fitur-fiturnya, WhatsApp menjalin kerja sama dengan aplikasi pihak ketiga. Ternyata, tidak semua aplikasi...

SUKABUMIUPDATE.com  - Jumlah pengguna WhatsApp di dunia kini mencapai 1,5 miliar lebih. Di Indonesia, berdasarkan data 2017, jumlah penggunanya sudah mencapai 35 juta orang dan tampaknya terus bertambah.Jumlah pengguna Whatsapp di...

SUKABUMIUPDATE.com - Cuaca panas sering membuat penampilan menjadi tidak segar. Akibat cuaca panas, produksi minyak pun bertambah dan membuat wajah terlihat kusam. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Kehilangan pasangan bisa sangat menghancurkan, apalagi kematiannya tiba-tiba seperti yang terjadi pada personel Seventeen, termasuk Ifan Seventeen yang kehilangan istrinya, Dylan Sahara. Dylan Sahara meninggal karena Tsunami Selat Sunda...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya