Pusing Banyak Cicilan Utang Setiap Bulan, Ini Tips Mengatasinya

Jumat 16 November 2018, 23:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang yang punya mimpi untuk memiliki sesuatu. Mereka pun bisa mendapatkanya dengan cara membeli dengan mencicil. Tidak ada yang salah dengan memiliki angsuran kredit setiap bulan.

Namun, masih banyak juga orang yang punya tagihan bulanan mengaku tidak bisa lagi menyisihkan uangnya untuk ditabung. Tenang saja karena tidak ada yang tidak mungkin. Anda tetap bisa menabung saat masih harus membayar cicilan utang setiap bulannya.

1. Mencatat semua angsuran 
Tidak ada orang yang terpuruk karena berutang. Yang ada, orang semakin hancur karena tidak membayar angsuran dari utang-utang. Jadi, yang harus dilakukan adalah bijaksana dengan yang namanya utang tersebut.

Buat daftar dari utang-utang secara detail, mulai dari tanggal penagihan, jatuh tempo, juga tenor tenggang waktunya. Mengetahui semua kewajiban akan membuat seseorang bisa lebih bijaksana dalam mengambil langkah. Tentunya, Anda tidak akan kembali berutang saat uang yang harus dikeluarkan setiap bulan cukup banyak.

2. Membayar angsuran kredit dulu, baru menabung 
Tak ada yang meminta Anda untuk menyisihkan uang di awal tanggal gajian. Yang harus dilakukan pertama kali adalah membayar semua angsuran kredit.

Dibanding dengan kebutuhan lain, angsuran kredit punya urgensi yang lebih tinggi dibandingkan semua kewajiban Anda setiap bulan. Karena itu, selalu bayar angsuran pertama kali sebelum mengatur keuangan untuk kebutuhan lain.

Setelah semuanya selesai, langkah selanjutnya adalah menyisihkan sebagian kecil uang untuk ditabung. Bahkan, Anda seharusnya punya tabungan berdasarkan kategorisasinya. Sebut saja, tabungan hari tua, tabungan liburan, dan tabungan pendidikan anak. Angkanya Anda yang menentukan. Tidak masalah kecil, tapi Anda menabung serutin membayar angsuran kredit.

3. Mencari pendapatan tambahan
Di era digital, tidak sulit untuk mencari pendapatan tambahan. Anda bisa memanfaatkan semua teknologi untuk menghasilkan pundi-pundi uang bulanan yang akhirnya bisa Anda tabung. Memulai profesi blogger jadi langkah yang cukup mudah untuk dilakukan.

Kalau Anda penikmat layanan pesan antar makanan dengan menggunakan aplikasi di ponsel, berarti Anda bisa melakukannya juga untuk bisnis sampingan. Pastinya, media sosial pun bisa buat mendapatkan pendapatan tambahan dengan berjualan di sana atau menjadi endorsement.

4. Menabung dengan sistem autodebet
Membayar angsuran kredit memang ada baiknya dilakukan secara autodebet. Asal dengan saldo yang cukup di rekening, Anda terbebas dari pembayaran melewati jatuh tempo. Sama halnya saat akan menabung, fitur autodebet untuk menabung pastinya akan membantu Anda dalam menyisihkan penghasilan.

Buat pendebetan dilakukan satu atau dua hari setelah tanggal gajian supaya uang selamat sebelum keperluan-keperluan tidak terduga lain muncul. Pastikan Anda perhatikan juga besaran pendebetan. Lebih baik memperpanjang tenggang waktu menabung dibanding memperbesar jumlah pendebetan.

5. Tidak telat membayar angsuran kredit setiap bulan
Membayar angsuran kredit tepat waktu berarti tak menambah beban finansial bulanan. Pastinya, Anda akan terhindar dari denda-denda keterlambatan yang kadang-kadang dihitung harian. Tanpa tambahan biaya berarti Anda tidak perlu menghitung ulang pengeluaran setiap bulan. Jadi, pastikan Anda selalu mendahulukan pembayaran angsuran kredit saat masuk tanggal penagihan.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life23 April 2024, 15:30 WIB

Wajib Catat! Ini 5 Penyebab Pasangan Tidak Menghargaimu

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum mengapa seseorang merasa tidak dihargai oleh pasangannya, dari kurangnya komunikasi yang efektif hingga ketidaksesuaian harapan.
Ilustrasi. Pasangan. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Keuangan23 April 2024, 15:14 WIB

Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Offline atau Online

Peserta dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan untuk JHT yang sudah dibayarkan.
Tampilan aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: Istimewa
Internasional23 April 2024, 15:10 WIB

2 Helikopter Militer Malaysia Tabrakan di Udara Saat Latihan, 10 Orang Tewas

Dua helikopter militer Malaysia bertabrakan dan jatuh saat sesi pelatihan pada hari Selasa, 23 April 2024.
2 Helikopter Malaysia tabrakan di udara saat sesi latihan | Foto : Ist
Sukabumi23 April 2024, 15:04 WIB

One Agency One Innovation, Bupati Sukabumi Bicara Memperkuat Kebijakan Daerah

Bupati Sukabumi Marwan Hamami meminta setiap perangkat daerah dan kecamatan membuat satu program inovasi di setiap tahunnya.
Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 13 Tahun 2024 Tentang Tata Kelola Inovasi Daerah Tahun 2024, Selasa (23/4/2024) di Aula Hotel Augusta Cikukulu. (Sumber : dokpim kabupaten sukabumi)
Inspirasi23 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Freelance Administrator, Minimal SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, silahkan daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Freelance Administrator, Minimal SMK. (Sumber : Freepik)
Sukabumi23 April 2024, 14:45 WIB

Ada 8 Kali Sambaran Petir, Saat Insiden 2 Warga Tewas Tersambar di Cikembar Sukabumi

BMKG memetakan ada delapan kali sambaran petir di Sukabumi, tepatnya di sekitar jalan raya di Kampung Cimenteng RT 003/05 Desa Sukamulya Kecamatan Cikembar, pada Ahad lalu, 21 April 2024.
Ilustrasi sambaran petir saat terjadi insiden 2 Warga Sukabumi tewas tersambar di Cikembar Sukabumi. | Foto: Freepik.com/wirestock
Life23 April 2024, 14:30 WIB

5 Penyebab Seseorang Menaruh Rasa Iri, Ada Perbandingan Sosial

Artikel ini akan mengeksplorasi beberapa penyebab umum dari perasaan iri dan cara-cara untuk mengatasinya.
Ilustrasi. Tatapan mata seseorang yang iri. Sumber Foto : Pixabay/galery21
Sukabumi23 April 2024, 14:16 WIB

10 Tahun Alami Kebutaan, Titin Hidup Sebatang Kara Huni Rumah Reyot di Surade Sukabumi

Kehidupan Titin sangat memperihatinkan, hidup sebatang kara dan mengalami kebutaan. Titin sudah hampir 10 tahun tak bisa melihat.
Titin (56 tahun), dan kondisi rumahnya yang sudah lapuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi23 April 2024, 14:09 WIB

Ada di Utara Sukabumi, Kapolres Soal Potensi Terorisme yang Harus Diwaspadai

Polres Sukabumi telah beberapa kali melakukan penangkapan terduga teroris.
Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Aplikasi23 April 2024, 14:00 WIB

Cara Perpanjang SIM Secara Online: Begini Tata Cara, Syarat dan Biayanya

Memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis.
Ilustrasi. Memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis. | Foto: Istimewa