6 Tips Memilih dan Menyimpan Pepaya

Jumat 09 November 2018, 23:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pecinta buah pepaya mungkin kerap tertipu dengan warna yang matang di luar namun daging buah belum matang. Pepaya adalah buah yang paling banyak dicari, selain karena murah, buah tropis ini juga berkhasiat menyehatkan pencernaan.

Dikutip dari resepkoki.id, ada enam tips menjaga pepaya tetap dalam keadaan baik. Berikut tips untuk memilih dan menyimpan pepaya.

1. Tekstur
Sebelum membeli, Anda perlu mengecek kepadatan pepaya. Pastikan pepaya yang mau dibeli sedikit empuk saat ditekan. Apabila pepaya masih terasa keras, artinya daging pepaya tersebut belum matang sekalipun sudah berwarna oranye. Apabila terlalu lunak saat ditekan atau berkerut, artinya tekstur daging buah itu kurang bagus bahkan bisa jadi hampir busuk. Anda juga harus memilih kulit pepaya yang mulus tanpa memar. Jika terdapat bintik gelap pada kulit buah, hal itu masih tergolong normal dan tidak mempengaruhi kualitas pepaya.

2. Warna
Perhatikan, warna buah pepaya harus matang, yakni kuning sampai jingga kemerahan. Sebaiknya hindari pepaya yang masih hijau karena rasanya tidak manis. Namun, pepaya hijau ini cocok buat yang mau memasak hidangan sayur pepaya muda.

Selain itu, pepaya yang memiliki bintik hijau juga bisa dipilih karena buah tersebut akan matang dengan cepat. Anda perlu memeriksa juga ujung pepaya tempat menempelnya batang, memastikan tidak ada jamur di sana.

3. Aroma
Salah satu jaminan kematangan pepaya adalah dari baunya. Anda perlu mencium dasar pepaya atau batangnya yang telah dipotong. Pepaya yang bagus memiliki aroma khas yang manis dan lembut. Sebaiknya hindari pepaya yang beraroma terlalu kuat karena mungkin sudah lama.

4. Simpan pepaya matang di lemari es
Jika pepaya sudah matang sebaiknya dikonsumsi hanya dalam 1-2 hari saja. Pepaya juga sebaiknya disimpan dalam lemari es. Hal tersebut membuat pepaya dapat bertahan 3-4 hari.

5. Simpan pepaya yang belum matang di suhu ruang
Sebaliknya, jika membeli pepaya yang belum terlalu matang, Anda perlu menyimpannya di tempat yang gelap dengan suhu kamar. Hal tersebut akan membuat pepaya cepat matang dalam 1-3 hari.

6. Bekukan pepaya
Jika daging pepaya cukup banyak maka Anda perlu memotongnya dan menyimpannya dalam loyang. Anda perlu membekukan pepaya selama satu jam. Kemudian, pindahkan pepaya beku ke dalam wadah bersegel dan kembali bekukan pepaya di kotak pembeku. Pepaya yang disimpan di pembeku bisa bertahan berbulan-bulan.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)