7 Jurus Ampuh Tetap Awet Muda dan Sehat di Usia 50-an

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ingin awet muda dan sehat di usia 50-an? Banyak ahli setuju bahwa dengan pola pikir yang benar dan beberapa wawasan bermanfaat, siapa pun bisa menikmati hidup yang nyaman dan bahagia walaupun umur mereka semakin bertambah.

Simak 7 jurus jitu agar awet muda dan sehat di usia 50-an:

1. Konsumsi lemak sehat
Anda sudah tahu bahwa lemak jenuh buruk bagi pembuluh darah dan kesehatan jantung? Juga bisa mengganggu konsentrasi serta daya ingat Anda. Jadi, kurangi konsumsi daging merah, mentega, dan makanan sejenis lainnya. Sebagai gantinya, tambahkan lebih banyak lemak ikan dan lemak dari sayuran, seperti biji rami dan kacang-kacangan. Mengkonsumsi lemak sehat kemungkinan memiliki manfaat lebih untuk jantung dan otak Anda.

2. Isi rasa kehampaan Anda
Jika anak-anak Anda telah memiliki kehidupan masing-masing dan rumah Anda terasa hampa, pikirkan untuk mengadopsi hewan peliharaan. Orang yang memelihara kucing atau anjing memiliki kemungkinan untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3. Lindungi sendi Anda
Menjadi semakin tua tidak berarti Anda harus melepaskan rutinitas lari pagi Anda. Banyak yang berpikir berlari pada usia lanjut akan menghancurkan lutut mereka. Tapi penelitian baru menunjukkan bahwa berlari kemungkinan justru akan memperkuat sendi lutut Anda. Tampaknya juga tidak menimbulkan risiko artritis (peradangan sendi yang kronis). Konon, jika Anda menderita radang sendi atau memiliki sendi yang rusak, berlari dianggap bisa memperparah kondisi tersebut. Tapi, nyatanya Anda tetap bisa mendapatkan manfaat dari berolahraga. Berolahraga membantu memperkuat otot, menopang sendi Anda, dan mengurangi rasa sakit. Maka jika ragu berlari, pilihlah aktivitas yang lebih santai seperti berjalan kaki atau bersepeda.

4. Temukan kembali kehidupan seks Anda
Seiring bertambahnya usia, kehidupan seks Anda akan berubah. Anda merasa lebih percaya diri setelah melakukan hubungan seks untuk sementara waktu. Anda juga merasa jauh lebih baik dalam kehidupan seks daripada saat Anda berusia 22 tahun.

5. Terus belajar
Daripada terjebak dalam zona nyaman, kejutkan diri Anda dengan sesuatu yang baru. Pergi ke tempat yang tidak pernah Anda datangi sebelumnya. Bertemu dan buatlah pertemanan baru. Pelajari alat musik atau bahasa. Pengalaman baru akan membangun jalur baru di otak Anda, menjaga agar kesehatan Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia. Hal ini juga akan memperluas pilihan Anda untuk menemukan kegembiraan dan kebahagiaan.

6. Jaga dan rawat keseimbangan tubuh
Memiliki keseimbangan yang baik adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah risiko jatuh yang bisa berpotensi cedera serius. Jadikan latihan ini bagian dari kehidupan Anda. Berdirilah dengan satu kaki atau berjalan kaki dari ujung jari kaki, seolah-olah Anda sedang berjalan di atas balok. Gerakan tai chi yang lembut dan seperti menari bisa dijadikan pilihan lain. Orang lanjut usia yang konsisten melalukan tai chi selama 6 bulan memiliki kemungkinan mengurangi risiko terjatuh.

7. Bersosialisasi
Luangkan lebih banyak waktu dengan teman atau keluarga Anda. Hal ini dapat membantu menjaga pikiran Anda tetap tajam. Orang yang gemar bersosialisasi memiliki pemikiran yang lebih tajam dan mengurangi risiko masalah ingatan yang umum menghampiri seiring bertambahnya usia. Studi menunjukkan bahwa semakin cepat Anda memulai, semakin kecil kemungkinan Anda memiliki masalah kesehatan kedepannya. Awet muda bisa menjadi bonus.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz