Menu

Senin, 19 November 2018, 12:27 WIB

Membacakan Buku untuk Anak, Pengaruhi Kesuksesan di Masa Depan

Ilustrasi baca buku dengan anak. | Sumber Foto:koreanlifenews

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu kegiatan penting yang dapat mendukung tumbuh kembang anak adalah dengan membaca. Anak-anak dapat mempelajari banyak hal dan terhibur saat membaca. 

Ketika mereka belum bisa membaca, peran orang tua untuk membacakan cerita sangat diperlukan. Kegiatan itu bisa mempengaruhi kesuksesan anak di masa depan. Mereka bisa belajar tentang orang, tempat, ide, dan sebagainya, seperti dilansir dari Lifehack.org.

Selain itu, anak-anak akan mempelajari kemampuan verbal ketika mendengar orang tuanya membacakan cerita. Dalam pembicaraan sehari-hari biasanya kosa kata sangat terbatas, namun melalui buku anak-anak bisa menambah perbendaharaan kata-katanya.

Tidak hanya itu, kemampuan membaca, berkomunikasi, dan menulis akan terasah sejak dini ketika anak-anak dibiasakan mendengar buku cerita. Apalagi jika Anda menginginkan anak mempelajari bahasa asing, membaca adalah alat utamanya.

Ketika membaca, anak-anak akan diperkenalkan dengan berbagai variasi topik misalnya soal budaya. Mereka akan menerima banyak pengetahuan baru yang tadinya tidak mereka ketahui. Hal ini akan terjadi secara alami seiring perjalanan waktu.

Anak-anak memiliki pengertian yang sempit mengenai dunia di sekelilingnya karena mereka masih belum banyak pengalaman. Dengan membaca buku anak-anak akan dibukakan mengenai berbagai perbedaan yang ada di dunia. Kisah-kisah di buku cerita biasanya mengajarkan nilai dan moral sehingga anak bisa belajar lebih banyak.

Ketimbang membiarkan anak menonton TV atau bermain gawai, membacakan buku jauh lebih baik. Interaksi saat membacakan buku pada anak akan membentuk ikatan yang kuat antara orang tua dengan anak.

Otak anak juga semakin terlatih ketika dibacakan buku, karena ia diberikan stimulasi melalui kata-kata dan gambar. Mereka juga akan belajar untuk berkonsentrasi ketika mendengarkan cerita. Ini akan melatih kemampuan otaknya, termasuk juga dalam kreativitas dan imajinasi.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah Anda sering ragu apakah anak Anda berbohong atau tidak? Anda perlu menelusurinya dengan serius. Psikolog Adrian Furnham pada psychologytoday.com, mengatakan bahwa ada banyak cara untuk mengenali kebohongan pada anak. Beberapa...

SUKABUMIUPDATE.com - Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Chief Company, perusahaan yang bergerak di industri potong rambut, empat dari sepuluh anak laki-laki berusia 1—10 tahun takut ketika akan dicukur rambutnya. 40 persen...

SUKABUMIUPDATE.com - Kaca mobil retak? Jangan terburu-buru untuk langsung menggantinya dengan yang baru. Kaca retak ternyata bisa diperbaiki dengan teknik suntik kaca. Hal itu diungkapkan oleh Jhenny, salah seorang staf dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Sekitar 5.000 orang dari 172 grup kesenian seluruh penjuru Indonesia bermain angklung merayakan Angklung's Day ke 9, di halaman Gedung Sate Bandung, Minggu, 18/11. Diantara mereka terdapat juga peminat...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya